Cara Masuk Bios Laptop Hp Mudah

Bios merupakan komponen sistem yang sangat penting dari. Secara sederhana bios bisa diartikan sebagai sistem atau program yang berfungsi untuk mengatur fungsi hardware dari laptop ataupun pc. Adapun cara masuk bios laptop hp sangat lah mudah. Bios sendiri tersimpan pada cimos.

Di dalam bios itu sendiri kalian bisa ngatur mulai dari waktu, negara dan lain sebagainya. Bios sendiri mempunyai peranan yang tak kalah penting salah satu peranannya adalah pengecekan pada device yg terpasang di laptop dan setelah beberapa proses dilakukan barulah bisa masuk kedalam sistem operasi yg sudah ada di laptop.

Masuk Pada Bios Laptop Hp

Laptop hp mempunyai keistimewaan tersendiri untuk bisa masuk ke dalam bios. Cara yang bisa kalian lakukan untuk masuk bios pada laptop hp ini berbeda dengan laptop atau pc yang lainnya. Bertikut ini adalah cara masuk bios di laptop hp.

1. Cara Masuk Bios Laptop Hp Menggunakan Tombol F 9

Dalam keyboard banyak sekali tombol yang juga fungsinya berbeda beda. Mulai dari f 5 bisa digunakan dalam merefress laptop dan masih banyak lainnya. Teasuk juga f 9, pada f9 bisa digunakan untuk masuk kedalam bios laptop hp. Untuk cara nya bisa ikuti langkah langkah berikut ini.

  • Untuk masuk bios laptop hp silahkan hidupkan laptop atau merestart laptop
  • Setelah kalian menekan tombol power pada laptop kalian langsung tekan tombol F9 terus menerus sampai kalian bisa masuk bios.
  • Jika kalian menggunakan windows 8 atau 10 kalian bisa menggunakan fitur fast startup akan tetapi besar kemungkinan kalian tidak cukup waktu untuk menekan tombol sehingga akan gagal.
  • Jika kalian gagal dalam masuk bios ulangi saja langkah langkah di atas atau bisa mengikuti cara lainnya

Baca Juga : Cara masuk Bios Laptop Lenovo

2. Menggunakan Esc

Selain menggunakan tombol f9 kalian juga bisa menggunakan Tombol esc dalam masuk ke bios. Berikut ini caranya

  • Sama seperti cara di atas jika laptop mati atau hidup kalian bisa menghidupkannya atau merestart laptop
  • Setelah itu kalian harus cepat menekan tombol esc secara terus menerus
  • Bagi kalian yang menggunakan windows 8 dan 10 kalian bisa menggunakan fitur fast startup sehingga proses booting laptop kalian bisa berjalan sangat cepat.
  • Jika gagal, kalin bisa mengulanginya sampai berhasil

3. Menggunakan F10

Selain dua cara diatas kalian bisa menggunakan cara berikut ini dalam masuk ke bios. F10 ternyata juga bisa digunakan dalam masuk bios.

  • Hidupkan atau restart laptop hp kalian.
  • Setelah kalian menghidupkan atau restart laptop kalian bisa langsung menekan tombol f 10 secara terus menerus
  • Jika gagal lakukan lagi dengan cara yang sama.

Cara Setting Bios

Settingan yang ada di dalam bios ada banyak sekali. Salah satu contohnya jika laptop lemot karna ada virus dan mengharuskan install ulang laptop berikut ini cara dalam mensetting bios ketika laptop hp kalian akan di install ulang windows, kalian masuk ke bios lalu cari settingan harddisk kalian ganti yang pertama dengan flassdisk ataupun CD atau DVD. Berikut ini beberapa menu yang ada di bios.

Main Menu

Didalam main menu sendiri ada beberapa yang kalian bisa setting mulai dari waktu, bahasa, tanggal, dan masih banyak lainnya.

Advance Menu

Pada menu terdapat submenu yang mungkin kalian perlu menyetingnya. Di dalam advance menu terdapat installed os, reset configuration data, keyboard feature, large disk acces mode dan masih banyak lagi lainnya.

Security Menu

Seperti namanya security menu adalah keamanan yang bisa kalian atur di dalam bios. Didalam menu ini terdapat user password, supervisor password, set user password, set supervisor password dan password on boot.

Power Menu

Pada menu ini kalian bisa mengkonfigurasikan atau memanajemen power yang didalamnya ada Standby Time Out, Resume on modem Ring, Resume on Time, Soft-off by power button.

Boot Menu

Pada meni ini terdapat Summary screen, Screen logo Display, Quick Boot Mode, Harddisk Pre-Delay dan lainnya. Pada menu ini kalian bisa mengkonfigurasikan dan mengatur boot yang ada.

Exit Menu

Exit menu adalah cara yg bisa kalian lakukan untuk keluar dari bios dan menyimpannya.

Itulah tadi cara masuk bios laptop hp dan juga cara setting bios yang bisa kalian lakukan. semoga berhasil.

Leave a Comment