3+ Cara Verifikasi Email dan Verifikasi 2 Langkah

Cara Verifikasi Email dan Verifikasi 2 Langkah Email tentunya menjadi hal yang penting di masa sekarang, karena segalanya saat ini hampir terhubung dengan email juga. Cara verifikasi email menjadi salah satu hal yang sangat penting diketahui, supaya nantinya email kalian itu bisa aktif. Verifikasi sendiri mungkin bisa dilakukan dengan banyak cara, dan kalian harus pahami prosesnya supaya kalian bisa melakukan verifikasi dengan baik.

Apa Arti Verifikasi Email?

Verifikasi email itu sebenarnya merupakan salah satu langkah keamanan, supaya tidak sembarang orang bisa masuk ke email kalian.  Jadi ini merupakan proses pengecekan dari pihak penyedia layanan email seperti Google misalnya untuk memastikan kalian adalah benar-benar pengguna email. Proses pengecekan kebenaran ini sudah pasti melibatkan hal yang identik dengan pemilik email seperti misalnya menggunakan nomor telepon.

Jadi penyedia layanan email ini akan mengirimkan kalian kode khusus melalui HP atau lain sebagainya untuk kemudian dimasukkan ke halaman verifikasi. Proses verifikasi ini tentunya akan membuat Google mengetahui secara pasti mengena nomor telepon atau email yang kalian miliki itu otentik. Proses verifikasi ini biasanya dipakai untuk membuat akun Google atau juga akun tertentu dan juga untuk melakukan keamanan 2 langkah.

Kegunaan dari proses verifikasi ini adalah untuk meningkatkan keamanan dari email dari hack atau sejenisnya di dunia digital. Dengan adanya proses verifikasi ini akan membuat email tidak mudah diretas karena perlu cara verifikasi email yang cukup rumit. Selain itu kegunaannya untuk Google adalah memastikan yang membuat email Google itu benar-benar manusia bukan Bot.

Adanya verifikasi ini pada dasarnya akan mendaftarkan nomor yang kalian gunakan pada saat kalian membuat email. Jadi kegunaan berikutnya adalah untuk mengatasi kalian yang lupa password, karena ada nomor yang menandakan benar-benar kalian. Proses verifikasi ini sendiri sebenarnya tidak terjadi pada email saja, tapi juga terjadi pada pembuatan akun lainnya.

Pilihan Cara Verifikasi Akun Email Google

Tahukah kalian untuk cara verifikasi email terbaru untuk Google itu ada beberapa pilihan cara yang bisa kalian pilih. Kalian bisa menggunakan cara yang paling mudah untuk digunakan, sehingga proses verifikasi sudah pasti lebih cepat dan kemungkinan berhasil tinggi. Proses verifikasi Email itu sendiri bisa dilakukan baik itu di laptop atau komputer atau juga dengan menggunakan HP.

Setiap cara yang bisa digunakan itu tentunya menuntut kalian untuk memasukkan nomor hp kalian terlebih dahulu. Berikut ini bagaimana pilihan cara untuk memasukkan nomor HP kalian ke email Google yang kalian milik.

  1. Langkah pertama kalian masuk ke menu profil
  2. Langkah kedua kalian cari menu nomor telepon dan kemudian isi nomor telepon tersebut
  3. Langkah ketiga adalah save dan biasanya akan dijalankan proses verifikasi setelahnya.

Berikut ini kami akan jelaskan apa saja pilihan cara verifikasi email yang bisa kalian pergunakan untuk keamanan akun kalian.

1.      Verifikasi Menggunakan Kode SMS

Pilihan cara yang pertama yakni kalian bisa menggunakan kode SMS tertentu dengan batas waktu, supaya bisa segera digunakan. Proses verifikasi melalui SMS sudah pasti lebih mudah, karena ada catatannya dan kalian tidak perlu terlalu mengingatnya. Berikut ini kami akan jelaskan bagaimana langkah dalam cara verifikasi email di handphone dengan mudah.

  1. Langkah pertama kalian masukkan atau input nomor telepon dulu pada saat kalian mendaftar.
  2. Langkah kedua kalian bisa melakukan verifikasi dengan klik verifikasi atau aktifkan email dan akun Google.
  3. Langkah yang ketiga yakni kalian pilih kirimkan kode menggunakan SMS, maka kemudian kalian tunggu SMS dari Google
  4. Nanti kode akan dikirimkan melalui SMS dan kalian harus masukkan kode tersebut ke halaman verifikasi yang tersedia. Pastikan kalian cepat masukkan, karena durasi waktunya itu sebentar
  5. Setelah sudah masuk dan benar, maka akan ada keterangan kalau kalian sudah berhasil verifikasi email dan email bisa digunakan karena sudah aktif.

2.      Verifikasi Menggunakan Kode Telepon

Pilihan cara yang kedua yakni dengan menggunakan telepon atau panggilan, ini juga menjadi cara verifikasi email yang bisa dipakai. Kalian perlu tahu langkah verifikasi dengan sistem panggilan ini dengan sebaik mungkin. Berikut ini kami akan jelaskan langkahnya itu seperti apa.

  1. Langkah yang pertama seperti biasa kalian masukkan dulu nomor handphone kalian yang aktif pada saat mendaftar.
  2. Langkah yang kedua kalian lakukan verifikasi untuk mengaktifkan email Google dan kalian tinggal klik verifikasi.
  3. Langkah yang ketiga kalian pilih kirimkan kode melalui panggilan ke nomor handphone yang kalian daftarkan.
  4. Langkah yang keempat kalian perlu menerima telepon dari Google dan kemudian kalian akan dibacakan kode verifikasi email
  5. Langkah berikutnya kalian masukkan kode verifikasi yang kalian dapatkan dari panggilan ke situs verifikasi Google dengan benar. Pastikan kalian input kode tersebut dengan cepat sebelum waktu verifikasi habis.
  6. Setelah kalian input kodenya dan benar, maka akan ada keterangan kalau email sudah diverifikasi dan sudah dalam kondisi aktif.

Verifikasi melalui nomor handphone ini pun bisa menjadi metode pemulihan ketika kalian lupa password email kalian. Biasanya nanti akan ada kode yang dikirimkan untuk reset password dan kalian tinggal menuliskan password yang baru.

Langkah Verifikasi 2 Langkah Email

Di masa sekarang proses retas memang semakin banyak terjadi, dan tentunya kita perlu melindungi data pribadi dengan baik. Salah satunya adalah dengan menggunakan verifikasi 2 langkah pada email yang kalian miliki supaya lebih aman. Cara verifikasi email melalui 2 langkah ini akan sangat membantu email kalian terlindungi dan tidak mudah dihack oleh orang lain.

Cara verifikasi email 2 langkah ini sebenarnya bisa kalian lakukan dengan sangat mudah, kalian bisa lakukan di laptop atau di smartphone. Berikut ini kami akan jelaskan langkahnya itu seperti apa.

  1. Langkah yang pertama kalian harus masuk ke akun Google kalian baik di smartphone atau juga di laptop
  2. Langkah yang kedua kalian masuk ke menu keamanan dan kemudian masuk ke menu verifikasi 2 langkah.
  3. Langkah berikutnya kalian harus masukkan password yang sebelumnya sudah kalian pasang di akun Google kalian
  4. Berikutnya akan ada tampilan device yang terhubung, kalian harus pastikan kalau device tersebut benar dan sesuai dengan yang kalian gunakan. Setelah dirasa sudah benar kalian bisa klik lanjutkan
  5. Baca semua ketentuannya supaya kalian tahu bagaimana cara untuk mengaktifkan verifikasi 2 langkah tersebut saat akan masuk ke akun Google Mail.
  6. Setelah itu akan ada keterangan verifikasi 2 langkah sudah aktif, dan ini akan meningkatkan keamanan email. Jadi untuk masuk ke email perlu password dan juga verifikasi melalui device yang terdaftar.

Demikianlah cara verifikasi email yang perlu kalian ketahui. Semoga bermanfaat.

 

 

Tinggalkan komentar