Penyebab Hp Mati Total dan Mengatasinya

Di era serba digital ini smartphone sudah menjadi barang yang wajib untuk digunakan, karena semua bisa dilakukan hanya dengan menggunakan ponsel pintar yang kalian punya. Seperti berbelanja, belajar, melihat vidio dan lain sebagainya. Tetapi jika smartphone tiba tiba mati akan menjadi pertanyaan besar sebenarnya apa penyebab hp mati total.

Sebenarnya jika kalian mengenali smartphone kalian pasti tau kenapa hp bisa mati total. Sebab hanya ada tiga komponen yang membuat hp bisa hidup. Berikut ini penjelasannya.

Komponen Yang Membuat Hp Hidup

Hp matot salah satu masalah yang menjadi momok bagi para pengguna smartphone, apalagi bagi kalian yang bisa menghasilkan uang melalui hp pasti akan menjadi masalah jika smartphone tiba bati mati. Berikut ini adalah komponen yang membuat hp hidup:

Perangkat atau hardware

Perangkat atau hardware adalah salah satu yang membuat hp bisa hidup, jika perangkat mengalami kendala ada mengalami masalah maka akan membuat hp menjadi eror bahkan bisa membuat smartphone menjadi mati total.

Software atau sistem operasi

Software atau sistem operasi ternyata juga bisa membuat smartphone kalian mati jika terjadi masalah pada sistem operasi di hp. Banyak sekali tanda tanda yang bisa kalian kenali apabila software atau sistem operasi yang kalian gunakan mengalami kendala. Banyak yang membahasnya di google tentang tanda tanda kerusakan pada software atau sistem operasi hp, kalian bisa mempelajarinya di google.

Baterai

Baterai adalah motor yang membuat dua komponen di atas bisa beroperasi. Maka dari itu jika baterai mengalami kendala seperti sepat panas atau baterai kembung cepat lah menggantinya tetapi harus kalian ingat jika ingin membeli baterai belilah yang ori atau asli sehingga bisa lebih awet nantinya.

Penyebab Hp Mati Tiba Tiba

Penyebab hp mati total atau tiba tiba ada banyak hal. Berikut ini akan saya uraikan beberapa penyebab hp bisa mati total atau tiba tiba.

1. Hang

Salah satu penyebab yang membuat hp bisa mati tiba tiba atau mati total adalah hang. Sebenarnya penyebab hp hang banyak sekali salah satunya karena kebanyakan aplikasi yang terpasang di hp dan semua itu dijalankan bersamaan yang membuat hp tidak kuat untuk memprosesnya. Untuk yang satu ini penanganannya sangat mudah kalian hanya perlu untuk menghapus aplikasi aplikasi di hp kalian.

2. Terendam Air

Terendam air bisa membuat hp mati seketika. Walaupun ada beberapa hp yang tidak kenapa kenapa jika terendam air kalian tetap harus hati hati jika menggunakan hp di dekat air.

3. Software Rusak

Seperti yang saya uraikan diatas software atau sistem operasi jika mengalami kendala akan mengakibatkan smartphone kalian mengalami error atau bisa jika mengalami mati total.

4. Baterai Rusak atau Mati

Baterai ibarat makanan dan minuman yang bisa menjadi energi di tubuh. Coba kalian bayangkan jika kalian tidak makan dan tidak minum, maka kalian akan mengalami lemas. Nah itulah peribahasa yang bisa saya uraikan jika baterai hp kalian rusak.

5. Perangkat Hp Rusak

Perangkat yang ada pada hp adalah menjadi hal yang paling penting dalam smartphone jika ada salah satu perangkat yang rusak atau karatan sehingga membuat aliran listrik dari baterai ke perangkat tidak bisa berjalan maka itu bisa mengakibatkan smartphone mati.

6. Konslet

Keseringan menggunakan hp non stop akan membuat smartphone kalian cepat panas. Nah ini bisa menjadi salah satu penyebab terjadinya konslet atau bisa juga jika smartphone terkena percikan air dan terkena perangkat hp, itu juga bisa membuat hp konslet dan mati.

Cara mengatasi Hp mati

Dari masalah di atas kalian bisa mengatasinya dengan membaca dahulu artikel yang akan saya uraikan berikut ini:

1. Adanya Aliran Listrik

Cara mengatasi hp mati yang pertama adalah dengan mengecek terlebih dahulu apakah aliran listrik berjalan dengan baik atau tidak. Listrik yang tersimpan pada baterai adalah hal yang sangat penting jika aliran listrik pada smartphone berjalan dengan baik maka smartphone juga bisa berjalan.

2. Penyebab Hp Mati

Ada beberapa yang membuat hp bisa mati tiba tiba dan juga cara mengatasinya.

a. Bootloop

Bootloop adalah kondisi hp dimana jika hp dihidupkan tidak berjalan seperti biasanya dan hanya akan menampilkan logo sistem operasinya saja. Pada kondisi ini kalian hanya perlu flash. Kalian bisa melihat tutorial flash hp asus dan flash hp samsung yang sudah saya buatkan dan juga ada beberapa aplikasi flash yang bisa digunakan.

b. Brick

Brick adalah kondisi dimana hp jika dihidupkan hanya menampilkan layar hitam saja dan juga tidak bisa mengakses Recovery Mode di hp.

Penutup

Bagaimana apa kalian sudah paham mengenai penyebab hp mati total dan bagimana caranya untuk mengataasinya. Semoga dengan artikel ini bisa membantu kalian mengatasi masalah yang ada pada smrtphone kalian.

Leave a Comment