Cara Meredupkan Pencahayaan Layar Laptop dan Komputer

Selain smartphone, laptop dan komputer sekarang sudah menjadi suatu barang yang sering digunakan bagi sebagian banyak orang. terutama Bagi para youtuber, content writer, blogger dan lain sebagainya. Memiliki laptop atau komputer adalah suatu hal yang wajib. Namun jika kalian sering berlama lama di depan komputer dan cahaya layar komputer atau laptop terlalu terang maka mata kalian akan mudah lelah. Solusinya jika kalian ingin berlama lama di depan komputer atau laptop tanpa khawatir mata lelah adalah meredupkan pencahayaan layar komputer. Bagaimana cara meredupkan layar laptop? Ada beberapa cara yang bisa kalian gunakan.

Dampak dari layar komputer atau laptop yang terlalu cerah adalah mata akan mudah lelah, baterai laptop akan cepat habis, tidak nyaman dalam menggunakan laptop atau komputer dan lainnya. Berikut ini cara mengatur pencahayaan layar komputer atau laptop.

Cara Mengatur Cahaya Laptop pada Sistem Operasi Windows

Pada sistem operasi windows ada beberapa cara yang bisa kalian gunakan untuk meredupkan pencahayaan layar komputer atau laptop. Bagi kalian yang menggunakan sistem operasi lain juga bisa mengatur pencahayaan akan tetapi caranya akan berbeda untuk kali ini saya hanya memberikan caranya pada sistem operasi windows saja.

Melalui Control Panel

Cara yang pertama yang bisa kalian gunakan adalah melalui control panel. Control panel bisa di ibaratkan seperti pintu menuju berbagai fitur yang ada didalamnya. Yang ada di dalam control panel diantaranya bisa menghapus beberapa software, bisa melihat driver Wifi dan melihat driver bluetooth di device manager, tentunya juga bisa digunakan untuk meredupkan layar laptop dan masih banyak lainnya. Untuk caranya bisa ikuti berikut ini.

Cara meredupkan layar laptop dan komputer windows 7

  • Kalian klik Start lalu pilih Control Panel
  • Setelah masuk ke Control Panel kalian pilih Hardware and Sound
  • Kemudian klik Power Options
  • Lalu di bagian bawah ada Screen Brightness
  • Kalian bisa mengatur pencahayaan layar laptop dengan menggeser ke kanan dan ke kiri
  • selesai

Menggunakan Mouse

Cara yang selanjutnya adalah menggunakan mouse. Dalam cara kali ini dikhususkan oleh para pengguna windows 10. Cara yang bisa kalian gunakan adalah dengan klik kanan pada halaman utama pada windows selanjutnya ikuti langkah langkahnya berikut ini.

  • Klik Kanan pada Halaman Utama Windows 10
  • Setelah itu pilih Display settings
  • Kemudian pilih menu Display
  • Kemudian ada menu Brightness and color
  • Untuk mengatur kecerahan kalian pilih Change Brightness dengan cara geser kekanan dan kekiri.
  • selesai

Menggunakan Tombol Windows

Cara yang ketiga yang bisa kalian gunakan untuk meredupkan cahaya layar laptop atau komputer adalah menggunakan tombol kombinasi windows. Tombol kombinasi yang bisa kalian gunakan adalah tombol windows + T. tombol kombinasi ini bisa kalian gunakan pada windows 7,8 dan 10. Berikut ini caranya:

  • Klik tombol Windows + T
  • Lalu akan muncul pilihan, kalian bisa pilih Mobility Center atau Windows Mobility Center
  • Kemudian akan muncul berbagai menu mulai dari pengaturan suara, baterai dan juga brightness
  • Kalian bisa pilih brightness untuk mengatur kecerahan laptop atau komputer
  • selesai

Menggunakan Tombol FN

Selain tombol kombinasi windows kalian juga bisa menggunakan tombol kombinasi FN. Banyak sekali tombol kombinasi yang bisa kalian gunakan di laptop dan komputer contohnya saja jika kalian ingin membuka My Computer makan kalian bisa menggunakan Tombol windows + E. Nah begitu juga dengan meredupkan cahaya layar laptop kalian bisa menggunakan tombol kombinasi FN + F4 untuk meredupkan pencahayaan layar laptop dan FN + F5 untuk mencerahkan layar laptop. Sebenarnya beda laptop dan merek juga beda tombol kombinasinya, kebetulah di laptop saya menggunakan kombinasi FN + F4 dan FN + F5.

Melalui Simbol Baterai

Cara yang terakhir adalah dengan menggunakan simbol baterai. Simbol baterai disini yang berada di layar laptop letaknya di kanan bawah. Kalian bisa klik pada simbol baterai kemudian klik adjust screen brightness lalu di bagian bawah ada screen brightness lalu kalian dapat mengatur pencahayaan layar laptop kalian dengan cara menggeser kekanan dan kekiri.

Penutup

Pada penutup tutorial kali ini saya hanya memberikan beberapa cara meredupkan layar laptop yang saya ketahui. Kalian bisa menggunakan mana yang menurut kalian mudah untuk digunakan.

Leave a Comment