Cara Mengaktifkan Bluetooth di Laptop

Bagi sebagian banyak orang mungkin fitur bluetooth yang ada di komputer dan smartphone sudah menjadi hal yang biasa digunakan, dengan adanya fitur bluetooth banyak sekali yang bisa dilakukan mulai dari tukar menukar data, bisa menghubungkan dengan perangkat lain dan masih banyak lagi lainnya. fitur bluetooth tidak hanya di smartphone saja akan tetapi bluetooth juga ada di laptop atau komputer tergantung dari tipe dari laptop apakah support atau tidak. bagi sebagian banyak orang mungkin masih bingung bagaimana cara mengaktifkan bluetooth di laptop.

Sebenarnya bluetooth merupakan fitur yang bisa menghubungkan antara dua perangkat yang berdekatan, akan tetapi banyak yang belum mengetahui cara menggunakan bluetooth di laptop atau komputer, padahal menggunakan bluetooth sangatlah mudah dan juga manfaat bluetooth sangat banyak.

Manfaat Bluetooth

Bluetooth mempunyai banyak sekali manfaat bagi yang bisa menggunakannya. Berikut ini manfaat dari bluetooth yang mungkin kalian belum mengetahuinya.

1.Mengirim Data

Manfaat yang pertama dari adanya fitur bluetooth bisa mengirim data. Mengirim data atau memindahkan data tidak hanya lewat kabel USB atau menggunakan media lain akan tetapi juga bisa lewat bluetooth. Melalui fitur bluetooth kalian bisa mengirim foto, lagu, vidio dan data yang lainnya akan tetapi jika kalian mengirimkan data menggunakan bluetooth laptop atau komputer dan smartphone harus berdekatan jika berjauhan tidak bisa.

2. Menghubungkan Laptop dengan Mouse dan Keyboard

Banyak sekali perangkat perangkat komputer yang sudah bisa digunakan dengan menggunakan fitur bluetooth. Seperti mouse dan juga keyboard sehingga sudah tidak menggunakan kabel untuk menyambungkannya ke laptop. Ini merupakan manfaat dari adanya fitur bluetooth yang sudah berkembang.

3. Menghubungkan ke Printer

Manfaat yang ketiga adalah bisa menghubungkan ke printer. Selain dari mouse dan keyboard, printer juga sudah ada yang support dengan bluetooth/wireless. Dengan perkembangan dunia teknologi ini semua sudah dipermudah menggunakan printer pun sudah bisa tanpa kabel.

4. Menghubungkan ke Headset

Jaman dahulu menggunakan headset masih menggunakan kabel dan jika kabel rusak maka sudah tidak bisa digunakan. Namun seiring perkembangan teknologi sudah ada headset tanpa kabel yang bisa kalian gunakan dan tentunya tidak menggunakan kabel lagi dan juga tak perlu khawatir akan kabel rusak :).

Cara Cek Fitur Bluetooth di Laptop

Sebelum menghidupkan bluetooth alangkah baiknya kalian cek dahulu apakah laptop atau komputer kalian bisa menggunakan fitur bluetooth. Berikut ini cara cek komputer bisa menggunakan fitur bluetooth atau tidak.

1.Cek Fisik Laptop

Dalam cara ini kalian bisa cek laptop apakah ada built-in bluetooth device? Cara melihatnya gampang, kalian hanya perlu cek fisik laptop, apakah ada keterangan fitur bluetooth di laptop atau tidak. Jika laptop kalian terdapat keterangan bluetooth maka bisa dipastikan laptop kalian bisa menggunakan fitur bluetooth internal akan tetapi jika tidak maka kalian tidak bisa menggunakan fitur bluetooth internal. Kalian tak perlu khawatir jika laptop kalian tidak bisa menggunakan bluetooth internal, kalian bisa menggunakan bluetooth external (tambahan perangkat bluetooth).

2. Menggunakan Device Manager

Cara yang kedua adalah dengan melihat device manager. Device manager adalah tempat untuk melihat beberapa fitur yang ada di laptop atau komputer apakah sudah terinstall apa belum. Dengan cara ini kalian bisa melihat apakah fitur bluetooth di laptop kalian sudah terinstall atau belum. tidak hanya melihat bluetooth saja di device manager kalian juga bisa melihat fitur lain seperti WIFI untuk menyambungkan wifi dan yang lainnya. Untuk caranya lihat tutorial berikut ini.

  • Klik start lalu klik Computer (windows 7)
  • Lalu klik kanan Computer pilih Properties
  • Kemudian klik Device Manager
  • Kalian bisa melihat pada fitur bluetooth apakah sudah terinstall apa belum.

3. Menginstall Driver Bluetooth

Jika kalian sudah melihat fitur bluetooth yang ada di laptop dan ternyata laptop atau komputer kalian belum terinstall fitur bluetooth maka kalian perlu menginstalnya menggunakan CD bawaan laptop atau bisa download langsung. Berikut ini caranya.

  • Cari driver DVD/CD bawaan dari laptop kalian.
  • Masukkan DVD /CD ke laptop
  • Setelah itu masuk ke CD lalu cari driver bluetooth lalu install
  • Tunggu sampai selesai

Cara Menghidupkan Bluetooth di Laptop

Mungkin banyak orang yang belum mengetahui bagaimana cara mengaktifkan bluetooth di laptop dan komputer. Sehingga banyak yang belum memakai fitur bluetooth di komputer atau di laptop. Berikut ini cara menghidupkan bluetooth.

1.Menggunakan Tombol

Cara yang pertama adalah dengan menggunakan kombinasi tombol FN dan tombol yang ada logo bluetooth di laptop kalian secara bersamaan. Misalnya saja tombol yang ada logo bluetoothnya F3 maka kalian hanya perlu tekan tombol FN dan tombol F3 secara bersamaan, maka dengan begitu fitur bluetooth di laptop kalian akan aktif.

2. Menggunakan Menu Settings

Cara selanjutnya adalah mengaktifkan bluetooth dengan menggunakan menu settings pada windows 8. Kalian bisa melihat tutorial berikut ini.

Cara mengaktifkan bluetooth di laptop dengan menu settings

  1. Buka menu settings
  2. Jika kalian bingung, arahkan kursor kekanan bawah klik Change PC Settings
  3. Lalu pilih wireless
  4. Kemudian kalian kalian aktifkan bluetooth

3. Menggunakan Tambahan Perangkat

Cara yang ketiga ini bisa kalian gunakan jika fitur bluetooth di laptop kalian tidak ada. Kalian bisa membeli bluetooth external di toko komputer pasti ada. Untuk cara menggunakannya kalian hanya perlu mengistall driver bluetooth menggunakan CD yang sudah kalian beli kemudian masukkan perangkat external bluetooth dan ikuti petunjuk yang ada.

Itulah tadi cara mengaktifkan bluetooth di laptop, manfaat dari bluetooth dan cara cek fitur bluetooth di laptop dan komputer.

Leave a Comment