Tutorial Live di TikTok dan 7 Tips Memulainya Terbaru !

Tutorial Live di TikTok dan Tips Memulainya!TikTok merupakan salah satu media sosial yang saat ini banyak digunakan oleh anak muda. Ada banyak sekali fitur menarik yang ada pada aplikasi TikTok salah satunya yaitu fitur live streaming. Tutorial live di TikTok bisa membantu Anda terutama bagi pengguna baru yang ingin mencoba melakukan live streaming di aplikasi TikTok.

Pada awalnya bagi Anda yang ingin live TikTok maka harus memiliki minimal 1000 followers. Tetapi kini Anda bisa melakukan live TikTok bahkan sebelum mencapai 1000 followers. Baik itu untuk live streaming jualan atau live streaming tutorial live game di TikTok memberlakukan minimal 1000 followers.

Tetapi kini tutorial live streaming di TikTok meluncurkan peraturan terbaru yaitu memperbolehkan akun yang memiliki followers kurang dari 1000 dengan pengajuan masalah terlebih dahulu baru bisa melakukan live streaming.

TikTok yang memiliki fitur untuk menjual barang-barang yang dinamakan dengan TikTok Shop. Dalam memasarkan barang melalui TikTok shop ini Anda bisa menggunakan strategi marketing dengan mencoba live streaming. Live streaming akan membantu untuk memperkenalkan produk Anda ke khalayak ramai.

Baca Juga : Cara Berbelanja di Tokopedia

Cara Menggunakan Live TikTok untuk Jualan

Cara live jualan di TikTok ini sangat penting karena TikTok menyediakan berbagai fitur yang membantu untuk membuat produk yang dijual jadi semakin ramai pembeli. Salah satunya yaitu dengan cara menggunakan fitur live streaming pada aplikasi tersebut. Berikut ini merupakan tutorial live di TikTok.

  • Buka akun TikTok yang Anda miliki
  • Pilih tombol dengan simbol + di bagian tengah bawah
  • Lalu akan muncul tiga pilihan dan geser pilihan tersebut ke bagian Live
  • Klik go live untuk bisa memulai jualan Anda
  • Lalu Anda akan diminta untuk memasukkan judul. Dalam membuat judul usahakan untuk membuat yang semenarik mungkin sehingga penonton tertarik untuk melihat live Anda.

Setelah itu live streaming sudah bisa dimulai.

Tips jualan di TikTok Live

Bagi pengguna baru akun TikTok yang mau berjualan dengan tutorial live di TikTok dengan fitur live streaming pada TikTok ini tentu harus memiliki strategi yang baik. Berikut ini merupakan beberapa tips yang harus diperhatikan bagi Anda yang ingin berjualan melalui TikTok live streaming.

1. Membuat script yang jelas

Tips pertama yang harus dilakukan yaitu dengan membuat script yang jelas. Script atau naskah ini harus disusun secara jelas dan teratur. Memang kebanyakan live streaming dilakukan secara spontanitas. Tetapi untuk memaksimalkan apa yang Anda jual maka Anda perlu menyusun script tersebut dalam membantu proses jualan.

Membuat script dengan teratur ini perlu dilakukan dengan memikirkan dan menyusun segala kemungkinan yang akan terjadi pada saat live Anda berlangsung.

Script juga membantu untuk Anda yang kesulitan dalam berbicara dan menghadapi permasalahan pada saat live nanti. Penggunaan script ini juga bisa membantu untuk mengatur alur pengenalan produk.

2. Menetapkan durasi live streaming

Tips selanjutnya yang harus diperhatikan yaitu Anda perlu menetapkan durasi live streaming yang akan dilakukan. Seller TikTok biasanya melakukan live streaming sampai berjam-jam. Hal tersebut bertujuan untuk menarik banyak dan mendapatkan keuntungan lebih.

Tetapi ternyata hal tersebut masih belum efektif untuk mendapatkan banyak pengguna. Pilih durasi waktu yang menurut Anda sesuai tidak terlalu banyak dan tidak terlalu sedikit. Hal ini bertujuan agar penonton tidak bosan. Sehingga tujuan dari promosi ini bisa tercapai.

3. Pilihlah ruangan yang tertutup

Tutorial jualan di TikTok selanjutnya yaitu dengan memilih ruangan jalan yang terdekat. Membutuhkan ruangan yang tinggi sehingga tidak akan mendapatkan gangguan terutama dalam hal kebisingan suara.

Pilih ruangan tertutup agar promosi yang dilakukan menjadi lebih maksimal. Bahkan selain menggunakan ruangan yang tertutup Anda juga bisa mendesain ruangan tersebut demikian rupa. Sehingga bisa menjadi studio live streaming yang dapat menarik perhatian banyak penonton.

4. Buat judul yang menarik

Tips selanjutnya yang harus diperhatikan pada saat akan berjualan pada live streaming TikTok yaitu membuat judul yang menarik. Nantinya Anda akan diminta untuk mengisi judul live streaming jualannya akan ada lakukan. Dalam membuat judul pastikan Anda membuat yang bisa menarik dan meyakinkan pengguna untuk datang menonton live streaming Anda.

Judul ini menjadi salah satu kunci untuk menarik perhatian pelanggan. Buatlah judul yang mewakili isi dari live streaming tersebut. Karena tak jarang banyak juga pengguna akun TikTok yang mencari live streaming dengan menggunakan judul.

5. Gunakan peralatan yang lengkap

Tutorial live di TikTok selanjutnya yaitu tidak hanya ruangan yang tertutup dan dekorasi yang menarik saja yang harus Anda gunakan untuk live streaming tapi Anda juga perlu menggunakan peralatan yang lengkap.

Peralatan yang biasanya digunakan untuk live streaming yaitu ring light, kamera dengan kualitas tinggi, jaringan, microphone, dan lain sebagainya. Bahkan Anda juga bisa menambahkan musik untuk menemani live streaming yang Anda lakukan. Hal ini bisa membantu untuk membuat penonton jadi tidak bosan.

6. Berikan diskon menarik bagi pengguna

Tips selanjutnya yang bisa Anda lakukan yaitu dengan memberikan diskon dan penawaran menarik bagi para pengguna. Diskon ini akan membantu untuk memberikan promosi menarik terutama bagi mereka yang tertarik dengan produk yang akan Anda jual.

Sudah tentu jika ditambahkan dengan diskon yang menarik Ini bisa memberikan omset yang lebih besar untuk penjualan Anda. Selain memberikan diskon yang menarik sebagai seorang seller Anda juga bisa membuat sebuah giveaway berupa produk yang Anda jual.

7. Membuat video TikTok

Tutorial live di TikTok tidak hanya sebatas live streaming saja Anda juga harus melakukan promosi dengan menggunakan video TikTok. Anda perlu memposting berbagai konten dengan interval waktu yang sering. Sehingga hal ini akan membantu Anda untuk melakukan promosi jadi lebih dekat dengan pelanggan.

Pada saat mereka menonton video TikTok Anda dan pada saat itu juga Anda sedang melakukan live streaming hal ini juga akan membantu lebih memikat pengguna untuk masuk pada live streaming yang sedang Anda lakukan.

Tutorial Live di TikTok Tanpa Minimal Follower

Melakukan live streaming pada aplikasi TikTok yang bisa dilakukan tanpa minimal followers. Caranya yaitu dengan melaporkan permasalahan live streaming tersebut pada pihak TikTok.

  • Buka aplikasi TikTok yang Anda miliki
  • Masuk ke menu profile dan pilih tombol garis 3 yang ada di bagian kanan atas
  • Pilih menu pengaturan dan privasi
  • Pada bagian bawah pilih bantuan dan klik laporkan masalah
  • Lalu pilih menu like dan pilih i can’t start a live atau saya tidak bisa memulai live.
  • Lalu submit, dan apabila Anda berhasil maka Anda bisa melakukan live streaming.

Itulah beberapa informasi terkait dengan tutorial live di TikTok yang harus Anda perhatikan. Aplikasi TikTok sekarang ini bisa dimanfaatkan untuk menjual berbagai produk yang Anda miliki. Bahkan jangkauan dari TikTok Shop juga sudah sangat luas. Sama dengan e commerce lainnya.

Tinggalkan komentar