Cara Mengaktifkan Kamera Laptop

Setiap laptop biasanya sudah menyediakan kamera di bagian atas layarnya, namun banyak yang belum mengetahui fungsi dari kamera tersebut. Pada awal kemunculan kamera laptop hanya digunakan untuk foto-foto atau yang disebut selfi, itu pun tidak begitu cerah bahkan lebih dominan hitam gelap. Sehingga penggunaan kamera laptop pun ditinggalkan karena masyarakat lebih memilih penggunaan kamera smartphone yang lebih baik tingkat kejernihannya, tidak hanya itu harga smartphone pun semakin hari semakin terjangkau.

Namun, saat ini tersedia beberapa layanan video call seperti skype bahkan yang terbaru yaitu zoom yang sangat bermanfaat untuk melakukan rapat penting dari jarak jauh yang biasanya menggunakan laptop. Oleh karena itu, banyak yang dituntut untuk bisa mengaktifkan aplikasi tersebut di laptop masing-masing.

Sebelum mengaktifkan aplikasi-aplikasi tersebut, tentunya kalian harus mengaktifkan kamera laptop terlebih dahulu. Inilah yang membuat beberapa orang kebingungan memulainya karena berbagai keluhan antara lain tidak ada aplikasi untuk memulai kamera hingga kamera yang tak berfungsi. Kali ini saya akan membeberkan cara mengaktifkan kamera laptop dengan mudah dan lengkap.

Cara Aktifkan Kamera di Laptop

Ada beberapa cara yang bisa kalian lakukan untuk mengaktifkan kamera di laptop, tak perlu khawatir kalian hanya perlu mengikuti cara di bawah dini dalam mengaktifkan kamera di laptop.

Install Driver Kamera Laptop

Yang pertama adalah melakukan pengecekan dan install driver kamera laptop. Jika ingin menggunakan aplikasi kamera bawaan windows kalian tidak perlu mencari aplikasi kamera lain akan tetapi sebelum itu kalian bisa melakukan pengecekan driver kamera di device manager jika menggunakan menggunakan aplikasi bawaan. Jika belum terinstall silahkan kalian install terlebih dahulu.

Kalian bingung bagaimana cara install driver dan juga bagaimana cara mendapatkan driver camera tersebut? Kalian bisa bisa mengunduh driver dari situs resmi berikut ini.

Baca Juga : Cara Mengaktifkan Touchpad Laptop yang Error

Ada cara yang lebih mudah untuk menginstall driver yang kalian inginkan. Yaitu dengan menggunakan driverpack. Biasanya driverpack ini sudah satu paket jari tidak perlu mencari driver sendiri sendiri cukup menggunakan driverpack ini.

Selain menggunakan driver kamera dan juga driverpack kalian bisa langsung menginstalnya melalui device manager. Caranya cukup mudah kalian hanya perlu mencari driver camera di device manager kemudian kalian klik kanan pada driver tersebut lalu pilih Update Driver Software.

Cara Mengaktifkan Kamera Laptop Pada Windows

Seperti yang saya jelaskan diatas bahwa pada sistem operasi windows biasanya sudah ada aplikasi kamera, jadi kalian bisa langsung menggunakannya. Masih bingung bagaimana cara membuka aplikasi kamera di laptop? Setelah melakukan install driver camera kalian bisa langsung mengaktifkan kamera, ada beberapa cara dalam mengaktifkan kamera di windows 7,8 dan 10.

Windows 7

Pada windows 7 ikuti langkah langkah berikut ini

  • Silahkan hidupkan laptop kalian
  • Silahkan klik star
  • Kemudian pada search program ketik Camera
  • Jika sudah ketemu buka aplikasinya
  • Silahkah pakai kamera dari aplikasi bawaan windows

Baca Juga : Cara Mauk Bios Laptop Lenovo

Windows 8

Cara aktifkan kamera pada windows 8. ikuti langkah langkah berikut ini.

  • Kalian buka laptop
  • Kemudian klik start
  • Silangkan cari aplikasi kamera di search
  • Setelah ketemu buka aplikasinya
  • Dan kamera pada laptop bisa kalian gunakan

Windows 10

Tidak jauh berbeda dengan windows 7 dan 8 pada windows 10 silahkan ikuti langkah langkah berikut ini.

  • Buka laptop kalian
  • Silahkan tulis camera pada kolom search windows
  • Kemudian setelah aplikasi ditemukan silahkan buka aplikasi tersebut
  • Tunggu beberapa saat sampai aplikasi terbuka
  • selesai

Aplikasi Kamera Laptop

Jika pada windows yang kalian gunakan tidak ada aplikasi kamera maka kalian bisa menggunakan aplikasi kamera laptop berikut ini.

Youcam

Mungkin yang sudah biasa menggunakan kamera laptop sudah tidak asing lagi dengan aplikasi Youcam. Aplikasi yang sudah banyak digunakan ini bisa menjadi salah satu referensi aplikasi kamera laptop buat kalian.

Multi Webcam Video Recorder Free

Ada juga aplikasi Multi Webcam Video Recorder Free aplikasi yang juga banyak direkomendasikan oleh beberapa orang dan juga sudah banyak situs situs terpercaya yang merekomendasikan aplikasi kamera Multi Webcam Video Recorder Free ini.

Camersoft Webcam Capture

Salah satu cara mengaktifkan kamera laptop adalah dengan aplikasi kamera pihak ketiga. Selain dua aplikasi diatas ada juga aplikasi Camersoft Webcam Capture yang bisa kalian gunakan. Silahkan diunduh aplikasi Camersoft Webcam Capture ini.

Webcam Toy

Bagaimana apakah masih bingung untuk menentukan aplikasi kamera yang akan kalian gunakan? Jika iya kalian tak perlu bingung bingung kalian bisa menggunakan aplikasi kamera Webcam Toy. silahkan dicoba.

Windows Camera

Yang terakhir adalah Windows Camera. Aplikasi yang satu ini juga sudah banyak di install di berbagai laptop, aplikasi yang simple dan juga mudah untuk digunakan dibanding dengan aplikasi kamera yang lain.

Cara Memperbaiki Kamera Laptop yang Tidak Berfungsi

Apakah kalian sudah melakukan beberapa cara untuk mengaktifkan kamera di laptop akan tetapi masih belum bisa? Jika iya silahkan ikuti cara memperbaiki kamera laptop yang tidak berfungsi atau error yang saya berikan.

Melakukan Install Ulang Driver Camera

Yang pertama kalian bisa menginstall ulang driver kamera yang sudah ada. Cara ini bertujuan untuk memperbaiki driver jika ada yang error. Untuk caranya silahkan ikuti step by step yang sudah saya buatkan diatas.

Melakukan Update Driver di Device Manager

Cara yang kedua adalah dengan melakukan update driver pada device manager. Cara ini cukup mudah untuk dilakukan kalian hanya perlu tersambung ke jaringan internet. Silahkan buka device manager di laptop kalian, kemudian kalian cari driver kamera, setelah ketemu silahkan klik kanan pada driver kamera tersebut kemudian pilih Update Driver Software kemudian kalian ikuti cara selanjutnya.

Melakukan Install Ulang Laptop

Jika dua cara diatas masih tidak bisa. Silahkan kalian install ulang laptop yang kalian gunakan. Cara ini dilakukan mungkin sistem operasi yang sedang kalian gunakan tidak support atau tidak bisa menggunakan aplikasi kamera. Ada yang setelah melakukan install ulang kamera kemudian kamera bisa langsung digunakan. Jadi kalian bisa mencobanya.

Perbaiki Laptop di tempat Service Laptop

Jika semua cara sudah dilakukan akan tetapi tetap belum bisa maka kalian bisa langsung datang ke tempat service laptop terdekat di tempat kalian untuk melakukan service laptop supaya kamera bisa digunakan.

Bagaimana apa masih kurang jelas? Cara mengaktifkan kamera laptop ini bisa langsung kalian gunakan akan tetapi kalian harus berhati hati pada saat melakukan install, baik itu install driver atau juga install laptop.

Leave a Comment