11 Cara Edit Video di Laptop Dengan Mudah

idpintar.com – Tentu saja, kamu mungkin sering melihat orang-orang yang suka mengedit gambar atau membuat konten kan? Nah, jika kamu masih pemula dalam hal itu, jangan khawatir. Kamu bisa belajar Cara Edit Video Di Laptop dengan mudah loh, tanpa harus jadi ahli di bidang tersebut.

Pertama-tama, kamu bisa mencoba beberapa aplikasi edit video yang ramah pemula. Dengan ini, kamu tidak perlu memiliki keahlian khusus dalam editing video. Yuk kita lihat cara-cara sederhana untuk mengedit video di laptopmu!

11 Cara Edit Video di Laptop Dengan Mudah
11 Cara Edit Video di Laptop Dengan Mudah

Cara Edit Video Di Laptop dengan Aplikasi

Sebagai seorang content creator, content editor, atau graphics designer, kemampuan dalam mengedit video menjadi hal yang sangat penting untuk kamu kuasai. Nah, sekarang mari kita lihat beberapa langkah sederhana untuk mengedit video di laptopmu!

1. Windows Movie Maker

Kamu bisa menggunakan Windows Movie Maker, yang merupakan aplikasi bawaan pada Windows 10. Ini adalah Cara Edit Video Di Laptop tanpa perlu mengunduh aplikasi tambahan. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka laptopmu.
  2. Setelah laptop terbuka, klik menu start dan cari aplikasi “Photos”.
  3. Kemudian, buka aplikasi “Photos”.
  4. Pilih menu “Video Editor”.
  5. Klik “New Video Project”.
  6. Beri nama pada video yang ingin kamu edit.
  7. Klik “Add” untuk menambahkan video ke proyekmu.
  8. Pilih video yang ingin kamu edit, lalu klik “New Video Project” lagi.
  9. Sekarang, kamu bisa mulai mengedit video sesuai keinginanmu.
  10. Setelah selesai mengedit, klik “Finish Video”.
  11. Tentukan ukuran file yang kamu inginkan, seperti 1080p, 720p, atau 540p.
  12. Pilih lokasi penyimpanan dan klik “Export”.

2. Menggunakan Aplikasi VSDC Free Video Editor

Kamu bisa mencoba cara edit video di laptop dengan menggunakan aplikasi VSDC Free Video Editor. Dengan aplikasi ini, kamu bisa mengedit video tanpa watermark dengan mudah. Aplikasi ini dilengkapi dengan banyak fitur dan efek yang lengkap, jadi cocok banget untuk kamu yang masih pemula dan ingin hasil editing yang keren.

3. Menggunakan Aplikasi Adobe Premiere

Pasti kamu sudah tahu, Aplikasi Adobe Premiere ini benar-benar populer di dunia editting, jadi banyak yang suka menggunakannya. Tidak hanya itu, aplikasi ini juga punya fitur yang lengkap dan hasil edit videonya keren banget. Kamu juga bisa menikmati berbagai fitur dan alat menarik yang beragam di dalamnya, tanpa watermark.

4. Menggunakan Aplikasi AVS Video Editor

Nah, langkah selanjutnya untuk kamu yang ingin tahu cara edit video di laptop adalah menggunakan aplikasi AVS Video Editor. Aplikasi ini sangat ramah bagi pemula yang ingin belajar mengedit video karena memiliki tools dan menu yang simpel.

Yang lebih bagusnya lagi, kamu bisa mengakses aplikasi ini secara gratis. Meskipun gratis, tapi aplikasi ini punya fitur yang lengkap dan ukuran file videonya kecil. Jadi, kamu pasti bisa dengan mudah mengedit video di laptopmu menggunakan aplikasi ini!

5. Menggunakan Aplikasi Openshot

Aplikasi ini pas banget buat kamu yang masih pemula dalam dunia editing. Penggunaannya gampang banget dipelajari, dan ukuran penyimpanannya juga kecil.

Di dalam aplikasi ini, kamu bisa menemukan banyak fitur keren seperti efek transisi, animasi, snapping, teks, dan sebagainya. Semua fitur itu bakal membantu kamu banget saat kamu lagi editing video. Dijamin deh, Cara Edit Video Di Laptop lewat aplikasi ini bakal cepat.

6. Menggunakan Aplikasi Cyberlink Power Director

Kamu bisa memanfaatkan fitur yang super lengkap di aplikasi Cyberlink Power Director ini untuk bantu proses editingmu. Yang seru, kamu cuma perlu 2GB penyimpanan aja untuk pakai aplikasi ini.

Hasil editan video dengan aplikasi ini bakal terlihat keren dan seolah-olah dikerjakan oleh pro. Ditambah lagi, ada banyak tools yang berguna banget buat aktivitas edit video kamu.

7. Menggunakan Aplikasi Avidemux

Kamu bisa banget pakai Avidemux sebagai cara simpel dan bagus buat edit video di laptopmu. Hasil editannya juga pasti bikin kamu puas, dan yang seru, aplikasi ini gratis!

Ada banyak fitur keren yang bisa kamu manfaatkan, jadi kamu bisa bikin karya berkualitas tinggi. Selain itu, aplikasi ini juga mendukung berbagai format video seperti DVD, ASF, MP4, AVI, dan lainnya.

8. Menggunakan Aplikasi Lightworks

Pertama, untuk cara edit video di laptop, kamu bisa mencoba aplikasi Lightworks. Aplikasi ini sangat cocok buat kamu yang pemula dalam dunia edit video. Fiturnya mudah dipelajari, dan hasil editannya terlihat profesional. Yang lebih bagus lagi, aplikasi ini tidak akan menghabiskan terlalu banyak penyimpanan di laptopmu.

9. Menggunakan Aplikasi Final Cut Pro

Selanjutnya, ada aplikasi Final Cut Pro. Di sini, kamu bisa menemukan banyak alat yang berguna untuk mengedit video, khususnya video singkat. Kamu juga bisa dengan mudah menyimpan file hasil editing tanpa perlu khawatir tentang ruang penyimpanan.

10. Menggunakan Aplikasi HitFilm Express

Selain mengedit video, kamu juga bisa menggabungkan dua video berbeda dengan aplikasi HitFilm Express. Kamu bisa mengatur kualitas gambar hingga FHD, yang pasti akan membuat hasilnya memuaskan. Cara edit video di laptop dengan aplikasi ini juga sangat cocok untuk pemula!

11. Menggunakan Aplikasi HitPaw

Terakhir, ada aplikasi HitPaw yang sudah banyak digunakan dengan fitur terbaik dan hasil editing berkualitas tinggi. Bahkan, ada versi gratisnya agar kamu bisa melakukan editing dengan mudah.

Nah, itulah beberapa cara edit video di laptop dengan mudah, dengan fitur terbaik, dan hasil editing yang memuaskan. Selain itu, kamu juga bisa mencoba cara edit video di laptop tanpa aplikasi dengan menggunakan fitur editing video dari Windows.

Kesimpulan

Kesimpulan dari artikel ini adalah bahwa ada banyak pilihan aplikasi untuk mengedit video di laptop, dan banyak dari mereka cocok untuk pemula. Aplikasi seperti Lightworks, Final Cut Pro, HitFilm Express, dan HitPaw menawarkan berbagai fitur dan alat yang memudahkan dalam proses editing video. Hasil editannya juga dapat terlihat profesional tanpa membebani kapasitas penyimpanan laptopmu.

Selain itu, ada juga pilihan untuk melakukan editing video tanpa aplikasi tambahan dengan memanfaatkan fitur bawaan pada sistem operasi Windows. Semua ini memberikan kemudahan bagi content creator dan editor pemula untuk menghasilkan karya-karya berkualitas tinggi. Jadi, kamu bisa memilih aplikasi yang paling sesuai dengan kebutuhanmu dan mulai mengasah keterampilan editing video di laptopmu. Selamat mencoba!

FAQ

Apa yang Dibutuhkan untuk Memulai Mengedit Video di Laptop?

Biasanya, kamu hanya memerlukan laptop atau komputer dengan spesifikasi yang cukup baik, serta aplikasi pengeditan video yang sesuai.

Apa Aplikasi Pengeditan Video Terbaik untuk Pemula?

Ada banyak pilihan, termasuk Lightworks, Final Cut Pro, HitFilm Express, dan lainnya. Pilihan terbaik tergantung pada preferensi dan kebutuhan individumu.

Apakah Semua Aplikasi Pengeditan Video Memerlukan Pembayaran?

Tidak, ada aplikasi pengeditan video yang gratis seperti HitFilm Express dan Avidemux. Namun, beberapa aplikasi berbayar biasanya menawarkan lebih banyak fitur.

Tinggalkan komentar