Cara Cek Nomor Ponsel Berbagai Jaringan dengan Mudah

Cara Cek Nomor Ponsel Berbagai Jaringan dengan Mudah – Nomor telefon merupakan nomor yang biasanya digunakan untuk menyambungkan komunikasi antara pemilik nomor dengan orang lain. Mengingat pentingnya nomor telefon maka kita perlu mengetahui berapa nomor telefon kita. adapun untuk mengetahuinya bisa dilakukan dengan cara cek nomor telefon.

Selain itu, adanya nomor telefon juga bisa digunakan untuk melakukan berbagai registrasi, baik itu registrasi aplikasi maupun registrasi untuk berbagai keperluan dalam kehidupan sehari-hari.

Berbagai Manfaat dari Nomor Kartu HP

Sebelum membahas mengenai cara cek nomor telefon, kita perlu mengetahui seberapa pentingnya mengetahui nomor telefon sendiri. adapun beberapa manfaat dari nomor telefon, di antaranya yaitu:

1.      Untuk melakukan verifikasi akun

Manfaat dari mengetahui nomor HP yang kita gunakan yang pertama ialah bisa digunakan untuk melakukan verifikasi akun. Seperti yang kita ketahui bahwa untuk melakukan verifikasi akun biasanya kita akan diminta untuk memasukkan nomor HP yang kita gunakan pada saat melakukan pendaftaran, dengan begitu kita perlu mengetahuinya atau menghafalnya.

2.      Untuk pendaftaran dan penonaktifan akun media sosial

Selain biasa digunakan untuk melakukan verifikasi akun, adanya nomor HP yang aktif dan masih digunakan juga bermanfaat untuk melakukan pendaftaran dan penonaktifan akun di berbagai sosial media. Di mana saat ini untuk bisa mendaftar sosial media kita perlu memiliki nomor HP yang masih aktif sebagai syarat membuat akun.

3.      Untuk aktivasi dan transaksi mobile banking

Saat ini banyak orang yang bertransaksi dengan menggunakan m-banking, untuk bisa melakukan aktivasi dan transaksi m-banking kita perlu memiliki nomor HP yang masih aktif dan terpasang di HP. Jika nomor HP tidak aktif maka kita tidak bisa melakukan transaksi apa pun dengan m-banking.

Cara Cek Nomor Telkomsel dengan Berbagai Cara

Setelah mengetahui berbagai manfaat penting dari nomor telefon, maka kita perlu mengetahui juga cara cek nomor Telkomsel. Adapun cara untuk mengecek nomor Telkomsel bisa dilakukan dengan menggunakan beberapa cara, di antaranya yaitu:

1.      Melalui Dial up

Cara cek nomor yang pertama ialah dengan cara melalui Dil up. Adapun kode yang digunakan untuk cek nomor Telkomsel yaitu *808#, adapun cara mengecek nomor melalui dial up yaitu:

  • Masuk ke menu panggilan
  • Lalu ketik *808#
  • Tekan Call atau OK
  • Maka akan muncul notifikasi pop up pada layar, salah satu informasi yang muncul ialah nomor Telkomsel yang saat ini sedang digunakan.

2.      Melalui aplikasi My Telkomsel

Selain mengecek melalui dial up, kita juga bisa mengecek nomor Telkomsel kita pada aplikasi yang bernama My Telkomsel. Aplikasi ini bisa dengan mudah kita dapatkan dengan mengunduh di Play Store. Untuk mengecek nomor Telkomsel melalui aplikasi maka beberapa langkah yang perlu dilakukan yaitu:

  • Langkah pertama ialah download aplikasi MyTelkomsel
  • Setelah aplikasi terinstall, langkah berikutnya yaitu buka aplikasi
  • Lakukan registrasi lalu masuk ke aplikasi
  • Setelah berada di beranda aplikasi kita bisa langsung menemukan nomor Telkomsel kita di pojok kiri atas halaman.

3.      Melalui operator

Selain beberapa cara di atas, kita juga bisa mengecek nomor Telkomsel kita melalui operator, hanya saja untuk cara ini kita perlu memiliki pulsa karena untuk menelepon operator kita akan dikenakan biaya. Sebagai pengguna kartu simPATI, AS, dan Loop bisa menghubungi operator di 188, sedangkan untuk kartu Halo bisa menghubungi 188.

Cara Cek Nomor Smartfren dengan Mudah

Selain banyak yang menggunakan kartu provider Telkomsel, saat ini banyak juga yang menggunakan Smartfren karena memiliki kelebihan yang cukup menarik yaitu harganya sangat terjangkau, sehingga tidak heran jika banyak yang menggunakan kartu Smartfren. Adapun untuk cara cek nomor Smartfren bisa dilakukan dengan beberapa cara juga, beberapa cara tersebut di antaranya yaitu:

1.      Melalui SMS

Cara pertama yang bisa digunakan untuk mengecek nomor Smartfren ialah bisa dengan SMS. Cara ini sudah jarang digunakan saat ini, akan tetapi meskipun begitu cara ini masih bisa digunakan. Adapun cara yang digunakan untuk mengecek nomor melalui SMS yaitu:

  • Buka menu pesan atau message
  • Lalu ketik info pada teks pesan
  • Kirimkan pesan tersebut ke 995
  • Maka kita akan otomatis menerima balasan SMS yang menginformasikan nomor Smartfren yang digunakan.

2.      Melalui dial up

Selain melalui SMS, cara lain yang bisa dilakukan ialah dengan melalui dial up. Cara ini merupakan cara yang paling sering digunakan karena tidak perlu bayar menggunakan pulsa. Adapun cara yang dilakukan untuk mengecek nomor melalui dial up yaitu:

  • Tekan tombol panggilan yang ada di layar ponsel
  • Lalu masukkan kode *123# sebagai nomor yang akan dipanggil
  • Kemudian tekan panggil
  • Ketikan angka 8 untuk informasi
  • Maka akan muncul nomor telepon Smartfren yang sedang digunakan beserta keterangan pulsa yang dimiliki.

3.      Melalui aplikasi MySF

Untuk mengecek nomor Smartfren, kita bisa juga melalui aplikasi khusus kartu Smartfren yang bernama MySF. Adapun cara untuk mengecek nomor Smartfren kita melalui MySF yaitu:

  • Unduh aplikasi MySF terlebih dahulu di Google Play Store
  • Setelah proses unduh selesai langkah berikutnya yaitu masuk ke aplikasi MySF
  • Masukkan data diri sesuai dengan perintah
  • Melakukan verifikasi kode sistem yang dikirimkan melalui SMS
  • Lakukan verifikasi
  • Maka nomor Smartfren kita akan muncul pada layar aplikasi.

Cara Cek Nomor Indosat dengan Cepat dan Mudah

Seperti beberapa kartu provider sebelumnya yang memiliki cara cek nomor yang cukup bermacam-macam, cara cek nomor Indosat juga dapat dilakukan dengan menggunakan beberapa cara yang cukup mudah untuk diikuti. Adapun beberapa cara cek nomor untuk kartu Indosat yaitu:

1.      Melalui dial up

Cara yang pertama ialah dengan melalui dial up, seperti yang kita ketahui bahwa dial up merupakan metode yang paling mudah dan tidak berbayar. Adapun untuk cara mengecek nomor melalui dial up dibagi menjadi beberapa cara, yaitu:

  • *123*39#

Caranya ialah tekan tombol panggilan lalu ketikan kode dial up di atas lalu panggil, maka nomor Indosat kita akan ditampilkan secara otomatis pada layar.

  • *123*7*2*1#

Caranya cukup sama dengan cara di atas, hanya saja kode dial up yang digunakan berbeda.

2.      Via aplikasi MyIM3

Nomor Indosat kita juga bisa kita cek pada aplikasi MyIM3. Adapun cara untuk mengecek nomor Indosat dengan aplikasi yaitu:

  • Unduh aplikasi MyIM3 terlebih dahulu
  • Buka aplikasi, pastikan kita melakukan login terlebih dahulu sehingga bisa didapatkan beberapa informasi mengenai kontak nomor kita.

Banyaknya cara dapat digunakan untuk melakukan pengecekan nomor ini bertujuan untuk memudahkan pengguna dalam mendapatkan informasi mengenai nomor telefon yang digunakan. Itulah tadi beberapa informasi terkait dengan cara cek nomor telefon dari berbagai jaringan yang berbeda serta dengan cara yang berbeda-beda juga.

Informasi mengenai nomor HP bisa digunakan untuk mendaftar pada saat melakukan berbagai registrasi sehingga kita perlu mengetahui nomor yang kita gunakan. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

Tinggalkan komentar