Cara Transaksi di Tokopedia

Bagi kamu yang baru pertama kali menggunakan layanan e-commerce, mungkin bakal bertanya-tanya bagaimana cara transaksi di Tokopedia . Pada postingan-postingan sebelumnya, saya sudah membuat tutorial bagaimana cara membuat akun dan mengisi saldo Tokopedia dan juga berbelanja di tokopedia Bila ketiga hal tersebut sudah kamu lakukan maka secara otomatis sudah bisa melakukan beragam transaksi di Tokopedia.

Prosesnya sangat mudah dan bisa dikatakan lumayan cepat. Cukup bermodalkan smartphone saja, kamu sudah bisa berbelanja atau bertransaksi di marketplace Tokopedia. Bagaimanakah caranya?

Cara Transaksi di Tokopedia

Ada beberapa langkah-langkah atau tahapan yang perlu kamu lakukan. Nah, berikut ini cara belanja di Tokopedia dengan menggunakan smartphone, laptop, ataupun komputer :

Cari dan Pilih Produk Terlebih Dahulu

Tahap pertama sebelum menyelesaikan keseluruhan proses belanja di Tokopedia adalah dengan memilah milih terlebih dahulu produk yang ingin dibeli. Pencarian produk bisa dilakukan dengan memanfaatkan fitur search atau dengan memanfaatkan fitur kategori yang juga tersedia di Tokopedia. Ada banyak ketegori produk yang bisa kamu beli antara lain yaitu : fashion, elektronik, kesehatan, kecantikan, dan masih banyak lagi yang lainnya. Semua tersedia lengkap hanya di Tokopedia.

Masuk ke Keranjang Belanja

Sudah nemu produk yang dibutuhkan? Jika iya, kini waktunya kamu untuk beli produk tersebut. Klik gambar tersebut untuk melihat deskripsi lengkap tentang produk yang dibeli. Pastikan kamu membeli produk yang diberikan spesifikasi dan keterangan lengkap oleh penjualnya supaya tidak terjadi kesalah pahaman.

Atau alternatif lain, kamu bisa bertanya ke penjual tersebut melalui fitur pesan yang juga tersedia di sana. Saya sarankan juga, untuk membeli produk di penjual yang sudah memiliki reputasi yang bagus. Ditandai dengan banyaknya ulasan pembeli yang sebelumnya sudah pernah membeli produk tersebut.

Masukkan Alamat dan Agen Logistik

Setelah memilih produk, langkah berikutnya yang harus kamu lakukan adalah mengisi formulir pemesanan dengan lengkap dan benar. Beberapa poin yang harus kamu isi antara lain yaitu jumlah barang, alamat pengiriman, dan agen logistik. Sementara itu untuk asuransi dan catatan penjual bersifat opsional. Selanjutnya klik tombol beli.

Pilih Metode Pembayaran

Tahapan atau cara transaksi di Tokopedia selanjutnya adalah memilih metode pembayaran. Kamu bisa memilih salah satu dari beberapa metode pembayaran yang tersedia di Tokopedia yaitu saldo Tokopedia, mandiri e-cash, mandiri clickpay, BCA klikpay, Klik BCA, kartu kredit, dan Indomaret. Periksa kembali data pemesanan dan klik checkout.

Lakukan Pembayaran

Terakhir silakan melakukan pembayaran sesuai dengan metode yang telah kamu pilih. Dan kamu harus membayar sesuai nominal yang ada pada invoice. Namun bila kamu melakukan pembayaran menggunakan saldo Tokopedia, klik BCA, BCA Klikpay, mandiri e-cash, mandiri klikpay atau Indomaret tidak perlu melakukan konfirmasi pembayaran karena pembayaran terverifikasi secara otomatis. Lain halnya jika kamu membayar lewat transfer bank maka konfirmasi pembayaran perlu dilakukan supaya cepat diproses.

Lacak Pesanan

Untuk memantau status pesanan, kamu bisa klik “pembelian” pada bagian profil. Dari situlah kamu bisa mengetahui perkembangan terbaru status pengiriman barang ke tempat kamu.

Konfirmasi Barang Sampai

Jangan lupa juga untuk melakukan konfirmasi lagi apabila barang sudah sampai ke tempat kamu. Caranya, klik menu pembelian pada bagian profil kemudian jika pesanan memang sudah kami terima, silakan klik “sudah terima”. Klik ya untuk menyelesaikan transaksi!

Demikian penjelasan cara transaksi di Tokopedia , bagi kamu yang masih bingung bangaimana cara top up di tokopedia saya sudah membuatkan artikelnya. semoga bermanfaat dan berguna terutama bagi yang baru menggunakan Tokopedia. Terima kasih!

Leave a Comment