Cara Flash Hp Samsung dengan Mudah

Masalah atau kendala yang ada pada smartphone ada banyak sekali dan juga penanganannya pun banyak caranya. Salah satu penanganan smartphone yang mengalami kendala atau masalah adalah dengan cara flash. Pengertian flash secara sederhana adalah proses mengganti sistem operasi didalam smartphone dengan yang baru. Disini saya akan memberikan tutorial cara flash hp samsung dengan PC/Laptop dan tanpa PC.

Permasalahan yang membuat smartphone harus flash ada banyak sekali, beberapa diantaranya bootloop, bank, adanya virus di smartphone, lupa pola kunci, ponsel hang dan masih banyak lagi lainnya.

Bagi kalian yang mengalami masalah seperti yang saya sebutkan kalian bisa mengikuti tutorial cara flash samsung berikut ini.

Persiapan Melakukan Flash Hp Android Samsung

Pada proses flash hp kalian harus melakukan persiapan terlebih dahulu sebelum melakukannya. Kenapa harus mempersiapkan? Karena ada hal penting yang jika tertinggal atau terlupakan maka akan membuat flash hp terhambat bahkan bisa gagal, maka dari itu kalian harus mempersiapkannya. berikut ini persiapan yang harus kalian ikuti sebelum melakukan flash.

1.Siapkan Firmware yang Tepat untuk Smartphone

Banyak sekali yang melakukan flash hp tanpa PC tetapi tidak memikirkan hal semacam ini sehingga proses flash hp yang dilakukan tidak berjalan dengan benar atau malah bisa gagal. Kegagalan seperti ini bisa terjadi karena Firmware ROM yang tidak cocok. Maka dari ini kalian harus mencari Firmware ROM yang cocok dengan smartphone kalian.

2. Menyiapkan Aplikasi Odin

Dalam melakukan persiapan flash hp menggunakan PC/Laptop adalah menyiapkan aplikasinya yaitu menggunakan aplikasi odin. Tidak sembarang aplikasi odin yang kalian bisa gunakan tetapi kalian juga harus melihat apakan smartphone yang akan di flash adalah smrtphone terbaru ataukah keluaran lama. Ini juga menjadi pertimbangan untuk memilih verisi aplikasi odin yang akan digunakan.

3. Backup Data

Sebelum melakukan flash hp ada baiknya kalian membackup data terlebih dahulu. Jika kalian melakukan flash tanpa membackup data yang ada di smartphone kalian maka bisa dipastikan data yang ada pada smartphone kalian akan hilang. Maka dari itu melakukan backup sebelum flash hp itu penting.

4. Charge Hp

Pentingnya melakukan charge hp sebelum melakukan flash hp terlebih melakukan flash tanpa PC/Laptop. Jika proses flash belum selesai tetapi hp mati maka flash hp yang kalian lakukan akan gagal.

5. Kabel Data dan Samsung USB Driver

Sebelum melakukan flash hp dengan PC/Laptop kalian harus menyiapkan kabel data kalau bisa kabel data ori atau kualitas yang bagus dan juga kalian harus menyiapkan Samsung USB Driver.

6. PC/Laptop

Jika kalian akan melakukan flash hp dengan PC/Laptop tentunya kalian juga harus menyiapkan PC/Laptop yang akan digunakan untuk flash hp

Cara Flash Samsung Lewat PC

Setelah kalian mempersiapkan apa saja yang harus ada dalam melakukan flash hp berikut ini adalah cara flash hp samsung lewat pc dengan menggunakan Odin.

Memilih Versi Aplikasi Odin

Sebelum melakukan flash hp android khususnya hp samsung kalian terlebih dahulu memilih versi aplikasi odin yang akan kalian gunakan. Berikut ini veri aplikasi odin yang harus kalian ketahui.

  • Dalam melakukan flash dengan aplikasi odin kalian harus memilih versi odin terlebih dahulu jika smartphone kalian keluaran terbaru kalian bisa menggunakan versi Odin3_v3.12.4 keatas.
  • Tetapi jika smartphone yang akan kalian flash keluaran jadul atau lawas maka kalian bisa menggunakan versi Odin3_v3.11.1.zip kebawah seperti ROM Marshmallow dan Lollipop.

Cara Flash Hp Samsung dengan Aplikasi Odin

  1. Untuk yang yang pertama kalian harus install Samsung USB Driver
  2. Tahap yang ke dua adalah Install Aplikasi Odin di PC/Laptop kalian.
  3. Tahap selanjutnya adalah Matikan Hp kalian kemudian hidupkan kembali dengan cara menahan tombol Power + Home + Volume Bawah secara bersama sama. Fungsi dari menahan tombol Power + Home + Volume Bawah adalah supaya bisa masuk mode download firmware hp samsung.
  4. Selanjutnya Sambungkan Komputer/PC dengan smartphone dengan menggunakan Kabel Data yang sudah disiapkan.
  5. Tahapan berikutnya kalian tekan Volume Atas, ini berfungsi untuk mendeteksi odin dan nanti akan ada notifikasi ( hiraukan saja)
  6. Jika sudah terhubung kalian Cari Firmware lalu extrak file firmware yang berbentuk .ZIP .RAR kemudian cari file yang extensi MD5 dan masukkan ke aplikasi odin.
  7. Selanjutnya masuk ke aplikasi odin dan pastikan Enable pada Auto Reboot, F. Reset Time, lalu kalian klik AP setelah itu kalian cari file yang berextensikan MD5 lalu klik OK dan Start
  8. Pada tahap ini kalian harus menunggu hingga Proses Flash selesai dan smartphone kalian akan reboot dan akan restart secara otomatis.
  9. selesai

Cara Flash Hp Android Tanpa PC

Pada cara flash hp tanpa PC kali ini sama seperti flash hp asus yang sudah saya berikan tutorialnya di artikel sebelumnya. Berikut ini cara flash hp android tanpa pc yang bisa kalian lakukan.

  1. Untuk tahapan pertama cara flash smartphone samsung tanpa PC adalah menyimpan firmware/ROM yang sudah di siapkan ke dalam kartu memori. Perlu kalian ingat untuk tahapan ini file firmware harus berbentuk .ZIP atau .RAR dan jangan di extrak
  2. Tahap selanjutnya Masukkan Kartu Memori yang sudah terisi firmware ke smartphone yang akan di flash.
  3. Lalu kalian bisa hidupkan smartphone dengan cara tekan tombol Power + Home + Volume bawah secara bersama sama.
  4. Tahap selanjutnya masuk ke Wipe data/factory reset lalu pilih OK atau YES
  5. Kalian tunggu Proses fectory reset sampai selesai.
  6. Setelah proses selesai kalian kembali ke menu awal lalu pilih Instal zip from sd card kemudian cari file firmware di kartu memori kalian dan klik YES.
  7. Tahapan ini kalian hanya perlu menunggu Proses Flash selesai.
  8. Setelah selesai proses flash maka smartphone kalian akan reboot dan akan me restart otomatis.
  9. selesai

Itulah beberapa cara flash hp samsung yang bisa kalian gunakkan. Ingat ya jika kalian ingin melakukan flash hp harus melakukan backup terlebih dahulu. Karena jika tidak melakukan backup maka data yang ada di smartphone kalian bisa hilang semua.

Leave a Comment