Cara Mengatasi Keyboar Laptop yang Error

Keyboard adalah salah satu perangkat komputer atau laptop yang mungkin sering digunakan oleh kebanyakan orang tak terkecuali saya. Keyboard tak hanya digunakan untuk membuat artikel (mengetik) saja, keyboard juga bisa digunakan sebagai mouse dan yang lainnya. Akan tetapi jika keyboard laptop error maka kalian harus tahu cara mengatasi keyboard laptop error bagaimana.

Banyak orang yang kebingungan jika keyboard laptop yang digunakan error contohnya jika membuka ms word ada huruf yang yang mengetik sendiri tanpa ditekan atau error yang lainnya. Jika hal tersebut terjadi di laptop kalian maka kalian harus tahu cara memperbaikinya.

Penyebab Keyboard Laptop yang Error

Penyebab keyboard yang error ada banyak sekali, berikut ini beberapa penyebab keyboard bisa error.

Masalah Pada Driver

Penyebab yang pertama adalah masalah pada driver. Maksud masalah pada driver adalah driver yang sudah minta di update. Jika sistem yang kalian gunakan sudah di update dan driver yang tidak update maka akan terjadi masalah. Maka dari itu kalian harus update driver jika terjadi error.

Jarang di Bersihkan

Masalah selanjutnya adalah keyboard yang jarang dibersihkan. Keyboard yang kotor juga akan menjadi penyebab keyboard error. Mungkin kalian harus mempunyai jadwal tersendiri untuk membersihkan kotoran yang ada di laptop terutama di keyboard sehingga laptop kalian akan tetap dalam kondisi yang bagus untuk digunakan. Kalian bisa menggunakan kuas dan semprotan untuk membersihkan keyboard.

Jarang Digunakan

Jarang digunakan dan juga jarang dibersihkan juga akan menjadi salah satu yang membuat laptop error. Tak hanya keyboard saja akan tetapi juga pada perangkat yang lainnya seperti baterai juga bisa rusak jika lama tak digunakan. Maka dari itu walaupun jarang digunakan kalian harus tetap membersihkan laptop dan juga melepas baterai.

Kerusakan Pada Keyboard (Hardware)

Penyebab kerusakan yang lainnya adalah kerusakan pada keyboard (hardware) jika keyboard sudah sering dibersihkan dan juga sudah dicek bagian driver dan masih tidak bisa digunakan maka itu sebagai tanda ada kerusakan pada keyboardnya.

Cara Memperbaiki Keyboard yang Mengalami Masalah (Error)

Setelah membahas penyebab keyboard error maka sekarang saya akan membahas tentang cara memperbaiki keyboard yang error.

Melakukan Restart Laptop

Jika kalian mengalami keyboard yang error hal yang pertama yang kalian harus lakukan adalah coba kalian restart laptop. Terkadang laptop error tetapi setelah di restart akan kembali ke pengaturan semula (Normal Kembali).

Cek Driver di Device Manager

Cek driver ini bisa kalian lakukan setelah install sistem operasi atau juga ketika keyboard bermasalah. Cara cek nya juga cukup mudah, kalian hanya perlu masuk ke My Computer kemudian kalian klik kanan pada Computer lalu pilih Manage setelah itu pilih device manager, cari bagian driver keyboard apakah sudah terinstall atau belum atau kalian juga bisa mengupdate drivernya.

Update Driver dan Melakukan Scan Hardware

Melanjutkan cara di atas kalian hanya perlu mengupdate driver keyboard laptop dengan yang terbaru dengan cara klik kanan pada submenu driver keyboard kemudian pilih update software. Jika cara ini sudah dilakukan akan tetapi tetap tidak bekerja maka coba dengan cara menscan driver. Berikut ini caranya:

Cara mengatasi keyboard laptop error dengan scan for hardware change

  1. Kalian masuk ke My Computer
  2. Klik kanan pada Computer
  3. Setelah itu pilih Manage
  4. Kemudian kalian akan tampil jendela Computer Management
  5. Untuk mengatasi keyboard error kalian bisa klik Device Manager
  6. Lalu klik keyboard kemudian klik kanan pada Submenu Keyboard
  7. Lalu pilih Scan For Hardware Change
  8. Jika setelah klik Scan For Hardware Change laptop melakukan instalasi maka tunggu saja
  9. Setelah itu kalian bisa Restart laptop kemudian kalian cek keyboard.

Disabled Keyboard dan Aktifkan Lagi

Cara berikutnya yang bisa kalian lakukan adalah dengan cara menonaktifkan keyboard dan kemudian mengaktifkannya lagi untuk cara menonaktifkan keyboard saya sudah pernah membahasnya silahkan ke cara menonaktifkan keyboard dan untuk mengaktifkannya lagi kalian hanya perlu mengikuti langkah disable keyboard tetapi masukkan merek laptop yang benar.

Bawa ke Toko Service Komputer

Jika cara cara diatas sudah dilakukan dan ternyata masih belum menghasilkan kalian perlu untuk membawanya ke toko service komputer terdekat disana laptop kalian akan di cek apakah hanya error saja atau ada kerusakan.

Ganti Keyboard atau Menggunakan Keyboard External

Cara yang terakhir yang bisa kalian lakukan adalah mengganti keyboard laptop jika memang terjadi kerusakan yang tidak bisa lagi diperbaiki. Cara ini harus dilakukan pada orang yang sudah ahli dibidangnya. Kalian cukup membawanya ke toko service komputer saja. Jika kalian tidak mau mengganti keyboard internal karena harganya atau ada hal lain kalian juga bisa menggunakan keyboard external yang harganya cukup terjangkau.

Itulah tadi penyebab keyboard laptop cepat error dan cara mengatasi keyboard laptop error yang bisa kalian lakukan untuk membuat keyboard normal lagi.

Leave a Comment