10+ Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Yang Tidak Berfungsi

10 Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Yang Tidak Berfungsi – Laptop adalah teman baikmu dalam berbagai aktivitas sehari-hari seperti bekerja, belajar, dan bersenang-senang. Laptop yang praktis ini dapat dibawa ke mana-mana, dan banyak orang lebih suka menggunakan laptop daripada komputer pribadi karena tetap dapat merasakan manfaat yang sama.

Tetapi, laptop adalah kumpulan berbagai komponen yang saling terkait. Jadi, ketika salah satu bagian mengalami kerusakan, banyak orang cenderung membeli laptop baru atau mengirimnya untuk diperbaiki.

Salah satu bagian laptop yang sering bermasalah adalah keyboard, baik itu rusak sebagian atau sepenuhnya. Ketika ini terjadi, manfaat laptop pasti akan berkurang karena kamu tidak dapat mengetik dan aktivitasmu sehari-hari terganggu.

Tapi, jangan khawatir. Sebelum membawanya ke tempat service, ada beberapa langkah yang bisa kamu coba sendiri untuk memperbaiki keyboard laptop yang rusak. Tidak terlalu sulit, dan semua orang pasti bisa melakukannya tanpa membuat masalah semakin parah. Mari kita lihat Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Yang Tidak Berfungsi.

10+ Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Yang Tidak Berfungsi
10+ Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Yang Tidak Berfungsi

1. Cek Fungsi Num Lock

Kamu perlu memeriksa tombol Num Lock di keyboardmu. Kadang-kadang, tanpa disadari, tombol ini bisa membuat sebagian keyboard berubah menjadi angka.

Biasanya, saat Num Lock aktif, beberapa tombol di keyboard tidak berfungsi seperti biasa. Untuk mematikannya, kamu cukup menekan tombol Fn dan Num Lock secara bersamaan. Ini hanya terjadi pada beberapa jenis laptop, jadi tidak semua laptop memiliki masalah ini.

2. Restart Laptop

Jika kamu masih mengalami masalah dengan keyboard laptopmu setelah memeriksa langkah sebelumnya, cobalah merestart laptopmu. Ini adalah solusi yang umum dan sederhana untuk mengatasi berbagai masalah perangkat.

Cukup matikan laptop dan nyalakan kembali. Jika itu tidak berhasil, kamu bisa mencoba mematikan laptop secara paksa dengan menekan tombol power dan menahannya beberapa detik.

3. Jalankan System Restore

Jika langkah-langkah sebelumnya belum membantu, kamu bisa mencoba Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Yang Tidak Berfungsi berikutnya, yaitu melakukan perintah system restore. Caranya cukup mudah, terutama jika kamu menggunakan Windows 10.

Pertama, buka Menu Start, lalu ketik “Recovery” dan pilih “Configure System Restore”. Kamu akan dibimbing untuk melakukan langkah-langkah selanjutnya.

4. Lakukan Perbaikan pada Driver Keyboard

Kamu harus tahu bahwa masalah keyboard laptop yang tidak berfungsi dengan baik bisa disebabkan oleh error pada driver-nya. Penyebabnya bisa bermacam-macam, seperti virus atau masalah pada software dan aplikasi tertentu.

Untuk memperbaikinya, kamu perlu memeriksa Device Manager untuk bagian keyboard. Jika kamu melihat tanda segitiga berwarna kuning, itu berarti driver keyboard sedang mengalami masalah. Solusinya adalah dengan mengunduh dan menginstal driver baru dari situs resmi merek laptopmu untuk mengatasi masalah ini.

5. Cek Pengaturan pada Keyboard

Kamu mungkin pernah mengalami masalah dengan keyboard laptop, seperti munculnya huruf tanpa kamu ketik atau jumlah huruf yang tidak sesuai dengan yang kamu tekan pada tombol keyboard. Untuk mengatasi masalah ini, kamu bisa mengecek pengaturan keyboardmu.

Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Yang Tidak Berfungsi sangat mudah, cukup pergi ke Menu Start dan pilih Control Panel. Selanjutnya, klik Ease of Access, dan pilih Make the keyboard easier to use. Kemudian, klik setup filter key, dan pastikan semua opsi sudah di-uncheck (tidak ada yang dicentang).

6. Ubah Layout Keyboard

Jika semua langkah sebelumnya tidak berhasil mengatasi masalah, kemungkinan penyebabnya adalah layout keyboard yang salah. Saat layout tidak cocok, beberapa tombol keyboard mungkin tidak berfungsi seperti seharusnya atau huruf yang muncul di layar tidak sesuai dengan yang kamu tekan pada keyboard.

Untuk mengatasi ini, buka Menu Start, ketik “Language” dalam kotak pencarian, pilih bahasa yang ingin kamu gunakan, klik Options, dan pastikan bahwa pilihan yang terlihat adalah “US QWERTY”.

7. Bersihkan Laptop dari Debu dan Remah Makanan

Salah satu masalah umum yang sering kamu temui pada keyboard laptop adalah beberapa tombol yang tidak berfungsi. Biasanya, hal ini disebabkan oleh debu atau sisa makanan yang masuk ke celah-celah keyboard. Akibatnya, tombol-tombol tersebut jadi sulit ditekan dan tidak responsif.

Untuk mengatasi masalah ini, kamu perlu membersihkan bagian keyboard laptop. Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Yang Tidak Berfungsi cukup sederhana. Pastikan laptop sudah dimatikan, kemudian miringkan laptop sekitar 90 derajat dan goyangkan sedikit agar kotoran lebih mudah keluar.

8. Perbaiki Konektor yang Tidak Terpasang Sempurna

Masalah lain yang mungkin membuat keyboard laptopmu tidak berfungsi dengan baik adalah konektor yang tidak terpasang dengan sempurna atau longgar. Hal ini bisa menyebabkan masalah pada keyboardmu. Untuk memeriksa ini, kamu bisa mencoba membuka keyboard laptop sendiri dengan mengikuti tutorial video di YouTube atau meminta bantuan seseorang yang lebih berpengalaman untuk memasang ulang konektornya.

9. Lepas-Pasang Baterai

Kamu tahu, melakukan reset pada laptop bisa menjadi solusi ampuh untuk mengatasi berbagai masalah, termasuk keyboard yang tidak berfungsi dengan baik. Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Yang Tidak Berfungsi cukup sederhana: matikan laptopmu dan lepas baterai serta adaptornya. Kemudian, beri sedikit waktu.

Selama baterai terlepas, tekan tombol power selama satu menit, lalu pasang kembali baterai dan hidupkan laptop. Semoga trik ini membantu mengatasi masalah keyboard laptop yang bermasalah dan membuatnya berfungsi normal lagi.

10. Ganti Keyboard Bawaannya

Jika semua upaya sebelumnya tidak berhasil menyelesaikan masalah, langkah terakhir yang bisa kamu lakukan adalah mengganti keyboard bawaan laptopmu. Kamu bisa membelinya dengan mudah di toko online atau mengunjungi tempat service laptop yang cocok dengan merek dan tipe laptopmu. Untuk menggantinya sendiri, kamu bisa mencari tutorial di internet, seperti di YouTube atau situs-situs yang membahas komputer sebagai panduan.

11. Gunakan Keyboard On-Screen

Bagaimana jika keyboard laptopmu masih bermasalah tapi kamu tetap butuh untuk mengetik? Untuk sementara waktu, kamu bisa memanfaatkan fitur keyboard on-screen yang biasanya tersedia di hampir semua jenis laptop. Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Yang Tidak Berfungsi sangat mudah, cukup ikuti langkah-langkah ini:

1. Pergi ke Menu Start.
2. Pilih Program.
3. Klik Accessories.
4. Selanjutnya, cari dan klik Accessibility.
5. Akhirnya, klik On-Screen Keyboard.

Setelah mengaktifkan fitur ini, tampilan keyboard akan muncul di layar laptopmu. Kamu bisa mengetik dengan mengklik tombol-tombolnya menggunakan mouse atau touchpad.

12. Pasang Keyboard Eksternal

Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Yang Tidak Berfungsi lain yang cukup efektif untuk mengatasi masalah keyboard laptop adalah dengan memasang keyboard eksternal. Kamu bisa memilih keyboard eksternal nirkabel atau yang menggunakan koneksi USB. Metode ini dianggap paling praktis untuk mengatasi masalah keyboard laptop yang sudah tidak berfungsi dengan baik.

Dengan kata lain, kamu masih dapat menggunakan laptopmu seperti biasa, tetapi dengan tambahan keyboard eksternal, mirip dengan cara penggunaan komputer biasa. Ini berarti kamu perlu membawa laptop dan keyboard eksternal saat kamu bepergian.

 

Tinggalkan komentar