Manfaat Blockchain Untuk Kehidupan Masa Depan

Manfaat Blockchain Untuk Kehidupan Masa Depan Yang Lebih BaikBlockchain merupakan salah satu teknologi yang dikembangkan oleh para developer yang ahli dibidangnya.

Dengan blockchain kalian bisa lebih aman dalam mengelola dan mengembangkan investasi dibidang mata uang crypto.

Tak hanya itu,kalian bahkan bisa lebih efisien dalam mengatur dan memiliki potensi jauh lebih luas daripada sekadar transaksi keuangan.

Perkembangannya yang semakin baik tentunya akan semakin membuat para investor atau para pemain broker sangat tertarik untuk mendalam hal yang satu ini.

Sistem yang sangat transparan membuat Teknologi ini berpotensi merevolusi berbagai sektor, mulai dari supply chain management hingga voting system, dengan menawarkan keunggulan.

Untuk itu saat ini manfaat blockchain untuk kehidupan masa depan sangat banyak diperbincangkan. Bagaimana tidak,sistem yang sangat terkoneksi ke berbagai jaringan komputer di seluruh dunia tentunya akan sangat mudah untuk di kembangkan.

Setiap komputer dalam jaringan memiliki salinan buku besar tersebut, dan setiap transaksi yang terjadi dicatat secara permanen di setiap salinan. Inilah konsep dasar dari blockchain.

Sebelum memulai terjun lebih jauh lagi,ada baiknya kalian pahami dulu konsep dasar serta apa itu blockchain.

Nah kali ini akan kami coba jelaskan apa itu blockchain,blockchain adalah teknologi yang mendasari cryptocurrency seperti Bitcoin.

Pada dasarnya, blockchain adalah buku besar digital yang terdesentralisasi dan terdistribusi secara publik, yang mencatat semua transaksi yang dilakukan dalam jaringan.

Yang membuatnya semakin terkenal dan sangat diminati tentunya karena sistem yang transparan dan jelas hingga keamanan yang terjamin.

Tak hanya itu,ada beberapa hal lagi yang bisa kalian dapatkan dari blockchain ini diantaranya adalah sebagai berikut ;

Desentralisasi:

Blockchain tidak dikendalikan oleh satu pihak pun, melainkan oleh jaringan komputer yang terhubung secara global. Setiap komputer dalam jaringan ini memiliki salinan buku besar yang sama, yang berarti bahwa tidak ada satu pun pihak yang dapat memanipulasi data.

2. Keamanan:

Data di blockchain dienkripsi dan disimpan dalam blok-blok yang terhubung satu sama lain. Setiap blok memiliki hash (kode unik) yang didasarkan pada hash blok sebelumnya. Hal ini membuat data di blockchain sangat sulit untuk diubah atau dihapus.

3. Transparansi:

Semua transaksi yang dilakukan di blockchain dapat dilihat oleh semua orang yang terhubung ke jaringan. Hal ini meningkatkan transparansi dan akuntabilitas dalam proses transaksi.

4. Imutabilitas:

Setelah data dicatat di blockchain, data tersebut tidak dapat diubah atau dihapus. Hal ini membuat blockchain menjadi sumber data yang terpercaya dan aman.

5. Konsensus:

Jaringan blockchain menggunakan berbagai mekanisme konsensus untuk mencapai kesepakatan tentang validitas transaksi dan menambahkannya ke blockchain. Mekanisme konsensus yang umum digunakan adalah Proof of Work (PoW) dan Proof of Stake (PoS).

Selain daripada keunggulan yang dimiliki oleh blockchain,apikasi ini juga memiliki salah satu hal yang tak kalah penting lainya yakni sistem fintech.

Sistem fintech sendiri merupakan salah satu proses streamline yang digunakan untuk melakukan transaksi tradisional dan settlement sekuritas.

Tak hanya secara fintech,manfaat blockchain lainya adalah supply chain management yang merupakan salah satu sistem untuk melacak dan melakukan tracking pada pergerakan barang yang sangat efisien.

Dan sistem yang tak kalah penting lainya adalah dengan Blockchain dapat digunakan untuk menyimpan data identitas pribadi secara aman, memberikan pengguna kontrol lebih besar atas informasi mereka.

Meski memiliki begitu banyak potensi yang sangat besar untuk memiliki keuntungan,tapi tentunya aplikasi dan sistem blockchain memiliki begitu tantangan yang ada.

Skalabilitas dan regulasi menjadi salah satu tantangan yang sangat besar untuk bisa dihadapi oleh sistem blockchain.

Tak hanya itu serangan cyber dari para hacker yang sering mengacaukan berbagai sistem juga turut menjadi salah satu tantangan yang sangat berbahaya.

Namun meski begitu,dengan semakin maju dan berkembangnya sebuah sistem tentunta akan semakin baik pula pengamanan yang akan di lakukan oleh para developer nya.

Dan diperkirakan di era digitalisasi seperti sekarang akan semakin membuat blockchain akan memainkan peran penting dalam masa depan sistem transaksi dan keamanan.

Itulah beberapa hal yang perlu kalian perhatikan sebelum mengambil langkah untuk memulai bisnis dan jaringan dalam aplikasi blockchain.

 

Tinggalkan komentar