Cara Membuat Akun YouTube

Cara membuat akun youtube hal yang akan kita bahas pada konten ini. Meski sudah banyak yang menjelaskannya, tetapi nyatanya masih banyak jua yang belum bisa menerapkannya dengan benar. Untuk itu, konten ini insyaallah bisa memberi jawaban apa yang menjadi kebingungan anda selama ini dalam membuat akun youtube ataupun ketika mempromosikannya.

YouTube menjadi salah satu media yang dikenal bisa membuat anda mendapatkan uang dari internet. Sudah banyak bukti yang menandakan bahwa menjadi youtuber merupakan sebuah pekerjaan yang sangat menjanjikan. Attachment Halilintar, Ria Ricis, Raditya Dika adalah sebagian kecil bukti para youtuber berpenghasilan di negeri ini. Untuk mewujudkannya, tentu anda harus membuat channel youtube terlebih dahulu. Bagaimana caranya?

Cara Membuat Akun YouTube

Untuk membuat akun youtube, syaratnya sangat mudah. Anda cukup memiliki email dan akun google. Bila anda belum memilikinya, maka silakan membuat email baru terlebih dahulu. Jika surel sudah anda miliki maka secara otomatis anda sudah punya akun google sekaligus akun youtube. Hanya saja, channel youtube belum anda miliki. Untuk bisa mempunyai channel tersebut, anda bisa melakukan tutorial berikut ini :

  1. Pertama masuk ke akun YouTube anda terlebih dahulu. Sejatinya di sini, anda sudah punya nama channel namun masih dengan nama sesuai dengan akun google.
  2. Klik ikon channel yang ada di pojok kanan atas. Selanjutnya klik icon gear yang ada di samping yang ada di icon profil anda.
  3. Pada bagian dashboard, klik “buat channel baru”.
  4. Selanjutnya Atur nama channel anda sesuai keinginan. Sampai di sini, anda telah resmi memiliki channel youtube.
  5. Agar semakin sempurna, jangan lupa tambahkan foto profil, foto sampul, dan juga deskripsinya agar channel anda semakin menarik di mata penonton.

Cara Membuat Channel Menjadi dikenal

Setelah channel sudah dimiliki, apa yang seharusnya dilakukan? Tentu saja mengupload video yang benar-benar berkualitas. Hal ini sebagai salah satu cara membuat channel anda dikenali oleh banyak orang. Selain itu, ada banyak hal lain yang bisa anda lakukan untuk memperbanyak subscriber ataupun jam tayang video yang anda miliki, yaitu sebagai berikut

1.Upload Video Berkualitas

Ini merupakan cara utama yang bisa anda lakukan untuk membuat channel anda bisa disukai oleh banyak orang. Silakan buat video semenarik mungkin dan tentu saja bermanfaat bagi banyak orang. Stop melakukan reupload karena hal itu justru akan merugikan anda sendiri sebagai seorang content creator.

Bagaimana mengukur sebuah video dianggap bagus atau tidak bagus? Anda bisa melihatnya dari durasi penayangan video tersebut. Jika makin lama, maka menandakan video tersebut dianggap bagus dan tidak membosankan untuk dilihat. So seiring dengan meningkatnya kreativitas anda dalam membuat video, hal itu bakal berbanding lurus dengan hasil yang akan anda dapatkan.

2. Promosikan Video Anda

Membuat video berkualitas itu memang bagus, namun bila tidak dipromosikan tentu hal tersebut akan sia-sia. Tidak ada yang tau tentang video anda dan tak ada yang tau tentang keahlian anda dalam membuat dan mengedit sebuah video. Ada banyak media yang dapat digunakan untuk mempromosikan channel ataupun video YouTube seperti Facebook, Twitter, ataupun instagram. Jangan lupa untuk gunakan hastag agar postingan anda bisa menjangkau lebih banyak orang.

3.SEO Youtube

Promosi terus menerus tentu membuat anda merasa lelah bukan? Untuk mempopulerkan sebuah video ataupun channel masih ada cara alternatif yaitu dengan teknik SEO atau Search Engine Optimization. Adapun maksud dari teknik ini adalah mengupayakan agar video dan atau channel youtube yang kita miliki bisa tampil di halaman pertama mesin pencari youtube.

Jelas hal ini dapat menguntungkan bagi siapapun yang memiliki video page one. Tak perlu capek-capek promosi ataupun melakukan teknik marketing lainnya, penonton dan subscriber bisa datang dengan sendirinya. Namun, melakukan teknik SEO memerlukan waktu yang tidak sebentar. Terlebih lagi jika anda masih seorang pemula, belajar seo sangat membutuhkan waktu. Namun proses panjang itu insyaallah dapat membuahkan hasil yang maksimal. Anda bisa memadukan kedua trik tersebut (SEO dan promosi) guna meningkatkan jumlah subscriber.

4.Beriklan

Bila anda mempunyai uang lebih, tidak ada salahnya jika anda mencoba mengiklankan video anda di berbagai platform seperti google ads, facebook ads, Instagram ads, ataupun YouTube ads. Soal biaya, bisa anda atur sendiri sesuai dengan jangkauan yang akan anda targetkan. Semakin luas jangkauannya, tentu harganya akan semakin mahal. Tetapi lebih berpeluang untuk mendatangkan lebih banyak subscribers.

Bagaimana? Sekarang sudah paham kan bagaimana cara membuat akun youtube dan mempromosikannya? Dengan melakukan tips-tips di atas insyaallah keinginan anda menjadi YouTuber populer di tanah air bisa terwujud. Jangan lupa tetap utamakan kualitas video di atas yang lainnya. Sekian dan semoga bermanfaat!

Leave a Comment