Cara Melihat RAM Laptop dan Komputer

Ketika kalian sedang menggunakan atau membicarakan spesifikasi sebuah laptop atau komputer pasti ada istilah RAM dan ROM. Sebenarnya apa itu RAM dan apa itu ROM? Singkatnya RAM adalah salah satu hardware perangkat komputer atau laptop yang berfungsi untuk menyimpan data sementara. Terus bagaimana melihat RAM pada laptop? Cara melihat RAM laptop sangat lah mudah, saya akan memberikan caranya.

Sebelum saya memberikan langkah langkah untuk melihat ram pada laptop, saya akan memberikan penjelasan dan perbedaan RAM dan ROM.

Perbedaan RAM dan ROM

Pengertian RAM

Seperti yang saya uraikan diatas RAM adalah suatu perangkat keras komputer yang fungsinya untuk penyimpanan data sementara. Data yang tersimpan sementara pada RAM bisa saja menghilang ketika laptop atau komputer itu mati. Kapasitas dari RAM sendiri berpengaruh pada kecepatan dalam memproses sesuatu. Jika RAM dengan kapasitas kecil dan menggunakan banyak aplikasi atau software sekaligus maka akan mengakibatkan laptop lemot dan loading.

Pengertian ROM

Sedangkan ROM sendiri adalah tempat penyimpanan data yang ada pada komputer atau laptop yang sifatnya permanen atau tidak berubah ubah dan jika laptop atau komputer mati maka data yang ada tidak akan hilang. Pada ROM biasanya berisi software default pabrik.

Merk RAM Terbaik

Setelah saya menjelaskan pengertian RAM dan ROM dan juga perbedaannya sekarang saya akan memberikan informasi merk ram yang bagus untuk digunakan.

1.RAM G.Skill

G.Skill_

RAM G.Skill adalah salah satu merk RAM yang bagus untuk digunakan. RAM G.Skill berasal dari taiwan. RAM jenis ini biasanya ditemukan di perangkat komputer dan laptop dengan spesifikasi yang sangat tinggi. Untuk kalian yang ingin memiliki merek RAM ini harus merogoh kocek yang cukup dalam karena harganya sangat tinggi.

2. RAM Transcend

Transcend

Sama seperti merk RAM G.Skill, merk RAM Transcend juga berasal dari taiwan. Merek jenis ini sangatlah populer di indonesia dan juga banyak yang menggunakannya. RAM jenis ini juga memberikan berbagai harga yang berbeda beda dan harganya pun tidak terlalu mahal.

3. RAM Corsair

Corsair

Merk RAM Corsair terkenal RAM yang awet dan juga mudah untuk ditemukan. Corsair merupakan produsen perangkat keras komputer yang sudah berdiri sejak 1994. Merk RAM corsair dengan seri vengeance sangat bagus untuk digunakan bermain game.

4. RAM Hynix

Hynix

RAM hynix adalah salah satu RAM yang juga bagus untuk digunakan. Hynix berasal dari korea selatan yang berdiri pada tahun 1983. Hynix sudah banyak memasok RAM di seluruh dunia yang membuat hynix banyak dikenal oleh banyak orang.

5. RAM Kingston

Kingston

Mungkin kalian juga sudah familier dengan kingston apa lagi di indonesia. Produk Kingston tidak hanya RAM saja tetapi juga ada flashdisk dan SSD. Kingstone mempunyai beberapa varian tipe RAM yang harganya juga terjangkau.

Cara Melihat RAM pada Komputer dan Laptop

Melihat Jumlah RAM Melalui Control Panel

control-panel

Untuk cara yang pertama ini kalian bisa menggunakan control panel. Jika jalian menggunakan windows 7 dan xp kalian hanya perlu Klik Start >> Klik Control Panel >> Klik System and Security >> Klik System.
Atau juga kalian bisa Klik Kanan My Computer >> Klik Properties atau System Properties pada windows xp.

Melihat Jumlah RAM Melalui Speccy

Cara yang kedua menggunakan aplikasi speccy. Aplikasi speccy adalah aplikasi yang bisa digunakan untuk melihat spesifikasi laptop ataupun komputer dan tidak hanya itu saja aplikasi ini juga bisa melihat hardware yang digunakan di komputer atau laptop. Cara ini juga bisa kalian gunakan karena sangat mudah, kalian tinggal klik aplikasinya dan kalian bisa melihat informasi spesifikasi laptop atau komputer yang kalian gunakan. Mudah bukan.

Melihat Jumlah RAM Melalui Dxdiag Tools

dxdiag

Carang yang terakhir menggunakan Dxdiag. Dxdiag adalah sebuah aplikasi yang juga bisa digunakan untuk melihat spesifikasi laptop atau komputer kalian. Bagaimana caranya? Simak baik baik ya.

  1. Hidupkan laptop atau komputer
  2. Masuk ke dxdiag dengan cara Windows + R
  3. Atau juga bisa Klik Start >> Klik All Program >> Klik Accessories lalu Klik run
  4. Tulis dxdiag lalu Klik Ok
  5. Maka akan tampil spesifikasi laptop atau komputer kalian.

Itulah tadi cara melihat RAM laptop ataupun komputer dan perbedaan antara RAM dan ROM dan juga bagi kalian yang terkendala laptop lemot bisa menggunakan merk RAM terbaik yang sudah saya tulskan diatas.

Leave a Comment