Cara Mengunci & Membuat Password di Excel

Excel merupakan salah satu produk dari microsoft office. Ada banyak sekali produk dari microsoft office, seperti microsoft word, excel powerpoint dan lainnya. Microsoft excel sendiri bisa digunakan untuk membantu dalam melakukan pekerjaan akan tetapi lebih spesifik ke hitung hitungan dan tabel. Pada microsoft excel ini kalian bisa menggunakan rumus untuk menghitung sehingga kalian tidak perlu susah susah menghitung manual.

Microsoft excel sendiri mempunyai fitur yang bagus untuk kalian gunakan, apa lagi bagi kalian yang mempunyai file file penting yang tentunya tidak boleh dibuka oleh orang lain. Kalian bisa menggunakan fitur Encrypt Document yang ada pada microsoft excel untuk mengunci file. cara mengunci file excel juga cukup mudah untuk dilakukan. Setelah kemarin saya membahas cara menyembunyikan file di laptop dan komputer sekarang saya akan memberikan tutorial bagaimana memberikan password pada microsoft excel supaya file yang kalian punya tetap aman.

Cara Membuat Password di Excel Supaya Aman

Cara memberikan password pada microsoft excel sangat mudah untuk lakukan. Jika kalian menggunakan microsoft office 2007 dan juga microsoft office 2010 akan sedikit berbeda dalam memberikan password di microsoft excel. Kalian bisa menyimak cara nya berikut ini.

Cara Mengunci File Excel dengan Fitur Encrypt Document

Cara memberikan password atau mengunci file microsoft excel dengan fitur Encrypt Document bisa kalian lakukan. Tak perlu bingung bingung kalian cukup mengikuti step by step cara yang akan saya berikan.

  1. Cari file excel yang akan di kunci
  2. Setelah ketemu buka file excel tersebut
  3. Jika kalian menggunakan microsoft office 2007 kalian klik logo office button yang ada di pojok kiri atas
  4. Setelah itu kalian klik prepare kemudian pilih Encrypt Document
  5. Jika kalian menggunakan microsoft office 2010 ke atas kalian klik File yang terletak di samping Home
  6. Kemudian klik info lalu klik Protect Workbook setelah itu pilih Encrypt With Password
  7. Setelah itu akan muncul interface untuk memasukkan password
  8. Kalian bisa membuat password yang kalian inginkan, saya sarankan untuk menggabungkan huruf dan angka dan juga menggunakan huruf kecil dan besar supaya akan lebih aman kemudian klik OK
  9. Masukkan password yang sudah dimasukkan tadi di interface selanjutnya kemudian klik OK
  10. Selesai

Hanya sekedar mengingatkan saja jika kalian mengunci file excel dengan password jangan menggunakan password yang terlalu rumit. Kalian bisa menggunakan password yang mudah diingat dan tentunya tidak gampang ditebak oleh orang lain.

Cara Mengunci Lembar Kerja / Worksheet Excel

Mengunci atau memberikan password pada lembar kerja yang ada di microsoft excel juga bisa dilakukan. Kalian bisa mengunci beberapa lembar kerja yang kalian inginkan. Silahkan ikuti langkah langkah berikut ini.

  1. Cari dan juga buka file excel yang ingin kalian kunci lembar kerjanya
  2. Cara kali ini saya menggunakan microsoft office 2007
  3. Setelah file excel terbuka cari dan klik menu Review
  4. Kemudian klik Protect Sheet
  5. Setelah itu akan muncul interface buat password
  6. Kalian bisa memasukkan password yang kalian inginkan
  7. Setelah itu yang juga tak kalah penting di bagian bawah terdapat hak akses untuk fungsi tertentu.
  8. Kemudian pilih OK
  9. Selesai

Penutup

Bagaimana, cara mengunci file excel yang saya berikan mudah bukan. Tidak hanya file excel saja yang bisa kalian proteksi akan tetapi juga lembar kerja/ worksheet pada microsoft excel juga bisa kalian kunci supaya double keamanannya. Setelah itu dilakukan kalian juga bisa mengunci folder di laptop supaya lebih aman lagi.

Leave a Comment