Cara Cek Sensor Hp Samsung

Seiring perkembangan teknologi yang semakin memanjakan baik di smartphone, laptop atau komputer. Pada smartphone sendiri terus dilakukan pengembangan baik di hardware dan juga softwarenya, contoh perkembangan pada hp adalah fitur sensor, fitur ini terus mengalami perkembangan termasuk pada hp samsung dan tak disadari sekarang fitur sensor pada satu hp sudah banyak sekali, jika kalian punya hp samsung kalian bisa cek sensor samsung dan kalian bisa mengetahui ada berapa fitur sensor yang ada di hp kalian.

Selain fitur sensor masih ada banyak sekali fitur yang terus di kembangkan terutama pada hp samsung. Jika kalian pernah berganti ganti hp pasti kalian merasakan perkembangannya, salah satu contohnya fitur fingerprint.

Sebelum fitur ini muncul kalian mengunci smartphone kalian dengan kata sandi atau juga dengan pola akan tetapi fitur ini jika ada seseorang yang tahu maka hp kalian bisa dibuka, akan tetapi jika menggunakan fitur fingerprint maka hanya kalian yang dapat membuka kunci hp kalian. Lalu apa lagi fitur sensor yang lainnya dan bagaimana cek sensor hp samsung yang benar? Berikut ini beberapa fitur sensor yang ada pada hp dan cara melihat sensor hp terutama hp samsung.

Fungsi Sensor Hp yang Terdapat di Smartphone

Sebelum melangkah pada cara melakukan pengecekan sensor hp ada baiknya kalian mengetahui ada berapa sensor di hp pintar dan apa saja fungsinya. Berikut ini penjelasannya.

Sensor Akselerometer

Apakah kalian sering bermain game dan sering mengubah layar menjadi landscape? Jika iya maka itu yang yang dimaksud dengan sensor Akselerometer. Sensor yang bisa mengubah dari Landscape ke Portrait atau sebaliknya.

Sensor Gyroscope

Gyroscope merupakan salah satu sensor yang memberikan informasi orientasi perangkat. Sebenarnya sensor ini hampir mirip dengan sensor Akselerometer akan tetapi ada sedikit perbedaan.

Sensor Magnetometer

Sensor yang ada pada hp pintar selanjutnya adalah sensor Magnetometer. Magnetometer merupakan sensor yang bisa atau bekerja untuk mendeteksi medan magnet. Pada aplikasi kompas juga terdapat sensor ini.

Sensor Cahaya

Seperti namanya sensor ini bekerja untuk menyesuaikan cahaya atau kecerahan layar. Salah satu contohnya adalah jika kalian menggunakan hp di tempat yang gelap maka secara otomatis kecerahan layar akan berkuran dan ketika kalian menggunakan hp ditempat yang terang maka kecerahan akan bertambah.

Sensor Barometer

Sensor ini merupakan sensor yang dapat mengukur tinggi hp dari permukaan laut dan dapat mengukur tekanan atmosfer.

Sensor Fingerprint

Seperti yang saya jelaskan diatas, sensor fingerprint ini merupakan sensor sidik jari yang biasanya digunakan untuk mengunci hp. Jika hp kalian sering dibuka oleh orang lain mungkin kalian bisa menggunakan fitur ini.

Selain enam sensor diatas masih banyak lagi sensor yang lain yang tentunya fungsi dari masing masing sensor berbeda beda. Perlu ingat pada setiap hp akan berbeda beda fitur sensor yang ada.

Cara Cek Sensor Hp Samsung

Setelah mengenal dan mengetahui beberapa fungsi sensor pada smartphone sekarang saatnya kalian bisa cek sensor samsung yang kalian punya.

Cara Melakukan Pengecekan Sensor Samsung Dengan Kode

kode cek sensor hp samsung
kode cek sensor hp samsung

Pengecekan yang pertama adalah dengan menggunakan kode. Mungkin kalian bingung, kode apa yang bisa digunakan untuk melihat sensor hp samsung. Kode yang bisa kalian gunakan adalah *#0*#. Berikut ini cara menggunakannya.

  • Silahkan buka hp samsung kalian
  • Kemudian buka aplikasi telepon
  • Kemudian masuk ke dial up
  • Lalu ketik kode *#0*#
  • Setelah itu akan muncul beberapa pilihan menu
  • Silahkan kalian pilih menu Sensor
  • Setelah terbuka maka kalian akan dapat melihat beberapa sensor yang ada di hp

Cara Melakukan Pengecekan Sensor Samsung Dengan Aplikasi

Selain cara diatas kalian juga bisa menggunakan beberapa cara lain yaitu menggunakan aplikasi tambahan. Apa Saja aplikasi yang bisa digunakan untuk melihat sensor di hp samsung? Berikut ini beberapa rekomendasi aplikasi yang bisa digunakan untuk melihat sensor pada hp android.

Aplikasi AIDA 64

Aplikasi pertama yang bisa kalian gunakan adalah aplikasi AIDA64. Cara mendapatkan aplikasi ini bagaimana? Caranya mudah kalian bisa mengunduhnya di playstore. Dengan menggunakan aplikasi ini kalian tidak hanya akan mendapatkan informasi mengenai sensor saja akan tetapi kalian juga akan mendapatkan informasi mengenai spesifikasi dari hp kalian.

Aplikasi CPU Z

Aplikasi yang selanjutnya yang bisa kalian gunakan adalah aplikasi CPU Z. Mungkin banyak diantara kalian yang sudah mengetahui aplikasi ini, aplikasi yang bisa melihat informasi mengenai spesifikasi hp dan juga melihat informasi sensor hp ini juga bisa digunakan untuk melakukan pengecekan baterai hp lho. Jadi dengan menggunakan aplikasi ini kalian juga bisa melihat apakah baterai hp kalian masih sehat atau sudah ada kendala (error).

Aplikasi CPU-Z Pro

Tidak hanya dua aplikasi diatas saja yang bisa melihat sensor hp akan tetapi aplikasi CPU-Z Pro juga bisa digunakan untuk melihat sensor hp lho. Kalian hanya perlu mengunduhnya di playstore kemudian melakukan pengecekan sensor menggunakan aplikasi CPU-Z Pro ini.

Aplikasi Sensor Box

Aplikasi yang terakhir yang bisa kalian gunakan untuk melihat sensor hp samsung adalah aplikasi Sensor Box. Aplikasi yang memang dibuat untuk melihat atau mengecek sensor hp ini bisa kalian dapatkan di playstore dan tentunya sudah banyak orang yang menggunakan aplikasi ini.

Itulah tadi beberapa cara cek sensor samsung yang bisa kalian terapkan, jika kalian menggunakan hp selain hp samsung kalian juga bisa melakukan pengecekan sensor hp dengan menggunakan beberapa aplikasi yang sudah saya rekomendasikan diatas.

Leave a Comment