7 Cara Mengatasi Laptop Hang Tidak Bergerak

7 Cara Mengatasi Laptop Hang Tidak Bergerak – Sebagai pengguna laptop atau komputer, pasti pernah mengalami masalah klasik yang sering muncul, yaitu hang atau ngehang. Masalah ini sering menjadi penghalang utama saat kamu sedang melakukan aktivitasmu.

Walaupun masalah ini tidak begitu serius, tetapi masih banyak pengguna yang mengeluhkan laptop atau komputer mereka sering mengalami hang. Apa sih sebenarnya yang membuat laptop bisa nge-hang?

Pastikan kamu membaca sampai akhir ya!

7 Cara Mengatasi Laptop Hang Tidak Bergerak
7 Cara Mengatasi Laptop Hang Tidak Bergerak

Pengertian

Hang pada laptop/komputer itu artinya sistemnya enggak bisa ngelakuin apa yang kamu minta, seperti nggak bisa buka program atau nge-respon perintahmu.

Akibatnya, semuanya jadi macet, kayak jendela-jendela yang biasanya bisa digeser jadi nggak bisa gerak sama sekali.

Biasanya cara yang dipakai buat ngatasi laptop yang hang itu dengan nge-matiin paksa, misalnya dengan nge-tekan tombol power atau nyabut baterai laptop.

Tapi, sebenernya cara itu kurang bagus, soalnya bisa aja bikin aktivitasmu yang belum selesai jadi ilang gitu aja.

Cara itu juga belum tentu bisa ngatasi penyakit hang pada laptop secara bener.

Nah, sebenernya apa sih yang bikin laptop bisa ngehang? Padahal kalo diliat dari luar, sistem laptopnya keliatannya enggak ada masalah sama sekali.

Hal-hal yang bikin laptop tiba-tiba hang

Ada beberapa hal yang bisa bikin laptop tiba-tiba jadi hang, nih. Ayo kita bahas satu per satu.

  • Kurang RAM

Salah satu penyebab laptop suka ngehang itu bisa karena RAM-nya yang kurang. RAM itu kayak tempat buat nyimpen data sementara dari aplikasi yang lagi kamu buka.

Jadi, kalo kamu buka banyak aplikasi tapi RAM-nya kecil, gak heran laptop kamu jadi sering hang.

Contohnya, kalo RAM laptopmu cuma 4 GB, lebih baik jangan paksain buka banyak aplikasi sekaligus. Kalo enggak, laptopmu bisa jadi lelet banget, bahkan bisa ngehang.

  • Terlalu banyak aplikasi berjalan

Alasan kedua laptop bisa jadi hang itu karena kamu buka terlalu banyak aplikasi atau program yang berjalan, jadi RAM-nya kepake banyak.

Kadang-kadang, ada juga program yang berjalan tanpa kamu buka, tapi tetep nyita RAM, soalnya dia berjalan di belakang layar.

  • Harddisk

Alasan ketiga laptop bisa hang adalah karena ada masalah di hardisk. Nah, hardisk itu kayak tempat penyimpanan kuno yang pakainya piringan baja buat jalankan program.

Kalo piringan bajanya lecet, kena benturan keras, atau kesehatan hardiskmu menurun, kemampuannya buat baca program jadi kurang bagus, jadi semuanya jadi berjalan lambat.

Tips dari kita, sering-sering deh lakukan defragmentasi disk. Tujuannya biar posisi file di hardisk saling deketan, jadi lebih cepet dibaca.

Masalah yang biasa bikin laptop jadi hang

Masalah yang biasa bikin laptop jadi hang itu karena ada virus, malware, atau yang sejenisnya.

Cara ngatasinnya, rajin-rajinlah scan virus dan hindarin masukin flashdisk atau download file dari sumber yang nggak jelas.

Alasan lain kenapa laptop bisa hang

Kalo di dalam folder itu ada file yang rusak, bisa bikin program jadi hang. Kalo cuma satu dua program mungkin masih bisa diatasi, tinggal hapus aplikasinya aja.

Tapi kalau masalahnya di file sistem, laptopmu bisa sering ngehang terus, dan kalau dibiarkan bisa bikin laptop jadi rusak parmanen.

Cara mengatasi laptop yang suka ngehang

  1. Hapus Cache BIOS

  • Kalo laptop lagi hang, restart atau matiin paksa laptop kamu.
  • Nyalakan lagi laptop, lalu masuk ke BIOS. Cara masuknya bisa beda-beda tergantung laptop kamu, misalnya tekan F12, F11, F8, F2, atau tombol lain yang sesuai.
  • Di dalam BIOS, cari menu “Advanced BIOS Features”.
  • Cari yang berhubungan dengan “BIOS Cache” dan matiin fiturnya.
  • Kalo udah, simpen pengaturannya dan nyalain lagi laptop kamu. Cara ini juga bisa buat ngatasi laptop yang ngehang pas baru dinyalain.
  1. Matiin Program yang Tidak Merespon

  • Tekan tombol “Shift+CTRL+Esc” atau “CTRL+Alt+Del” bersamaan.
  • Begitu masuk ke “Task Manager”, matiin program yang lagi not responding.
  • Biasanya setelah ini, laptop bakal jadi normal lagi.
  1. Cek Proses Booting

  • Pertama, masalahnya mungkin karena ada file yang hilang di sistem, atau karena virus dan kerusakan. Cobain scan registry pake CCleaner atau pake antivirus.
  • Kalo masih bermasalah, mungkin RAM-nya kotor. Bersihin RAM pake penghapus karet atau vacuum cleaner.
  • Tetep ada masalah? Cek motherboard kamu. Kalo rusak, mungkin gak bisa diperbaiki kecuali diganti. Sayangnya, motherboard biasanya lumayan mahal.
  1. Pakai Antivirus

Antivirus itu kayak penjaga buat laptop kamu biar gak kena serangan virus/malware, baik dari internet atau dari flashdisk. Windows sebenarnya udah ada antivirus bawaan yang namanya Windows Defender. Itu udah cukup bagus karena Microsoft sering update.

Tapi, seringkali pengguna gak update Windows Defender dan akhirnya laptop kena virus sampe jadi ngehang. Kalo merasa Windows Defender kurang, kamu bisa pasang antivirus lain kayak Avast, Avira, ESET, dan lain-lain.

  1. Periksa Kipas Laptop

Kipas laptop yang rusak bisa jadi penyebab laptop ngehang dari sisi hardware. Kipas ini penting buat ngebawa panas dari hardware biar laptopnya tetep bagus performanya.

Kalo kipasnya rusak, hardware yang gak tahan panas bisa jadi rusak. Buka laptop dan periksa kipas pas laptop lagi nyala. Kalo kipasnya mati, bawa aja ke tempat servis atau pake kipas eksternal.

  1. Tambah RAM

Tingkatkan kapasitas RAM biar bisa buka banyak aplikasi sekaligus. Biasanya, laptop punya slot khusus buat nambah RAM. Pake slot itu buat beli RAM tambahan.

Tapi, sebelum nambah RAM, perhatiin juga kompatibilitasnya biar gak ada masalah.

  1. Upgrade ke SSD

SSD itu kayak penyimpanan baru yang lebih cepat dari hardisk. Kelebihannya, baca-tulis file di SSD lebih cepat dibanding hardisk biasa.

Dengan SSD, aplikasi bisa jalan lebih cepat karena SSD bisa baca data lebih cepat. Tapi, SSD lebih mahal daripada hardisk. Tapi buat pengalaman yang bagus, bisa upgrade RAM dan ganti ke SSD.

Cara ngatasi laptop yang ngehang pas main game

Pernah gak, pas kamu main game laptopmu tiba-tiba ngehang atau layarnya jadi blue screen?

Cara ngatasi laptop yang ngehang pas main game sebenernya mirip kayak yang udah dijelasin di atas tadi. Bisa matiin programnya, atau bersihin file sampah di laptopmu.

Kalo masih aja ngehang, bisa jadi masalahnya ini:

  1. Pertama, mungkin laptopmu emang gak kuat buat main game itu. Solusinya, mungkin lebih baik jangan main game itu, atau coba upgrade laptopmu.
  2. Kalo laptopmu panas banget, mungkin kipasnya mati. Solusinya, cek dan ganti kipasnya.
  3. Kalo kipas udah oke, mungkin masalahnya ada di hardisk yang rusak.
  4. Kalo hardisknya gak bermasalah, bisa jadi masalahnya di thermal paste. Ganti aja thermal pastenya.
  5. Kalo thermal paste udah oke, kipasnya juga gak bermasalah, masalahnya bisa di RAM atau VGA yang rusak. Solusinya, ganti komponen yang rusak.

Tinggalkan komentar