Cara Membuat Channel Youtube

Saat ini, banyak orang yang mencari informasi tentang cara membuat channel Youtube. Bukan tanpa alasan, sebab menjadi youtuber dipercaya dapat menghasilkan banyak uang. Generasi milinieal dan juga generasi Z menjadi generasi yang paling bermimpi untuk menjadi seorang Youtuber terkenal.

Memang, kini membuat channel Youtube tidak hanya digunakan untuk menyimpan video Youtube saja seperti jaman dahulu. Dengan upload video ke Youtube kita bisa mendapatkan penghasilan yang sangat menggiurkan dari iklan di tiap video yang tayang. Tetapi, semuanya harus diawali dengan membuat Youtube channel terlebih dahulu. Oleh karena itu, kali ini saya akan membahas tentang langkah – langkah membuat channel Youtube.

Cara Membuat Channel Youtube Terkenal

Sebelum membuat channel Youtube, kalian perlu memiliki akun Gmail. Jika kalian belum mempunyai akun gmail kalian bisa membuatnya. Pada artikel sebelumnya saya sudah membuat tutorial cara membuat akun gmail. Jika sudah, waktunya memulai langkah – langkahnya di bawah ini.

Tentukan Niche Yang Akan Kita Buat

Langkah pertama dalam membuat Youtube channel adalah menentukan niche atau tema dari channel. Niche ini bisa kalian tentukan dengan bebas, namun akan lebih baik jika kalian memilih sesuai dengan kesukaan atau passion dan juga harus satu tema.

Jika kalian suka bermain game, maka buatlah channel dengan niche gaming. Jika kalian suka mereview makanan, maka buatlah channel food blogging. Jika kalian suka make up dan semua yang berhubungan dengan kecantikan, maka buatlah channel tentang tutorial make up dan kecantikan.

Siapkan Perlengkapan/Tambahan Software

Berikutnya, kalian persiapkan software – software tambahan yang mendukung pembuatan video dalam channel Youtube kalian. salah satunya adalah dengan mengunduh Adobe Premiere Pro untuk mengedit video. Atau mengunduh Photoshop dan GIMP untuk membuat thumbnail pada tiap video.

Selain itu, kalian juga bisa mencari software yang membantu kalian mencari ide konten dan riset keyword seperti Semrush atau add – ons Keyword Everywhere. berikut ini softwere untuk edit vidio youtube.

Adobe Premiere

Adobe Premiere adalah salah satu software editing vidio yang bagus untuk di gunakan selain fiturnya yang sangat lengkap adobe premaiere juga memiliki banyak kelebihan lainnya. software ini sangat cocok untuk kalian yang sering edit vidio untuk youtube atau untuk edit film, akan tetapi software ini tidak bisa kalian miliki secara gratis, kalian harus membelinya terlebih dahulu.

Lightworks

Salah satu software untuk edit vidio yang cukup terkenal dan bagus adalah Lightworks . kalian juga bisa menggunkan software ini secara gratis akan tetapi software ini memiliki ukuran yang cukup besar, walaupun memiliki ukuran yang sangat besar tetapi banyak orang yang merekomendasikan untuk menggunakan.

Sony Vegas Pro

Software Sony Vegas Pro memiliki fiitur yang sangat lengkap dan mudah untuk di gunakan. software yang satu ini juga memiliki ke ungulan yaitu rotatio, zoom, dan format widescreen dan masih banyak yang lainnya.

Corel Video Studio

Software selanjutnya yang saya rekomendasikan adalah Corel Video Studio selain mudah untuk di gunakan software ini juga memiliki banyak template yang bisa di gunakan mulai dari template opening, background musik, filter dan masih banyak lainnya.

Kinemaster

Bagi kalian yang tidak punya laptop tau komputer yang memadai untuk edit vidio kalian juga bisa mengedit vidio dengan menggunkan smartphone yaitu dengan aplikasi kinemaster. aplikasi ini juga bisa di gunakan untuk membuat vidio opening yang kece, kalian tinggal menggunakan template yang sudah di sediakan. akan tetapi jika kalian menggunakan aplikasi ini secara gratis pada saat render akan ada watermark di vidio, jika kalian ini menghilangkan watermark kalian cukup membeli versi gratisnya.

FilmoraGo

Jika kalian ingin membuat channel youtube tetapi tidak memiliki laptop atau komputer tak perlu kawatir kalian bisa menggunakan aplikasi FilmoraGo ini di smartphone. buat kalian yang masih pemula, kalian bisa memilih tema template yang sudah disediakan oleh aplikasi ini.

Power Director

Power Director adalah salah satu aplikasi untuk membuat vidio yang juga banyak di minati banyak kalangan selain bisa di gunakan di smartphone aplikasi ini juga sangat mudah untuk di gunakan apa lagi bagi kalian yang baru terjun menjadi youtuber. aplikasi ini juga memiliki tools yang lumayan lengkap dan juga memiliki template yang beragam. namun aplikasi ini juga mempunyai kelemahan yaitu aplikasi ini jika di gunakan dan untuk merender vidio maka akan meninggalkan watermark pada vidio.

Membuat Akun Youtube

Setelah semua siap, kini waktunya membuat akun Youtube sendiri. Caranya sebenarnya sangat mudah, kalian bisa mengikuti langkah – langkah di bawah ini.

  1. Masuk ke akun Gmail melalui browser PC atau aplikasi Gmail HP
  2. Kemudian, masuk ke website Youtube dan klik icon foto profil yang ada di kanan atas tampilan
  3. Klik “Setting” dan akan keluar menu pengaturan
  4. Setelah itu klik “Create new channel”
  5. Masukan nama channel yang ingin kalian gunakan dan pilih apakah channel Youtube ingin menjadi channel bisnis atau personal
  6. Masukan foto profil akun dan foto sampul yang menarik
  7. Dan proses membuat akun Youtube sudah selesai

Upload Video di Youtube

Setelah mengetahui cara membuat Youtube Channel, kini waktunya mengisi konten di youtube dengan video – video yang menarik. Tentunya kalian harus melakukan rekaman terlebih dahulu dan mengedit video semenarik mungkin agar para penonton tidak merasa bosan. Jika sudah, ikuti langkah – langkah ini untuk upload video di Youtube.

  1. Klik icon foto profil yang ada di kanan atas tampilan, kemudian masuk ke “Channel Anda”
  2. Dari sana, masuk ke “Youtube Studio”
  3. Klik “Upload Video”
  4. Pilih file rekaman video yang ingin di upload, masukan judul dan gambar depan yang menarik
  5. Berikutnya pasang tag yang berkaitan dengan video
  6. Tunggu proses upload selesai dan klik “Publikasi”

Jangan lupa share video kalian ke media sosial agar semakin banyak orang yang menonton. Semakin banyak penonton, maka semakin banyak uang yang dihasilkan dari setiap video. Demikianlah cara membuat Channel Youtube sendiri. Dibutuhkan ketekunan dan kesabaran untuk bisa menjadi youtuber terkenal dengan penghasilan tinggi.

Leave a Comment