Daftar 6 Aplikasi Perekam Layar PC

Aplikasi Perekam Layar PC. Ingin mengabadikan momen atau kegiatan yang dilakukan di PC dan laptop? Kamu bisa menggunakan aplikasi perekam layar PC dengan fitur terbaik agar hasilnya optimal. Sering kali terlupakan untuk diinstall pada laptop atau pc sebagian pengguna komputer.

Aplikasi ini sangat dibutuhkan pada beberapa kesempatan, Seperti saat membuat video rekaman, Video Tutorial, Konten, Presentasi, Dll. Kamu pasti membutuhkan software screen recorder untuk melakukan itu. Fitur Picture in Picture memungkinkan untuk menampilkan gambar di dalam gambar lainnya. Tergantung bagaimana pemakaiannya, bisa digunakanan untuk membuat tampilan lebih menarik lagi.

Saat ini banyak sekali Aplikasi Perekam Layar yang dapat kamu gunakan, Mulai dari yang berbayar dan gratis, Tapi tenang, biar kamu gak bingung milih aplikasi mana yang cocok, IDPintar akan bantu merekomendasikan beberapa Aplikasi Perekam Layar PC & Laptop. Selain itu, aplikasi ini juga punya fitur untuk melakukan pengeditan video dan tersedia beragam template yang bisa kalian aplikasikan langsung kedalam video yang kalian buat.

Oleh karena itu, berikut ulasan lengkap mengenai daftar Aplikasi Perekam Layar PC terbaik yang bisa dipilih untuk memenuhi kebutuhan multimedia kamu :

 

1. Camtasia

Camtasia adalah Aplikasi Perekam Layar PC gratis yang bisa kalian gunakan untuk merekam aktifitas di layar monitor pc/laptop kalian, seperti saat meeting, menonton film dll.

Selain itu, aplikasi Camtasia ini juga punya fitur untuk melakukan pengeditan video dan tersedia beragam template yang bisa kalian aplikasikan langsung kedalam video yang kalian buat.

Aplikasi Perekam Layar PC sangat ringan untuk membantu kalian dalam perekaman layar!

2. Bandicam

Aplikasi Perekam Layar PC Bandicam hanya dapat digunakan pada perangkat Operasi Windows saja. Kelebihan Bandicam dari aplikasi perekam lainnya adalah kualitas rekaman video yang dihasilkan.

Bandicam mampu menghasilkan video berkualitas tinggi hingga 4K UltraHD. Format file video hasil rekaman Bandicam ini adalah AVI atau MP4.

3. CamStudio

CamStudio adalah pilihan yang baik untuk pengguna yang hanya sesekali merekam layar dengan kebutuhan pengeditan yang simpel. Ini adalah Aplikasi Perekaman Layar PC yang ringan dan membuat video dalam format AVI kemudian bisa dikonversi ke SWF.

4. Share X

Aplikasi Perekam Layar PC atau laptop berikutnya ada ShareX yang merupakan aplikasi open source alias free. Tidak ada watermark dan batasan perekaman dalam aplikasi ini. Selain pula ringan dan cocok untuk spek perangkat kelas bawah.

Kekurangan dari ShareX terletak pada user interface nya yang agak sulit dimengerti. Namun jika sudah terbiasa, ternyata mudah, kok, menggunakan aplikasi ShareX. Kemudian, berhubung aplikasi ini gratis dan super ringan, saya tidak menyarankan menggunakan ShareX untuk merekam game. Sangat sulit nanti aplikasinya.

5. OBS (Open Broadcaster Software)

OBS Studio adalah perangkat lunak perekam layar pc/laptop tanpa watermark untuk digunakan dalam sesi streaming. Cocok banget buat para gamer. Kalian dapat membuat adegan yang disusun dengan berbagai sumber, seperti gambar, teks, tangkapan jendela, jendela browser, webcam, kartu pengambilan, dan banyak lagi, dengan pengeditan yang banyak fiturnya seperti transisi khusus.

Tidak seperti banyak pesaing gratis lainnya, OBS Studio mengemas banyak fitur dan pengaturan. Namun apa yang ada pada aplikasi ini akan terlihat berlebihan dan rumit bagi mereka yang mencari cara tercepat dan termudah untuk merekam video.

6. Apowersoft Free Online Screen Recorder

Apowersoft adalah Aplikasi Perekam Layar PC yang bisa digunakan melalui chrome Windows, macOS, dan Linux. Kelebihan Aplikasi Perekam Layar PC ini adalah tidak ada batasan waktu merekam maupun watermark, dan kamu juga bisa merekam menggunakan webcam.
Kamu juga bisa memilih apakah kursor ingin terlihat ketika merekam atau tidak, serta menyimpan file dalam bentuk video maupun GIF.
Untuk aplikasi ini bisa didapatkan seraca gratis, fitur yang ditawarkan Apowersoft cukup menarik bukan kah?
Meskipun begitu, Aplikasi Perekam Layar PC ini kurang cocok digunakan untuk merekam layar ketika sedang bermain game.

Tinggalkan komentar