Cara Menyembunyikan File di Laptop & Komputer

Laptop atau komputer merupakan perangkat elektronik yang fungsinya untuk membantu dalam melakukan pekerjaan dan Ketika kalian memiliki laptop atau PC yang bersifat pribadi, tentunya memiliki beberapa file atau folder di laptop tersebut yang kalian tidak ingin ada orang lain yang membukanya, apalagi mengutak atik file atau folder tersebut. Bisa jadi, file atau folder tersebut berisi dokumen penting atau rahasia pribadi.

Oleh sebab itu, kalian memerlukan suatu cara agar file ataupun folder tersebut dapat disembunyikan. Sebenarnya banyak cara menyembunyikan file di laptop baik berupa folder atau file karena software yang bisa kalian gunakan sudah tersedia di google. Namun kalian juga harus memperhatikan keamanannya jika file atau folder yang ingin kalian sembunyikan merupakan sesuatu yang sangat penting. Maka kalian harus berhati-hati agar tidak ada celah sedikitpun untuk orang lain.

Mungkin bagi sebagian orang cara hidden file atau folder ini terbilang sangat mudah. Tetapi sebagian lain mungkin merasa kesulitan atau bahkan tidak pernah melakukannya. Pada artikel sebelumnya saya sudah buatkan trik atau cara menyembunyikan aplikasi dan file di android dan pada artikel kali ini saya akan memaparkan cara-cara hidden file atau folder dalam laptop atau PC secara lebih terperinci.

Cara menghidden File Penting di Laptop & Komputer

Seperti yang saya katakan di atas jika di komputer atau di laptop kalian terdapat file atau data yang benar benar penting maka sebaiknya kalian menyembunyikannya. Kalian bisa simak beberapa cara menyembunyikan file di laptop yang ingin saya bagikan.

Menyembunyi kan di Tempat yang Tidak Terfikirkan Oleh Orang Lain

Cara yang pertama ini bisa kalian lakukan jika kalian hanya ingin menyembunyikan file atau data penting yang kalian punya, kalian hanya perlu mengumpulkan file file penting yang ada di laptop kalian dalam satu folder kemudian kalian tampilkan folder yang berisi file penting tadi ke tempat yang jarang orang membukanya. Misalnya saja pada drive system atau lebih dikenal dengan Drive C. cara ini bisa kalian lakukan hanya sementara saja karena jika terus menerus disimpan di situ dan komputer atau laptop mengalami error pada sistem yang mengharuskan install ulang maka file file penting kalian akan hilang, oleh karena itu cara ini hanya bisa dilakukan sementara saja.

Cara Menyembunyikan File & Folder di Laptop dengan Fitur Hidden

Cara selanjutnya yang bisa kalian gunakan untuk menyembunyikan atau menghidden file dengan menggunakan fitur Hidden pada windows yang ada di komputer atau laptop kalian. Simak caranya berikut ini :

  1. Buka laptop atau komputer kalian
  2. Cara file yang ingin disembunyikan
  3. Buat folder jika file penting ada banyak
  4. Masukkan file file tersebut pada satu folder yang sudah disiapkan untuk disembunyikan
  5. Kemudian klik kanan pada folder pilih Properties
  6. Setelah itu klik (centang) Hidden
  7. Klik Apply dan klik OK
  8. Maka folder atau file sudah di sembunyikan

Cara Membuka Hidden File di Laptop pada Windows

Setelah saya berikan trik cara hidden file pada windows kali ini saya akan memberikan cara bagaimana cara membuka file hidden di laptop. Berikut ini caranya :

  1. Buka laptop kalian
  2. Kemudian kalian cari dimana tempat kalian menghidden file tersebut
  3. Setelah itu kalian klik Organize yang terletak di kiri atas layar laptop kalian
  4. Pilih Folder and Search Options setelah itu akan muncul interface baru
  5. Disini akan ada tiga menu yaitu General, View dan Search
  6. Kemudian Kalian pilih View
  7. Cari dan klik Show hidden files, folder, or drives lalu klik OK
  8. Maka file atau folder yang disembunyikan akan muncul
  9. Selesai

Penutup

Bagaimana apakah kalian sudah berhasil untuk menyembunyikan file di komputer. Kalian bisa menggunakan cara menyembunyikan file di laptop yang sudah saya uraikan diatas mudah mudahan berhasil.

Leave a Comment