3 Cara Memasang Driver di Laptop Dengan Mudah

Cara Memasang Driver di Laptop Dengan MudahDriver menjadi salah satu hal yang paling penting dalam sebuah komputer termasuk juga laptop, supaya bisa bekerja dengan baik. Cara memasang driver di laptop sendiri tidak bisa sembarangan, karena driver merupakan bagian penting dari software yang ada di laptop. Bila terjadi kesalahan pada proses install atau terjadi eror pada driver, kemungkinan beberapa fungsi dari laptop tidak bisa berjalan dengan baik.

Proses pemasangan driver sendiri tidak semudah memasang aplikasi pada smartphone android, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Meskipun demikian cara yang tersedia untuk melakukan pemasangan driver sendiri ada beberapa pilihan, kalian bisa memilih yang paling mudah. Tapi cara yang mudah itu biasanya membutuhkan koneksi internet, supaya bisa mencari file driver yang akan dipasang.

Cara Memasang Driver di Laptop Dengan Mudah
Cara Memasang Driver di Laptop Dengan Mudah

Kegunaan Driver di Laptop

Driver di laptop itu adalah sebuah sistem yang digunakan pada sistem operasi Windows untuk bisa mengoperasikan hardware di laptop. Padahal hardware yang ada di laptop itu cukup banyak lho, mulai dari yang bisa kita lihat sampai yang tidak bisa kita lihat. Jadi bila driver tidak terpasang, maka semua hardware yang ada di laptop itu tidak akan bisa dipergunakan dengan baik.

Hardware yang bisa kita lihat itu ada beberapa seperti misalnya monitor, keyboard, slot USB, dan masih banyak lagi yang lainnya. Selain itu ada juga hardware yang mungkin tidak bisa kita lihat karena berada di dalam laptop seperti Wifi, Bluetooth, dan masih ada banyak lagi yang lainnya. Jadi driver ini adalah program yang mendukung software untuk mendeteksi dan mengoperasikan hardware di laptop.

Cara memasang driver di laptop pun harus dikuasai, supaya bila mungkin ada driver yang eror atau rusak kalian bisa memasang yang baru. Biasanya driver itu sudah termasuk dalam pembelian laptop, tapi bisa saja bila kalian beli laptop bekas itu belum ada driver yang terpasang. Jadi tentunya kalian perlu tahu cara pasangnya, supaya kalian bisa menggunakan laptop tersebut secara maksimal.

Tips Memasang Driver di Laptop

Cara memasang driver di laptop Asus dan juga brand lainnya itu sebenarnya sama, tapi memang ada beberapa poin yang harus diperhatikan. Banyak sekali orang yang melakukan kesalahan dan juga terhambat dalam install driver karena tidak tahu beberapa poin penting. Berikut ini kami akan bagikan tips dalam memasang driver di laptop brand apa pun juga.

1.     Sesuaikan Dengan Brand Laptop

Tips yang paling pertama dan menjadi poin yang paling penting yakni kalian harus sesuaikan file driver dengan brand laptop yang digunakan. Jadi kalian cari dulu driver sesuai dengan brand laptop yang kalian punya barulah kalian bisa terapkan cara memasang driver di laptop. Jadi setiap brand laptop itu memiliki file driver masing-masing, kalian harus menyesuaikan dengan brand laptop tersebut.

2.     Pastikan Koneksi Internet Berkualitas Baik

Tips yang kedua dalam cara memasang driver di laptop Acer adalah memastikan koneksi internet yang digunakan berkualitas. Terkadang kita harus mencari driver di internet baik itu secara manual atau secara otomatis, jadi koneksi internet itu penting.

3.     Pastikan Baterai Laptop Penuh

Tips yang ketiga yakni pastikan pada saat memasang driver itu baterai laptop dalam kondisi penuh atau paling tidak cukup banyak. Laptop menggunakan baterai dan pada saat baterai habis, maka sudah pasti laptop akan mati dan kemudian proses install akan terganggu. Bisa saja gangguan pada proses install ini malah akan merusak sistem driver dan membuat kalian lebih repot lagi.

4.     Pastikan Semua Driver Sudah Tersedia

Tips yang keempat itu kalian perlu memastikan kalau semua file driver yang dibutuhkan itu sudah kalian siapkan, sehingga tidak ada satu fungsi yang terganggu. Setiap hardware yang terpasang pada laptop membutuhkan driver, jadi kalian perlu pastikan semua sudah lengkap.

Pastikan kalian perhatikan semua poin di atas ketika menerapkan cara memasang driver di laptop.

Pilihan Cara Memasang Driver Untuk Laptop

Bila kalian membutuhkan memasang driver pada laptop, maka kalian memiliki beberapa pilihan cara yang bisa dipergunakan. Kalian bisa menggunakan salah satu caranya untuk memasang driver di laptop kalian sesuai kondisi kalian dalam pemasangan driver. Berikut ini kami akan jelaskan beberapa pilihan cara pemasangan driver di laptop yang kalian miliki.

1.     Memasang Driver Secara Manual

Pilihan cara pertama yang bisa kalian pakai untuk memasang driver itu adalah dengan menggunakan cara manual. Cara manual itu sebenarnya memang lebih rumit, karena memang membutuhkan langkah yang baik dan benar. Berikut ini kami akan coba jelaskan beberapa langkah dari cara memasang driver di laptop Lenovo dengan cara manual.

  1. Langkah yang paling pertama itu kalian perlu sekali untuk mencari file driver yang akan kalian pasang terlebih dahulu. Cara untuk mencari software driver sebenarnya ada beberapa pilihan cara, berikut ini kami akan jelaskan pilihan caranya.
  • Cara yang pertama tentu saja kalian bisa download software dari driver yang kalian butuhkan. Tapi pastikan kalian perlu untuk mencari driver yang sesuai dengan brand laptop yang akan kalian install untuk cara memasang driver di laptop.
  • Cara kedua dengan mencari software ke teman kalian yang mungkin memiliki software driver sesuai brand laptop yang kalian miliki.
  1. Langkah yang kedua yakni kalian membuka device manager dengan cara klik start Windows dan cari device manager.
  2. Setelah sudah masuk ke device manager dan kemudian kalian pilih driver yang akan diinstal kemudian klik kanan.
  3. Langkah berikutnya yakni memilih update driver dan kemudian kalian pilih browse my computer for driver software.
  4. Kalian cari software driver yang sudah kalian siapkan, dan kemudian proses install driver akan berjalan.

2.     Memasang Driver Dengan Update Otomatis

Pilihan cara kedua yakni dengan menggunakan update otomatis, caranya pun lebih mudah dan juga simpel. Kalian hanya perlu koneksi internet, karena nanti akan langsung dicari dan juga download software driver. Berikut ini langkahnya.

  1. Langkah pertama buka device manager dan pilih driver yang akan diinstal
  2. Langkah kedua yakni klik kanan dan kemudian update driver dan pilih update otomatis
  3. Langkah ketiga tinggal tunggu saja sampai prosesnya selesai.

3.     Menggunakan CD Driver

Pilihan cara ketiga yakni kalian bisa menggunakan CD Driver yang biasanya disediakan pada saat pembelian laptop. Berikut ini kami akan jelaskan langkah untuk install dengan CD driver.

  1. Langkah pertama sudah pasti kalian masukkan dulu CD driver yang sesuai dengan brand laptop
  2. Langkah kedua kalian tinggal install saja semua driver yang ada pada CD Driver
  3. Tunggu sampai proses install selesai.

Demikianlah beberapa cara memasang driver di laptop. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar