Cara Menonaktifkan FB, Berikut 4 Di Antaranya

Cara Menonaktifkan FB, Berikut 4 Di Antaranya – Perlu diketahui bahwa cara menonaktifkan FB sangatlah mudah dan bahkan hanya memerlukan beberapa langkah saja. Namun banyak yang belum mengetahuinya terutama bagi kalian yang memang pertama kali melakukannya.

Facebook ini merupakan aplikasi yang diluncurkan pada tahun 2011 dan kepopulerannya kian bertambah sampai saat ini. Fitur yang selalu diperbarui sesuai dengan perkembangan yang ada membuat media sosial ini memiliki banyak pengguna.

Walaupun Facebook mempunyai banyak fitur serta keunggulan akan tetapi tidak jarang banyak yang memilih menonaktifkan akun miliknya. Bagi yang belum mengetahui bagaimana caranya maka simak informasi berikut ini.

cara menonaktfikan fb

Cara Mudah Menonaktifkan Facebook

Untuk cara menonaktifkan FB Lite dan juga versi biasanya dapat dilakukan secara sementara maupun permanen. Kalian bisa memilih menghapus selamanya jika memang tidak ingin lagi memakainya ataupun hanya menghapus sementara saja.

Tidak dipungkiri beberapa orang ingin menghapus dan menutup akunnya dikarenakan ingin menghilangkan berbagai macam jejak digital yang ada seperti video, foto, dan juga riwayat pertemanannya.

Perlu diketahui di sini semenjak tahun 2021 Facebook berubah nama menjadi Meta. Meta tersebut tidak hanya bertugas menaungi Facebook saja akan tetapi platform lain seperti WhatsApp dan Instagram. Pihak Meta telah menyediakan dua pilihan bagi pengguna untuk bisa menonaktifkan akunnya.

Untuk informasi lebih jelasnya mengenai langkah-langkah untuk menonaktifkan Facebook, maka simak informasi berikut ini.

Baca juga : Cara Berbelanja di Tokopedia

1.       Cara menonaktifkan FB permanen

Ketika kalian sudah merasa benar-benar yakin untuk menutup akun Facebook secara permanen maka berikut adalah beberapa langkah-langkahnya.

  1. Buka Facebook lalu pilih profil
  2. Pilih ikon segitiga yang lokasinya di bagian kanan atas
  3. Pilih pengaturan & privasi dan klik pengaturan
  4. Klik informasi Facebook yang lokasinya di sebelah kiri
  5. Selanjutnya klik penonaktifan dan penghapusan
  6. Klik pilihan hapus akun, lalu lanjutkan ke penghapusan akun
  7. Selanjutnya pilih hapus akun
  8. Masukan password akun dan tekan lanjutkan

Perlu kalian pahami di sini bahwa untuk penonaktifan akun secara permanen dapat dibatalkan sebelum 30 hari semenjak hari pertama akun tadi dihapus. Ketika melebihi 30 hari, akun serta seluruh data yang ada bisa terhapus secara permanen serta tidak bisa diakses kembali.

Maka sangat disarankan untuk segera melakukan back up file untuk data yang ada di Facebook kalian. ini bertujuan supaya data yang penting tadi bisa diselamatkan serta tidak hilang.

2.      Cara menonaktifkan FB sementara lewat HP

Tidak dipungkiri terkadang media sosial yang memiliki banyak fitur menarik justru membuat beberapa penggunanya ingin rehat sejenak dan detox dari media sosial.

Tentunya dengan cara menonaktifkan FB secara sementara bisa menjadi pilihannya. Itu artinya kalian bisa masuk lagi ke akun kapan pun menginginkannya. Untuk menonaktifkan akun secara sementara melalui HP maka berikut ini adalah caranya.

  1. Buka aplikasi Facebook
  2. Klik ikon gear
  3. Pilih pengaturan dan privasi
  4. Klik saja informasi pribadi dan akun yang lokasinya ada di bagian teratas
  5. Pilih kepemilikan dan kontrol akun, selanjutnya pilih penonaktifan dan penghapusan
  6. Ketika ingin menonaktifkan sementara maka klik nonaktifkan akun dan klik lanjutkan ke penonaktifan akun
  7. Isilah alasan kenapa kalian ingin menonaktifkan akun
  8. Pilih saja pilihan ini hanya sementara dan tekan lanjutkan
  9. Nantinya kalian diminta memilih waktu akun akan kembali dan pilih saja sesuai kebutuhan dan klik lanjutkan
  10. Setujui semua prosesnya dengan cara klik nonaktifkan akun saya

Ketika kalian telah menonaktifkan akun yang dimiliki, tentu saja orang lain tidak akan dapat mengakses profil kalian. akan tetapi pesan yang kalian kirimkan ke pengguna lain masih akan tetap terbaca oleh penerima.

Selain itu, nama akun kalian tidak akan tampak terkecuali untuk akun yang memang telah berada pada daftar pertemanan kalian. ketika kalian pernah mengirimkan postingan, video, ataupun foto maka admin tadi akan tetap bisa melihatnya.

Sedangkan untuk halaman Facebook nantinya akan dinonaktifkan ketika kalian menjadi satu-satunya admin yang ada di sana.

Cara untuk mengaktifkan kembali akun yang ditutup secara sementara tadi yaitu login seperti biasa. Kalian tetap bisa mengaktifkannya lagi walaupun belum memasuki dari jangka waktu yang sudah ditentukan sebelumnya.

3.      Cara menonaktifkan FB melalui PC

Tidak hanya menggunakan HP, nyatanya proses penonaktifan tadi bisa dilakukan dengan menggunakan PC. Sama seperti informasi sebelumnya yang mana cara ini juga tergolong mudah. Untuk itu berikut ini adalah langkah-langkah untuk mengaktifkannya.

  1. Langkah pertama buka saja laman Facebook
  2. Lakukan login dengan cara memasukan username dan password
  3. Masuk ke menu pengaturan yang letaknya pada pojok kanan atas
  4. Pada bagian kiri atas klik informasi Facebook
  5. Nantinya akan keluar beberapa pilihan maka pilih saja hapus akun dan informasi
  6. Nantinya akan keluar beberapa saran
  7. Abaikan saran dan langsung saja pilih hapus akun
  8. Masukan password dan selanjutnya pilih lanjutkan
  9. Proses penghapusan akun berhasil dilakukan

Serupa dengan cara pertama yang mana kalian dapat mengembalikan akun tadi walaupun sudah dilakukan penghapusan secara permanen sebelum 30 hari.

4.      Cara menonaktifkan FB lupa password dan email

Tidak dipungkiri hadirnya banyak media sosial lain membuat kalian jarang membuka Facebook dan ini berdampak pada kalian yang tidak lagi mengingat email dan password akun Facebook yang dimiliki.

Ketika mengalami kejadian tersebut namun tetap ingin untuk menonaktifkan akun maka kalian tidak perlu khawatir. Kalian masih bisa menonaktifkan akun walaupun lupa informasi terkait email dan juga passwordnya.

Adapun beberapa langkah-langkah yang perlu dilakukan sebagai berikut ini.

  1. Langkah paling pertama tentu saja kalian melakukan login
  2. Login di sini memakai akun baru ataupun meminjam akun teman atau saudara
  3. Masuk saja ke halaman Facebook dan cari akun yang akan dihapus
  4. Klik profil pada akun tersebut lalu pilih ikon berupa titik tiga
  5. Selanjutnya pilih laporkan
  6. Kemudian pilih menu berupa pulihkan atau tutup akun
  7. Pilih saja opsi tutup akun ini (ketika kalian ingin menghapusnya)
  8. Nantinya pihak Facebook segera memproses permintaan dan nantinya akun tersebut bisa terhapus secara permanen

Jadi itulah beberapa informasi yang bisa kalian ketahui tentang bagaimana cara menonaktifkan Fb. Caranya tergolong mudah dan bisa disesuaikan kebutuhan baik itu sementara maupun permanen. Seperti yang sudah dijelaskan di atas kalian masih bisa memulihkan akun dengan cara login sebelum 30 hari jika memilih penghapusan secara permanen.

Untuk versi lite dan versi biasa sebenarnya cara penonaktifan akun caranya tidak berbeda. Memang untuk segi tampilan keduanya akan berbeda namun untuk fitur pengaturan di dalamnya tidaklah berbeda.

Tentunya informasi di atas akan sangat membantu kalian untuk rehat sejenak dari sosial media atau benar-benar ingin menghapus jejak digital yang ada. Jika ingin benar-benar menghilang maka pilih cara menonaktifkan FB secara permanen.

Rehat sejenak dari media sosial tentu saja akan memberikan ketenangan batin tersendiri untuk kalian sehingga bisa menjernihkan pikiran untuk nantinya kembali siap untuk bermain media sosial lagi di kemudian hari.

Tinggalkan komentar