Cara Melihat Tipe Laptop dan Spesifikasinya

Pada era digitalisasi ini banyak yang sudah berkembang, selain smartphone yang terus menerus mengalami perkembang, laptop juga ikut mengalami perkembangan. Bahkan juga sudah menjadi kebutuhan bagi sebagian orang karena bisa dibawa kemana mana. Banyak sebagian orang menggunakan laptop untuk membuat atau bahkan mengedit sesuatu entah itu berupa tulisan, gambar ataupun dalam bentuk vidio. Jika kalian mengedit vidio atau gambar yang membutuhkan spesifikasi ram yang cukup tinggi maka kalian harus melihat tipe laptop yang kalian gunakan. Jika kalian belum mengetahuinya saya akan memberikan tutorial mengenai cara melihat tipe laptop.

Pentingnya Mengetahui Tipe Laptop

Pada beberapa kondisi kalian harus mengetahui tipe atau spesifikasi laptop yang kalian gunakan, kenapa seperti itu? Karena jika kalian belum mengetahui tipe atau spesifikasi laptop yang kalian gunakan tetapi sudah digunakan untuk mengedit vidio dan mendesain padahal tipe atau spesifikasi yang kalian gunakan tidak memuungkinkan untuk digunakan maka akan berat untuk digunakan.

Berikut ini, pentingnya kalian mengetahui tipe atau spesifikasi laptop yang kalian gunakan :

  1. Supaya kalian mudah untuk menginstall driver yang cocok dengan laptop kalian
  2. Supaya lebih mudah untuk melakukan perawatan jika laptop mengalami kerusakan
  3. Supaya lebih mudah untuk mencari hardware atau aksesoris yang cocok
  4. Jika kalian ingin menggunakan untuk edit vidio ataupun edit gambar maka kalian harus mengetahui tipe atau spesifikasinya laptop terlebih dahulu.

Jika kalian mengalami masalah laptop lemot kalian bisa membaca artikel yang sudah saya buat.

Cara Melihat Tipe dan Spesifikasi Laptop atau Komputer

Kali ini saya akan memberikan beberapa cara yang bisa digunakan dalam melihat tipe laptop.berikut ini caranya:

1.Melalui BIOS

Untuk cara yang pertama, melihat tipe laptop dengan masuk ke bios. Bios sendiri merupakan sistem yang terlebih dulu dibuat oleh para produsen laptop itu sendiri.

Bagaimana untuk masuk ke bios? Sebenarnya jika kalian menghidupkan laptop dan muncul logo atau merek itu yang disebut dengan bios. Untuk masuk ke bios kalian tinggal tekan tombol F1/ F2/ F8/ F11/ F12/ Del/ Esc pada saat muncul merek atau logo. Banyak sekalian tombol yang bisa kalian gunakan untuk bisa masuk ke bios tergantung merk dari laptop.

Setelah masuk ke bios kalian hanya perlu mencari menu Sistem Informasi atau sejenisnya, di dalam menu itu kalian bisa mengetahui tipe dan spesifikasinya laptop kalian.

2. Melihat Dus Laptop

Pada cara yang kedua, jika kalian membeli laptop baru atau membeli ke tempat yang resmi maka kalian akan mendapatkan dusnya. Nah pada dus itu biasanya terdapat merk dan tipe serta spesifikasi laptop. Banyak sekalian orang orang yang tidak melakukan hal ini untuk melihat spesifikasi laptopnya.

3. Melalui DXDIAG

Pada cara ketiga ini saya akan memberikan cara melihat tipe laptop dengan DXDIAG. DXDIAG adalah sebuah aplikasi yang bisa digunakan untuk melihat tipe dan spesifikasi laptop atau pun komputer. Selain tipe dan spesifikasi laptop kalian juga bisa melihat merk dari laptop yang kalian gunakan.

Berikut ini cara yang bisa digunakan untuk melihat tipe dan merk ataupun spesifikasi laptop melalui DXDIAG:

Melalui DXDIAG
  • Kalian Buka dan Hidupkan Laptop
  • Kalian bisa menggunakan menu Start lalu cari aplikasi RAN kemudian masuk ke RAN
  • Atau juga kalian bisa menggunakan cara pintas Windows + R
  • Kemudian ketik DXDIAG
  • Lalu kalian pilih sytem manufacture dan sytem model dan kalian bisa melihat tipe, merk dan spesifikasi laptop

4. Lewat System Information

Untuk yang terakhir saya akan memberikan caranya melalui sistem informasi yang ada di laptop atau komputer. Pada dasarnya cara ini sama saja dengan yang dihasilkan DXDIAG. Berikut ini cara yang bisa kalian gunakan.

Lewat System Information
  • Buka dan Hidupkan Laptop
  • Klik start kemudian klik Control Panel
  • Lalu cari dan pilih Sytem and Security
  • Kalian bisa melihat tipe, merk dan spesifikasi laptop.

Itulah tadi beberapa cara yang bisa kalian lakukan dalam melihat tipe, merk dan spesifikasi laptop. Kalian bisa memilih cara melihat tipe laptop yang pilih mudah untuk digunakan. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment