8 Tips dan Trik Bermain Mobile Legends untuk Pemula, Siap Jadi Pro Player?

8 Tips dan Trik Bermain Mobile Legends untuk Pemula – Kamu tahu ga, Mobile Legends: Bang Bang itu adalah game untuk ponsel yang jenisnya MOBA. Game ini dibikin sama Moonton, perusahaan game dari China.

Nah, di Mobile Legends, ada dua tim yang bentrok, tujuannya ngebongkar basis musuh sambil jaga basis sendiri.

Udah lama game ini ada di Indonesia, dan selama itu juga banyak turnamen buat pemain yang baru mulai sampe yang udah jago. Jadi, kalau baru mau coba, jangan khawatir. Kamu bisa mulai sekarang juga, kamu bakal dapetin tips dan trik seru buat pemula.

8 Tips dan Trik Bermain Mobile Legends untuk Pemula, Siap Jadi Pro Player?
8 Tips dan Trik Bermain Mobile Legends untuk Pemula, Siap Jadi Pro Player?

Pengenalan Mobile Legends: Bang Bang

Mobile Legends: Bang Bang adalah sebuah game mobile yang sangat populer dalam genre Multiplayer Online Battle Arena (MOBA). Dikembangkan oleh Moonton, perusahaan game asal China, game ini telah mendapatkan basis penggemar yang besar di seluruh dunia.

Dalam Mobile Legends, kamu akan memasuki pertarungan dengan pemain lain dalam tim yang terdiri dari lima orang. Tujuan utamanya adalah menghancurkan basis lawan sambil mempertahankan basis tim sendiri. Kamu bisa memilih dari beragam hero dengan kemampuan dan peran yang berbeda-beda, seperti Marksman, Mage, Tank, Assassin, dan lain-lain. Setiap hero memiliki skill unik yang dapat kamu kembangkan selama pertandingan.

Gameplay Mobile Legends sangat seru dan intens, di mana strategi tim, kerja sama, dan pengambilan keputusan yang cepat sangat penting. Kamu akan menjelajahi peta yang terdiri dari tiga jalur (top, mid dan bot) serta hutan di antaranya. Di sini, kamu akan berjuang melawan musuh, mengalahkan monster hutan untuk mendapatkan keuntungan, dan berusaha merebut tower serta basis lawan.

Selain mode pertandingan klasik, Mobile Legends juga menawarkan mode permainan yang berbeda seperti Rank, VS AI, dan Brawl. Game ini juga sering mengadakan turnamen dan acara in-game yang menarik.

Konsep MOBA

Dalam game MOBA, pemain memilih karakter atau hero dengan kemampuan dan peran yang berbeda-beda. Setiap karakter memiliki serangkaian skill yang unik dan beragam dan pemain harus bekerja sama dalam tim untuk mengalahkan musuh. Peta permainan biasanya memiliki jalur-jalur yang menghubungkan basis tim, dan di sepanjang jalur tersebut terdapat struktur-struktur seperti menara dan markas.

Selain pertempuran antar tim, pemain juga dapat berinteraksi dengan lingkungan permainan, seperti mengumpulkan sumber daya, mengalahkan monster, dan mengambil keputusan strategis dalam waktu nyata. Kombinasi antara koordinasi tim, pengembangan karakter, dan pengambilan keputusan taktis menjadi inti gameplay dari game MOBA.

Tips dan Trik Bermain Mobile Legends untuk Pemula

Ini nih tips buat pemula. Pertama, kamu harus fokus ke satu hero dulu. Jadi, pilih hero yang menurut kamu gampang dimainin, terus pelajari skill-skillnya.

Untuk latihan, coba masuk ke Mode Custom, terus klik Practice buat belajar skill hero itu. Kalau udah piawai, bisa deh coba mode lain kayak Classic, Rank, VS AI, atau Brawl. Bisa main sama temen atau pemain lain yang kebetulan juga lagi main.

Build Item

Buat kamu yang mau main Mobile Legends, ada lagi tips bagus. Setelah kamu jago pake hero, jangan lupa atur build itemnya ya. Contohnya, kalau pake hero Marksman, beli deh item Attack biar serangan kamu lebih sakit pas lawan.

Caranya, di layar bagian kiri bawah, ada tulisan “Prep.” Klik itu, terus pilih “Equipment.” Kamu juga bisa pake saran build item dari pemain hebat yang ada di halaman yang sama.

Jangan main sendirian

Nih, ada tips lagi buat kamu yang baru main. Jangan main sendirian, terutama pas akhir permainan atau late game.

Kamu tahu, game ini perlu kerjasama tim buat menang. Tujuannya kan buat hancurin basis musuh. Jadi, jangan sampai kamu mati gara-gara sendirian dan diserang bareng-bareng sama lawan.

Baca Map

Perlu diketahui, waktu main Mobile Legends, ada peta kecil di pojok kiri atas yang nunjukin situasi sekitar. Jadi, jangan lupa liat mini map ini terus-terusan. Kamu bisa tahu dimana lawan, temen tim, makhluk-makhluk kayak Lord atau Turtle, juga monster hutan.

Kamu bakal bisa bantu teman atau putusin kapan harus serang atau mundur kalo kamu rajin perhatiin mini map ini.

ini dia langkah penting lagi. Begitu kamu pilih hero favorit, pastiin deh kamu naikin level emblem di Mobile Legends. Ini bikin hero kamu makin kuat, lho. Contohnya, kalau kamu suka pake Claude, hero Marksman, terus naikin level emblem Marksman terus-terusan.

Kalo kamu masih baru, kamu bisa juga pake emblem Physical buat hero Marksman, nanti bisa kamu naikin levelnya. Semakin tinggi level emblem, semakin gede kekuatan hero kamu. Jadi, jangan lupa upgrade emblem ya!

Jangan Pernah AFK

Jangan pernah AFK ya, itu singkatan dari “Away From Keyboard” alias ninggalin game tanpa balik lagi. Kalo kamu gitu, Credit Score kamu bakal dikurangin, kayak sanksi gitu. Jadi, pastiin deh Credit Score kamu selalu 100.

Kalo kamu sering-sering AFK, nanti bakal ada batas minimum Credit Score, trus kamu nggak bisa main mode rank lagi.

Perhatikan saat menyerang Turret

Kamu, dengerin baik-baik ya. Jangan nge-hit turret kalo nggak ada minion atau creep di sekitar kamu. Soalnya, turret bakal ngebalas serangan kamu dan bisa bikin kamu mati.

Jadi, jangan sampai mati gara-gara nekat nge-hit turret ya!

Nonton Live Streaming

Coba tonton live streaming di dalam gamenya. Jadi, sambil nonton, kamu bisa pelajari gimana cara para pemain pro main. Terus, langsung aja dicoba deh di permainan kamu.

Itulah beberapa tips dan trik buat pemula dari kami. Oh iya, pastiin koneksimu stabil pas main Mobile Legends ya.

Kalo nggak, bisa lag dan ganggu permainan kamu.

Kesimpulan

Jadi, buat kamu yang baru mau coba Mobile Legends, ini dia beberapa tips penting. Kamu bisa fokus ke satu hero dulu, atur itemnya dengan bijak, dan jangan main sendirian, tim itu penting. Jangan lupa pantengin mini map buat ngeliat situasi sekitar.

Upgrade emblem juga jangan sampai terlupakan, itu bikin hero kamu jadi lebih kuat. Dan ingat, jangan pernah AFK, ya! Kalau sering AFK, Credit Score kamu bakal turun, bisa nggak bisa main rank lagi.

Nah, selain itu, jangan nekat nge-hit turret kalau nggak ada minion, bisa mati konyol. Terakhir, belajar dari yang pro, tonton live streaming dalam game buat dapet inspirasi.

Oh iya, pastiin koneksi internet kamu stabil biar mainnya lancar. Kalau nggak, bisa aja terjadi lag yang ganggu permainan bahkan bisa bikin kalian keluar dari game. Semoga tips-tips ini membantu kamu lebih enjoy main Mobile Legends!

 

Tinggalkan komentar