Cara Menghilangkan Virus di Laptop dan Komputer

Virus adalah salah satu penyebab yang membuat laptop lemot dan juga virus bisa membuat file yang kalian punya hilang. Virus juga menjadi momok bagi banyak orang jika laptop atau komputer terkena masalah seperti ini, cara menghilangkan virus di laptop sebenarnya cukup mudah tergantung dari virus itu sendiri.

Sebaiknya sebelum laptop kalian terkena virus, kalian harus tahu penyebab dan ciri ciri laptop terkena virus sehingga laptop atau komputer kalian akan terhindar dari virus.

Ciri Ciri Laptop Terkena Virus

Banyak orang yang mungkin masih kebingungan dalam mengetahui apa ciri ciri laptop atau komputer yang terkena virus. Jika kalian mengetahui ciri ciri laptop terkena virus lebih awal maka kalian bisa membersihkannya hanya dengan scan dengan antivirus.

Berikut ini ciri ciri laptop terkena virus.

  1. Banyaknya file yang yang rusak
  2. Memori tiba tiba penuh
  3. Harddisk tidak terdeteksi atau corrupt
  4. Banyak file hilang
  5. Komputer dan laptop tiba tiba me restart atau mati sendiri
  6. Terdapat file baru yang aneh
  7. Software tidak berjalan seperti biasanya
  8. Komputer dan laptop berjalan lambat
  9. Ketika membuka laptop langsung ke My Computer
  10. Laptop lemot ketika digunakan

Penyebab Laptop Terkena Virus

Sebenarnya banyak sekali penyebab dari komputer dan laptop bisa terkena virus. Jika kalian tahu penyebabnya maka kalian akan lebih berhati hati untuk menggunakannya. Berikut ini penyebab komputer atau laptop bisa terkena virus:

1. Virus dari Flashdisk

Kalian harus lebih berhati hati jika menggunakan perangkat yang fungsinya menyimpan data seperti flashdisk, HDD external, jangan sampai menggunakan flashdisk di sembarang laptop atau komputer terlebih lagi di laptop yang terindikasi ada virusnya. Jika tetap digunakan di laptop yang ada virusnya maka flashdisk kalian bisa terkena virus dan besar kemungkinan laptop kalian juga akan terkena virus jika flashdisk digunakan di laptop kalian.

2. Virus dari Situs

Tidak hanya dari flashdisk saja, dari situs juga bisa terkena virus. Bagi kalian yang senang berselancar di internet untuk mencari informasi yang kalian perlukan, kalian perlu berhati hati situs juga bisa membuat laptop atau komputer kalian terkena virus.

3. Tidak ada Aplikasi Antivirus

Aplikasi antivirus sebenarnya menjadi hal yang wajib di laptop atau komputer. Banyak sekali antivirus yang bisa kalian gunakan di laptop secara gratis seperti smadav dan lainnya. Akan tetapi kalian juga harus update antivirus yang kalian gunakan sehingga antivirus bisa bekerja maksimal untuk menghalang atau membersihkan virus di laptop atau di flashdisk. Jika laptop atau komputer kalian tidak ada antivirus maka laptop kalian bisa dikatakan rentan terhadap virus.

Cara Menghapus Virus yang ada di Laptop

Jika laptop kalian sudah terkena atau terindikasi ada virus maka salah satu tindakan yang bisa kalian lakukan adalah dengan memberikannya. Menghapus atau membersihkan virus yang ada di laptop ada beberapa cara yang bisa kalian gunakan berikut ini cara yang bisa kalian gunakan untuk membersihkan laptop dari virus.

1.Menggunakan CMD (Command Prompt)

Fungsi dari aplikasi CMD yang notabene bawaan dari windows banyak sekali selain bisa digunakan untuk melihat ram, melihat bit CMD juga bisa digunakan untuk mendeteksi adanya virus di komputer atau di laptop kalian.

Cara menghilangkan virus di laptop dan komputer menggunakan CMD

  • Masuk ke Start lalu cari Command Prompt (CMD)
  • Masuk ke CMD dengan cara klik kanan CMD lalu Klik Run as Administrator
  • Ketik dir C: attrib -s -h /s /d Kemudian Enter
  • Maksud dari C disini adalah drive yang akan diperiksa adalah drive C
  • Kalian bisa mengganti C tadi dengan drive mana saja yang ingin kalian periksa
  • Setelah selesai proses cek file yang mencurigakan yang tidak pernah kalian install sebelumnya dengan extensi .EXE
  • Jika ada File yang mencurigakan maka kalian hanya perlu menghapusnya

2. Menonaktifkan Aplikasi Melalui Task Manager

Fitur Task manager selain bisa menghentikan aplikasi yang tidak berjalan (blank) task manager juga bisa kalian gunakan untuk mendeteksi adanya virus. Cara yang bisa kalian lakukan adalah buka task manager dengan cara klik CTRL + ALT + DELETE secara bersamaan lalu pilih Task Manager kemudian pilih menu processes cari aplikasi yang mencurigakan yang memakan memory sangat banyak dan tidak wajar.

3. Scan Menggunakan Antivirus

Cara yang ketiga yaitu dengan scan menggunakan antivirus. Banyak sekalian antivirus yang bisa kalian gunakan mulai dari yang gratis atau yang berbayar. Kalian bisa menggunakan antivirus AVG, Avira, smadav, avas dan masih banyak yang lainnya. Untuk langkah langkah menscan komputer menggunakan smadav kalian bisa membuka aplikasi smadav pilih scanner pilih drive yang ingin kalian scan kemudian pilih scan.

4. Instal Ulang Laptop atau Komputer

Cara yang terakhir yang bisa kalian lakukan jika komputer terinfeksi virus adalah menginstall ulang komputer. Cara ini biasanya dilakukan jika ketiga cara diatas sudah tidak bisa lagi. Dengan menginstall ulang komputer dan juga menghapus drive maka komputer kalian sudah terbebas dari virus.

Sebagai penutup, kalian bisa menggunakannya cara menghilangkan virus di laptop jika laptop atau komputer kalian terindikasi ada virusnya dan juga ciri ciri juga penyebab laptop bisa terkena virus.

Leave a Comment