Cara Mengatasi Laptop Lemot dan Penyebabnya

Pada zaman sekarang ini banyak orang yang sudah mulai meninggalkan komputer atau PC dan mulai beralih ke laptop, banyak alasannya kenapa sebagian orang memilih laptop termasuk saya juga lebih memiltop selain bisa dibawa kemana mana laptop juga mudah untuk digunakan. Akan tetapi ada sebagian orang yang mungkin mengalami kendala saat sedang mengerjakan sesuatu tetapi laptop yang digunakan lemot. Kalian harus mengetahui apa penyebab laptop yang kalian gunakan lemot baru kalian mencari cara mengatasi laptop lemot.

Sebenarnya lemot atau loading yang lama tidak hanya bisa terjadi pada laptop saja tetapi bisa juga terjadi di komputer/PC. Disini saya akan memberikan penjelasan mengenai penyebab laptop atau komputer/PC bisa lemot dan juga cara untuk mengatasinya.

Penyebab Laptop/PC Lemot

Ada beberapa penyebab laptop atau komputer lemot.

1.Aplikasi terlalu banyak

Aplikasi yang terlalu banyak juga bisa mengakibatkan laptop kalian menjadi lemot apalagi jika kalian menggunakan aplikasi secara bersamaan. Jika kalian menjalankan banyak aplikasi secara bersamaan maka akan membebani RAM apalagi jika RAM yang ada pada laptop kalian kapasitasnya kecil.

2. Adanya Virus

Pentingnya jika kalian mempunyai laptop ataupun komputer untuk menginstall aplikasi atau software antivirus. Jika laptop kalian terdeteksi adanya virus itu juga akan membuat laptop menjadi lelet.

3. RAM yang Kecil

Sebelum kalian membeli sebuah laptop atau komputer pastikan kalian memperkirakan akan digunakan untuk apa laptop atau komputernya. Jika kalian membeli laptop untuk kegiatan mengedit vidio atau gambar yang memerlukan RAM yang besar maka jangan beli laptop yang spesifikasi RAM nya kecil. Jika tetap digunakan maka laptop kalian akan lemot.

4. Harddisk Tua

Harddisk yang sudah terlalu tua bisa juga menjadi penyebab laptop lemot. Karena harddisk yang tua dalam memproses read and write akan berjalan lebih lama. seharusnya jika memiliki laptop dengan harddisk yang sudah tua maka jagan menginstall aplikasi terlalu banyak sehingga kinerjanya tidak terlalu berat.

5. Kapasitas Harddisk

Jika kalian memiliki komputer ataupun laptop yang kapasitas harddisknya sudah penuh dan mengalami loading yang lama atau lemot itu karena sistem yang ada di laptop menjadi semakin berat.

Cara Mengatasi Laptop atau PC yang Lemot

Setelah mengetahui penyebab kenapa laptop mengalami lemot sekarang saya akan memberikan cara mengatasi laptop lemot.

1.Upgrade Kapasitas RAM

Cara untuk mengatasi laptop lemot yang pertama adalah upgrade RAM. upgrade ram diperlukan jika laptop digunakan untuk mengedit vidio, foto dll atau kegiatan yang mengharuskan kalian menggunakan beberapa aplikasi yang bersamaan sehingga laptop yang kalian gunakan lemot.

2. Perawatan Hardware

Cara yang kedua adalah dengan melakukan perawatan hardware. Maksud dari melakukan perawatan hardware adalah membersihkan atau mengganti hardware yang sudah lama atau sudah menurun kualitasnya. misalkan saja kalian mempunyai laptop dengan harddisk yang sudah cukup tua yang sudah lelet maka kalian harus menggantinya.

3. Melakukan Scan dengan Software Antivirus

Antivirus diperlukan laptop atau komputer untuk melindungi komputer dan laptop kalian dari virus. Jika laptop sudah terkena virus maka akan membuat laptop menjadi lemot sehingga di perlu menscan laptop kalin dengan antivirus. kalian bisa menggunakan antivirus smadav atau juga yang lainnya

4. Uninstall Software yang Tidak Diperlukan

Apakah software yang ada pada laptop yang kalian gunakan terlalu banyak dan jarang untuk digunakan? Jika iya maka kalian harus meng uninstallnya. Jika hal ini terus dibiarkan maka akan menyebabkan laptop menjadi lemot karena terlalu banyak software yang terinstall di laptop.

5. Install Software untuk Mempercepat Kinerja (Booster)

Jika beberapa hal diatas sudah kalian lakukan tetapi laptop yang kalian gunakan tetap lemot maka kalian perlu menggunakan atau menginstall software yang bisa membersihkan beberapa aplikasi yang berjalan atau sampah seperti CC Cleaner dll.

6. Install Ulang OS Windows

Menginstall sistem operasi windows adalah cara terakhir jika kalian mengalami laptop lemot. Install ulang sistem operasi ini biasanya dilakukan karena ada virus atau terjadi masalah pada sistem operasinya sehingga membuat laptop yang kalian gunakan menjadi lemot.

7. Mengganti Harddisk (HDD) dengan SSD

Salah satu yang menyebab laptop yang lemot adalah masih menggunakan harddisk (HDD). jika kalian masih menggunakan HDD dan masih lemot cobalah kalian ganti dengan SSD. HDD memiliki kecepatan yang relatif lambat sedangkan SSD memiliki kecepatan yang relatif cepat. Cara ini lumayan bagus untuk untuk mempercepat kecepatan laptop.

8. Disk Deframent Tools

Mungkin sebagian banyak orang tidak banyak yang mengetahui bahwa Disk Deframent Tools bisa mempercepat laptop kalian. Cara yang satu ini bisa kalian lakukan setelah mengistall ulang laptop kalian atau juga bisa digunakan kapan saja. Disk Deframent Tools sendiri biasanya sudah ada di sistem operasi laptop dan PC jadi tinggal digunakan saja.

Itu lah tadi beberapa peyebab laptop mengalami loding yang lama dan juga cara mengatasi laptop lemot yang bisa kalian lakukan. Jika semua sudah dilakukan tetapi belum juga bisa mengatasinya maka kalian harus melembiru laptop kalian (lempar beli yang baru) hehehe.

Leave a Comment