4 Cara Menjaga Akun Facebook Agar Tetap Aman Bagi Pengguna

Cara Menjaga Akun Facebook Agar Tetap Aman Bagi PenggunaCara menjaga akun Facebook menjadi salah satu yang penting sehingga Anda bisa terhindar dari serangan hacker. Lalu bagaimanakah cara untuk dapat melindungi akun dari serangan hacker? Meskipun memang tidak ada yang menjanjikan bahwa akun Anda akan sangat aman tetapi Anda bisa mencoba untuk melakukan tips dan trik di bawah ini.

Facebook masih menjadi salah satu media sosial dengan jumlah pengguna terbesar yang ada di dunia. Tak heran jika sekarang ini banyak oknum yang masih mencoba mencari keuntungan dari jutaan akun yang terdaftar pada program Facebook sebagai contoh yaitu hacker.

Tentu Anda pernah mendengar atau bahkan mengalami Facebook yang diretas. Salah satu tandanya yaitu akun Anda tidak dapat diakses dan sering menampilkan unggahan yang tentu saja tidak pernah dilakukan.

Yang lebih parah lagi hacker ini bisa berpura-pura menjadi Anda dan sering kali melakukan penipuan kepada teman ataupun keluarga yang terhubung pada akun Facebook Anda. Oleh sebab itu cara menjaga akun Facebook sangatlah penting.

Cara Menjaga Akun Facebook Agar Tetap Aman Bagi Pengguna
Cara Menjaga Akun Facebook Agar Tetap Aman Bagi Pengguna

Tips Menjaga Akun Facebook Tetap Aman

·       Mengganti password dengan kombinasi yang sulit

Apabila Anda mulai curiga bahwa akun Anda dibajak maka salah satu cara yang paling cepat untuk mengamankan akun tersebut yaitu dengan mengganti password. Meskipun Anda merasa aman ada baiknya untuk mengganti password dengan menggunakan kombinasi yang lebih rumit.

Anda bisa menggunakan password dengan minimal 10 karakter dan memadukan antara huruf besar dengan huruf kecil, angka dan juga tanda baca apa pun yang bisa dimasukkan. Semakin rumit dan semakin panjang password yang Anda buat maka hacker akan semakin sulit untuk membobol Facebook Anda.

Selain melakukan penggantian password saat Anda merasa akun sudah dibajak Anda juga perlu mengganti setiap 6 bulan sekali untuk melindungi akun Facebook Anda dari hacker.

·       Memanfaatkan fitur peringatan login

Cara menjaga akun Facebook selanjutnya yaitu dengan fitur terbaru dari Facebook. Facebook saat ini memiliki fitur canggih yaitu peringatan login yang akan memberikan notifikasi jika akun Facebook Anda diakses melalui perangkat atau Browser yang tidak dikenal.

Ada yang lebih canggih lagi yaitu peringatan ini memberitahu perangkat yang mencoba login dan juga lokasi login perangkat tersebut.

Cara untuk mengaktifkan fitur ini sangatlah mudah yaitu Anda perlu membuka Facebook melalui Browser dan klik tanda panah yang ada di bagian bawah pojok kanan atas. Setelah itu pilih pengaturan dan privasi lalu klik pengaturan.

Pilih keamanan dan info login, lalu Anda bisa scroll ke bawah dan klik edit di bagian kolom dan dapatkan peringatan tentang login yang tidak dikenal.

Setelah itu pilih dapatkan pemberitahuan melalui opsi yang diinginkan misalnya melalui messenger, email, atau notifikasi dan simpan perubahan. Setelah Anda mengaktifkan fitur ini maka fitur ini akan bekerja jika ada perangkat yang tidak diketahui log in bahkan juga memberitahukan jenis perangkat dan lokasinya.

·       Hindari menggunakan fitur ingat password pada perangkat umum

Pada saat Anda mengakses Facebook dengan menggunakan perangkat yang bukan milik Anda sendiri sebagai contoh komputer kantor ataupun komputer warnet maka jangan mengaktifkan fitur remember password.

Fitur tersebut akan mengingat kata sandi pada Facebook Anda sehingga pada saat Anda login kembali tidak perlu lagi memasukkan kata sandi.

Apabila hal tersebut tidak mendesak tentu saja Anda tidak perlu login melalui perangkat asing yang bisa memperbesar peluang untuk Facebook Anda digunakan oleh hacker.

·       Aktifkan autentikasi dua faktor

Cara menjaga akun Facebook selanjutnya yaitu bisa menggunakan autentijasi. Autentikasi dua faktor ini merupakan fitur yang akan meminta kode rahasia apabila Anda login pada perangkat baru.

Kode rahasia tersebut dapat muncul pada perangkat yang Anda percaya sebagai contoh smartphone pribadi. Jadi selama smartphone tersebut ada pada tangan Anda maka orang lain tidak bisa mengetahui kode rahasia yang dikirimkan tersebut.

Autentikasi dua faktor ini juga banyak digunakan pada platform seperti YouTube untuk mengamankan akun pengguna. Instagram juga menggunakan fitur tersebut.

Cara menjaga akun Facebook dengan melalui autentikasi dua faktor ini yaitu dengan cara sebagai berikut.

  • Buka Facebook melalui Browser
  • Klik tanda panah yang ada di bagian pojok kanan atas
  • Setelah itu Anda bisa memilih pengaturan dan privasi
  • Pilih pengaturan, pilih keamanan dan info login
  • Setelah itu scroll ke bagian bawah lalu klik edit di bagian kolom gunakan autentikasi dua faktor.

Setelah Anda melakukan cara-cara tersebut maka autentikasi dua faktor akan aktif pada akun Facebook Anda. Cara menjaga akun Facebook dengan aplikasi authenticator ini menjadi salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi permasalahan Facebook yang dibajak.

Cara menjaga akun Facebook dengan nomor telepon yaitu bisa login dengan nomor telepon. Kelebihan login dengan menggunakan telepon ini yaitu kode verifikasi biasanya bisa dikirimkan melalui nomor telepon.

Begitu halnya juga dengan cara menjaga akun Facebook dengan email. Kode verifikasi dan lain sebagainya akan dikirimkan melalui email dan nomor telepon jika Anda menggunakan metode login ini.

Facebook memiliki berbagai keunggulan yang membuatnya sampai saat ini masih memiliki banyak pengguna. Bahkan pengguna Facebook sampai kini masih terus bertambah.

Lalu apa sajakah kelebihan yang dimiliki oleh Facebook sehingga sampai saat ini masih banyak pengguna? Berikut ini merupakan beberapa kelebihan yang dimiliki oleh Facebook.

Kelebihan Facebook

·       Menghemat data dan daya baterai

Kelebihan dari Facebook yang pertama yang menjadi salah satu faktor mengapa Facebook masih banyak digunakan yaitu sangat hemat data dan daya baterai. Bahkan Facebook juga bisa diakses secara gratis tetapi tidak dapat menampilkan foto.

Facebook menjadi salah satu aplikasi yang sering digunakan terutama pada saat seseorang mengalami kejenuhan dan tidak memiliki paket. Agar mengusir rasa bosan aplikasi tanpa pakai data ini menjadi salah satu solusi. Daya baterai juga cukup awet sehingga Facebook bisa dimainkan lebih lama.

·       Sebagai forum digital

Kelebihan dari Facebook yang selanjutnya yaitu sebagai forum digital Indonesia. Facebook ini menyediakan platform untuk jual beli melalui grup ataupun laman Fanpage. Grup Facebook juga tergolong grup yang masih ramai sampai saat ini.

Masih banyak pengguna grup yang aktif mulai dari grup untuk mencari pekerjaan, grup untuk jual beli grup, grup untuk komunitas, dan lain sebagainya. Bahkan melalui forum grup juga bisa mempertemukan penjual dan pembeli dengan mudah.

·       Antarmuka yang mudah

Salah satu kelebihan Facebook yaitu memiliki antarmuka yang mudah digunakan bahkan untuk pengguna baru. Antarmuka Facebook tidaklah rumit sehingga bisa digunakan tanpa perlu membaca tutorial.

Saat ingin menggunakan akun Facebook yang paling penting dipahami yaitu antarmuka. Karena antarmuka yang mudah tentu akan mudah juga untuk menggunakannya.

Itulah beberapa informasi terkait dengan cara menjaga akun Facebook yang bisa dilakukan dengan cara-cara di atas. Semoga informasi tersebut dapat bermanfaat.

Tinggalkan komentar