Penyebab Baterai Hp Cepat Habis dan Cara Mengatasinya

Pernahkah kalian merasa jengkel ketika smartphone yang kalian gunakan tiba tiba kehabisan baterai? Pastinya sangat menjengkelkan bukan, apalagi disaat penting dan harus menggunakan smartphone, pasti rasanya campur aduk. Jika kalian pernah mengalami hal seperti  itu ini lah penyebab baterai hp cepat habis yang perlu kalian ketahui.

Smartphone sekarang sudah dianggap hal yang wabis bagi sebagian orang, ketika sudah terbiasa menggunakan smartphone dan tiba tiba mati karena kehabisan baterai pasti kebingungan. Tapi kalian tak perlu khawatir lagi saya akan memberikan penjelasan mengenai penyebab baterai smartphone habis dan cara untuk mengatasinya.

Penyebab Baterai Smartphone Habis

Disini saya akan menjelaskan atau menjabarkan beberapa penyebab kenapa baterai cepat habis. Berikut ini ulasannya:

1.Memakai Hp yang Berlebihan

Penyebab pertama yang perlu kalian ketahui adalah memakai hp yang berlebihan, maksud dari memakai baterai yang berlebihan adalah menggunakan aplikasi yang terlalu banyak dan menjalankannya secara bersama sama itu akan membuat baterai kalian akan terkuras cepat atau dengan kata lain akan cepat habis.

2. Kontras Cahaya 

Pencahayaan juga berpengaruh pada baterai pasalnya jika kontras terlalu berlebihan juga akan membuat baterai cepat terkuras dan juga akan membuat smartphone cepat panas. Jika sudah begini kalian harus merubah pengaturan pencahayaannya supaya bisa lebih irit.

3. Baterai yang Bermasalah

Penyebab yang selanjutnya adalah adanya masalah pada baterai smartphone itu sendiri jika baterai kembung atau pun cepat panas atau yang lainnya itu bisa membuat baterai hp kalian cepat habis apalagi jika kalian menggunakan banyak aplikasi secara bersamaan maka akan mempercepat baterai kalian habis. 

4. Bermain Game atau Melihat Vidio Terlalu Lama

Bagi kalian yang keseringan menggunakan smartphone untuk bermain game dan vidio secara berlebihan maka hal ini bisa membuat baterai kalian terkuras habis. Apalagi bermain game atau melihat vidio sambil hp di charge, maka hal itu malah akan membuat baterai hp kalian cepat rusak seperti baterai kembung dll.

5. Koneksi yang Buruk

Banyak yang belum mengetahui bahwa koneksi atau sinyal yang buruk akan membuat baterai kalian cepat terkuras. Solusinya jika kalian berada di tempat yang sinyalnya buruk maka kalian bisa mematikan data internet nya atau juga bisa mematikan hp sementara.

6. Banyak Fitur Yang dinyalakan

Di dalam smartphone terdapat banyak sekali fitur fiturnya, ada blootooth ada lokasi (GPS) ada mode pesawat ada juga hotspot seluler dan masih banyak lagi lainnya. Jika semua fitur fitur tersebut dihidupkan secara bersamaan hal itu juga bisa menguras baterai smartphone kalian  maka sebisa mungkin untuk menghindarinya.

Cara Mengatasi atau Memperbaiki Baterai Cepat Habis

Di atas sudah saya uraikan beberapa penyebab baterai hp cepat habis, sekarang saya akan menguraikan cara mengatasi baterai yang cepat habis.

1.Matikan Fitur yang tidak diperlukan

Yang pertama matikan fitur yang tidak diperlukan. Seperti yang saya uraikan diatas fitur fitur yang sudah tidak digunakan kalian bisa mematikannya, sehingga smartphone kalian bisa menghemat daya baterai.

2. Mengganti Baterai Jika Sudah Bermasalah

Mengganti baterai yang sudah bermasalah adalah salah satu yang mungkin bisa kalian lakukan jika baterai kalian sudah mengalami kerusakan yang sangat parah. Salah satu kerusakan pada smartphone adalah baterai kembung, masalah ini biasanya terjadi pada smartphone yang digunakan pada saat smartphone sedang di charge dan juga waktu mencharge yang berlebihan dan masih banyak yang lainnya.

3. Menggunakan Hp Tidak Berlebihan

Cara mengatasi atau memperbaiki baterai cepat habis yang terakhir adalah kurangi menginstall aplikasi yang tidak digunakan atau menggunakan aplikasi secara bersamaan. Karena hal itu bisa membuat baterai kalian terkuras lebih cepat.

Itulah tadi penyebab baterai hp cepat habis yang perlu kalian ketahui dan juga cara mengatasi dan memperbaiki baterai yang cepat habis. 

Leave a Comment