Pengertian Internet dan Intranet Serta Perbedannya

Dizaman yang sudah maju ini keberadaan teknologi sudah dianggap sebagai kebutuhan. Bahkan dengan adanya teknologi kalian bisa melakukan apa saja dengan menggunakan satu klik saja misalnya berbelanja. Kita tidak perlu lagi pergi ke toko atau ke pasar untuk berbelanja, contohnya lagi melakukan transfer uang menggunakan smartphone, kalian tidak perlu lagi datang ke bank atau ke ATM untuk melakukan transfer uang. Tetapi semua itu tidak akan terjadi jika tidak ada jaringan internet karena semua yang kalian lakukan di atas harus menggunakan jaringan internet. Lalu apa pengertian internet dan intranet? Disini saya akan mencoba menjabarkan pengertiannya.

Sejarah internet dan intranet

Apakah sama sejarah internet dan intranet? Mau tau jawabannya? Berikut ini jawabannya. Menurut id.wikipedia.org internet merupakan jaringan komputer yang dibuat atau dibentuk oleh departemen amerika serikat pada tahun 1969, melalui proyek lembaga ARPA yang mengembangkan jaringan yang dinamakan ARPANET (Advanced Research Project Agency Network), di mana mereka mendemonstrasikan bagaimana dengan hardware dan software komputer yang berbasis UNIX. sedangkan tujuan dibuatnya jaringan komputer itu hanya untuk keperluan militer.

Sedangkan sejarang internet di indonesia dimulai pada tahun 1990 dengan nama paguyuban internet. Kenapa disebut paguyuban karena dilandasi semangat gotong royong atau kerjasama.

Pengertian Internet dan intranet

Pengertian internet

Secara garis besar jaringan internet adalah jaringan yang menghubungkan perangkat komputer (server, komputer, laptop, smartphone dll) di seluruh dunia sehingga antara perangkat bisa saling berkomunikasi meskipun dalam jangkauan yang jauh.

Pengertian intranet

Sedangkan pengertian intranet adalah jaringan pribadi yang menggunakan protokol internet TCP/IP untuk berbagi informasi dengan ruang lingkup yang kecil misalnya di perusahaan atau kantor, sekolah dan lain lain.

Perbedaan internet dan intranet

Dari pengertian diatas bahwa memang ada perbedaan dan persamaan untuk lebih jelasnya berikut ini penjabarannya.

Internet

  1. Jaringan yang memiliki jangkauan yang sangat luas bahkan seluruh dunia.
  2. Jaringan internet bisa atau dapat diakses kapan saja dan dimana saja,
  3. Jaringan internet menggunakan ip public
  4. Bisa mengakses informasi di seluruh penjuru dunia
  5. Jaringan internet memiliki perkembangan yang sangat pesat
  6. Jika ingin terkoneksi dengan internet maka harus berlangganan ISP

Intranet

  1. Cakupan jangkauan yang kecil atau wilayah tertentu
  2. Jaringan intranet menggunakan IP Private
  3. Hanya digunakan di perkantoran, sekolahan, universitas dan lain sebagainya.
  4. Akses informasi terbatas
  5. Pada jaringan ini tidak perlu mendaftar karena dibuat sendiri.

Itulah tadi pengertian internet dan intranet, sejarah internet dan juga perbedaan internet dan intranet. Semoga mudah untuk dipahami dan jika ada yang salah mohon untuk dikoreksi.

Leave a Comment