Cara Menyambungkan Wifi ke Laptop dan Komputer

Bagi sebagian banyak orang mungkin wifi sangat diperlukan, apa lai bagi para pejuang online seperti saya setiap kali menggunakan laptop pasti menggunakan koneksi wifi smartphone yang saya gunakan. Ada banyak cara menyambungkan wifi ke laptop yang mungkin kalian sedang mencari tutorialnya. Disini saya akan memberikan tutorial menyambungkan koneksi wifi ke laptop dan juga bagaimana mengatasi laptop yang tidak bisa tersambung koneksi wifi.

Cara Mengatasi Laptop Tidak Connect Wifi

Laptop kalian tidak bisa terconnect wifi? Ada beberapa penyebab kenapa laptop tidak bisa terconnect dengan wifi mulai dari device yang belum terinstall atau memang tidak bisa di instal karena tidak cocok. Ada juga karena wireless belum diaktifkan sehingga tidak bisa tersambung dengan koneksi wifi. Masih bingung? Berikut ini cara yang bisa kalian lakukan untuk mengatasi laptop yang tidak tersambung dengan koneksi wifi.

Dengan device manager

Yang pertama yang bisa kalian lakukan untuk mengatasi laptop yang tidak tersambung wifi adalah dengan cara cek apakan device wifi sudah terinstall apa belum. Jika belum kalian bisa install menggunakan driver yang cocok dengan laptop kalian. Untuk cara melihat apakah sudah terinstall apa belum berikut langkah langkahnya.

  • Kalian bisa Klik Start
  • Lalu kalian Computer (saya menggunakan windows 7)
  • Setelah itu klik kanan pada Computer
  • Kalian pilih manage lalu pilih Device Manager
  • Kalian juga bisa pilih Properties lalu pilih Device Manager
  • Lalu kalian cari Network Adapter
  • Kemudian lihat Wirelessnya apakah ada tanda serunya tau tidak, jika tidak berarti sudah terinstall.

Kalian bisa melihat artikel tentang cara mengatasi komputer lemot yang sudah saya tulis di artikel sebelumnya

Dengan Mengaktifkan Sambungan/Adapter Wifi

Cara yang kedua yang bisa kalian lakukan adalah dengan cara melihat apakah sambungan wifi yang ada di laptop kalian sudah aktif atau belum. Setelah kalian melihat apakan device wifi sudah terinstall maka selanjutnya kalian cek dahulu apakah sambungan wifi laptop sudah diaktifkan apa belum.

Cara mengatasi laptop tidak connect wifi

Pertama kalian klik Start >> Control Panel
Lalu pilih Network and Internet
Setelah itu pilih Network and Sharing Center
Lalu kalian pilih change adapter settings
Jika sudah klik kanan pada WIFI lalu pilin Enable

Menggunakan tambahan hardware

Cara yang ketiga adalah menggunakan tambahan hardware. Jika dua langkah di atas sudah dilakukan tetapi belum bisa mengatasi laptop yang tidak bisa tersambung koneksi wifi maka salah satu cara nyadengan menambah hardware untuk menangkap koneksi wifi. Cara menggunakannya pun cukup mudah. Pertama tama kalian beli dulu perangkat yang bisa menangkap koneksi wifi di toko komputer pasti ada, lalu kalian colokkan ke laptop kemudian install supaya bisa tersambung, setelah itu otomatis laptop kalian bisa menangkap koneksi wifi dan tinggal disambungkan saja.

Cara Menghubungkan Wifi di PC dan Laptop

Cara menyambungkan wifi ke laptop ada banyak sekali yang perlu kalian perhatikan supaya laptop kalian bisa terhubung dengan wifi. Berikut ini cara yang bisa kalian lakukan.

Instal Wireless Driver

Cara yang pertama yang bisa kalian lakukan adalah menginstall device wireless. Tetapi sebelum kalian menginstall device sebaiknya kalian cek terlebih dahulu apakah sudah terinstal apa belum, untuk caranya kalian bisa lihat di atas. Jika belum diinstall maka kalian bisa install menggunakan driver yang cocok dengan laptop kalian.

Menggunakan Hardware Wifi

Seperti yang sudah saya berikan diatas kalian dapat menghubungkan laptop dengan koneksi wifi dengan tambahan hardware atau perangkat keras yang bisa kalian beli di toko komputer. Banyak merek yang bisa kalian gunakan harganya juga bervariasi kalian bisa memilihnya sesuai dengan budget yang kalian punya.

Mengaktifkan WiFi di Windows 8

Bagi kalian pengguna windows 8 dan masih kebingungan bagaimana menyambungkan wifi di windows 8. Untuk caranya kalian bisa lihat berikut ini.

Cara menghubungkan wifi ke PC dan laptop di windows 8

  • Pilih settings di charm bar
  • Lalu kalian bisa pilih Change PC Settings
  • Lalu pulih network
  • Lihat di bagian airplane, hidup atau mati
  • Jika hidup maka bagian airplane dimatikan
  • Setelah airplane mati kalian bisa hidupkan wifi (ON)

Mengaktifkan WiFi di Windows 10

Untuk kalian pengguna windows 10 sebenarnya sama seperti windows 8 yang pengaturan wifinya cukup mudah untuk dilakukan. Berikut ini langkah langkahnya.

  • Kalian bisa klik icon network atau jaringan di taks bar
  • Hidupkan wifi, jika tidak bisa maka kalian lihat airplane apakan hidup tau mati
  • Jika hidup maka kalian harus mematikan airplane
  • Kemudian kalian hidupkan wifi.
  • Lalu kalian sambungkan saja wifi yang sudah terlihat.

Menggunakan Tombol FN

Untuk cara yang berikutnya kalian bisa menggunakan tombol FN. tombol FN adalah salah satu tombol yang bisa kalian gunakan untuk mengaktifkan wifi dengan cara, kalian tekan tombol FN dan juga tombol yang ada logo wifi. Sebenarnya beda laptop beda tombolnya, ada yang menggunakan tombol F2 atau juga kalian bisa melihat tombol mana yang ada logo wifinya. Sebagai contoh kalian klik tombol FN dan F2 (misalnya saja). Jika laptop kalian ada tanda jika wifi sudah aktif maka akan hidup.

Mengaktifkan Adapter WiFi

Cara berikut ini bisa kalian lakukan dengan cara mengaktifkan adapter wifi. Untuk caranya sudah saya berikan diatas, kalian hanya perlu mengikutinya supaya laptop kalian bisa tersambung dengan koneksi wifi.

Menggunakan Tombol WiFi

Cara yang terakhir adalah menggunakan tombol wifi. Jika laptop kalian mempunyai tombol untuk mengaktifkan wifi kalian hanya perlu klik tombol itu saja. Jika laptop kalian tidak ada tombol wifinya kalian bisa menggunakan cara yang lain yang sudah saya berikan.

Itulah tadi beberapa cara yang bisa kalian lakukan mulai dari cara mengatasi laptop tidak connect wifi dan juga cara menyambungkan wifi ke laptop. Kalian bisa memilihnya mana yang mudah untuk dilakukan.

Leave a Comment