Cara Melihat Bit Laptop dan Komputer

Banyak sekali yang belum mengetahui bahwa laptop atau komputer memiliki dua tipe prosesor yang berbeda. Ada yang 32 bit ada yang 64 bit. Bagi kalian yang ingin membeli laptop atau komputer mungkin ini bisa menjadi bahan referensi kalian. Sebenarnya arti dari 32 bit dan 64 bit adalah banyaknya data yang dapat diproses dalam satu waktu. Lalu bagaimana melihatnya di laptop atau di komputer? Cara melihat bit laptop atau di komputer sangatlah mudah, berikut ini cara yang bisa kalian gunakan untuk cek bit laptop.

Dalam tutorial kali ini saya akan memberikan cara untuk cek bit laptop dan komputer dengan tanpa aplikasi dan menggunakan aplikasi.

cara cek bit laptop tanpa aplikasi

Pada cara ini saya akan memberikan tutorial mengenai cek bit tanpa tambahan aplikasi.

Melihat Bit Laptop dengan Menggunakan CMD

CMD

Untuk cara yang pertama yaitu menggunakan CMD. CMD sendiri singkatan dari Command Prompt dan cmd merupakan tools atau aplikasi bawaan dari sistem windows. CMD sendiri selain bisa mengetahui bit laptop tools ini juga dapat melihat spesifikasi komputer mulai dari system manufacturer, system type dan lain sebagainya. Bagaimana caranya? Caranya sangat mudah ikuti langkah langkah ini.

Cara Melihat Bit Laptop dan Komputer dengan Menggunakan CMD

  1. Hidupkan laptop atau komputer
  2. Setelah itu Klik star
  3. Klik all programs
  4. Lalu cari dan klik accessories
  5. Kemudian klik Command Prompt
  6. Ketik systeminfo dan enter

Cara diatas bisa kalian lakukan di laptop manapun. Pada perintah systeminfo merupakan perintah untuk menampilkan informasi yang ada di laptop tau komputer kalian.

Melihat Bit Laptop Melalui System Properties

System-Properties

Cara selanjutnya yang bisa kalian lakukan untuk melihat bit laptop yaitu dengan menggunakan system properties. System properties adalah sistem yang ada di dalam komputer yang fungsinya bisa melihat bit, bios, system model, type dan lainnya. Cara melihatnya cukup mudah kalian hanya perlu mengikuti langkah langkah berikut ini.

  1. Kalian hidupkan dahulu laptop atau komputer
  2. Kemudian klik start
  3. Lalu klik computer
  4. Atau juga bisa bisa klik windows + E
  5. Kemudian klik kanan pada computer
  6. Pilih properties atau system properties

Melihat Bit Laptop Melalui System Information

system-informasi

Cara yang ketiga dalam melihat bit pada komputer atau laptop dengan system informasi. Pada system informasi ini kalian bisa melihat beberapa informasi yang ada di komputer atau laptop kalian. Berikut ini caranya.

  1. Yang pertama Klik star
  2. Lalu klik control panel
  3. Pilih system and security
  4. Kemudian pilih system

cara cek bit laptop menggunakan aplikasi

Cara ini bisa kalian gunakan jika masih kebingungan dalam tahapan tahan yang sudah saya berikan untuk melihat bit di laptop ataupun di komputer. Pada cara ini saya menggunakan tambahan tools atau aplikasi (software).

Menggunakan Aplikasi SecurAble

Pada cara cek bit laptop atau komputer kalian bisa menggunakan tambahan aplikasi software SecurAble. kalian bisa mengunduhnya di internet. Aplikasi atau software SecurAble adalah aplikasi gratis yang bisa memperlihatkan informasi spesifikasi komputer atau laptop yang kalian gunakan. Untuk cara menggunakannya kalian tinggal unduh dan install aplikasi SecurAble lalu kalian bisa menjalankannya dan melihat spesifikasi laptop kalian.

Menggunakan Aplikasi CPU-Z

Cara yang terakhir adalah menggunakan aplikasi CPU-Z. Cara ini bisa kalian gunakan untuk mengetahui seluk beluk informasi yang ada pada komputer atau laptop kalian. Aplikasi CPU-Z merupakan aplikasi yang sudah familier di kalangan para pengguna komputer. Aplikasi ini cukup kongkrit atau cukup bagus kalian gunakan karena untuk melihat spesifikasi dari komputer atau laptop. berikut ini beberapa informasi yang dapat kalian peroleh diantaranya kalian bisa melihat RAM laptop, penyimpanan data, prosesor dan lain sebagainnya. Untuk cara menggunakannya kalina cukup mengunduh aplilkasi cpu-z dan menginstallnya kemudian kalian bisa menjalankan aplikasinya.

Jika dalam hasil yang diperoleh atau yang muncul adalah x86 berarti laptop atau komputer kalian menggunakan 32 bit dan jika yang muncul x64 maka laptop dan kompter kalian menggunakan 64 bit.

Itu tadi beberapa cara melihat bit laptop atau komputer yang bisa kalian gunakan. Baik menggunakan tambahan aplikasi ataupun tidak menggunakannya. Kalian juga bisa melihat ram yang kalian gunakan apakah kecil atau besar, dengan cara ini kalian bisa mengantisipasi laptop lemot.

Leave a Comment