Penyebab Hp Cepat Panas

Permasalahan yang sering terjadi di polsel pintar atau smartphone adalah smartphone yang cepat panas. Banyak sekali pengguna polsel pintar yang menemui permasalahan ini termasuk saya juga mengalaminya. penyebab hp cepat panas ada banyak sekali dan cara mengatasinya pun beragam.

Sebelum kalian mengetahui cara mengatasi hp yang cepat panas, kalian harus mengetahui terlebih dahulu apa penyebab smartphone cepat panas. 

Penyebab Smartphone Panas

Banyak sekali penyebab smartphone panas, berikut ini penyebab polsel pintar cepat panas yang kalian harus hindari. 

1. Update Aplikasi

Penyebab pertama adalah aplikasi yang belum di update. Banyak sekali pengguna ponsel pintar yang belum mengetahui bahwa aplikasi yang belum di update bisa menyebkan smartphone cepat panas. Sekarang kalian bisa melihat di ponsel aplikasi mana saja yang harus di update atau bisa juga di buat update otomatis sehingga kalian tidak perlu update manual.

2. Terlalu Lama Terpapar Sinar Matahari

Apakah smartphone kalian sering terkena sinar matahari secara langsung? Jika iya maka kalian harus menghindarinya karena terkena sinar matahari secara langsung ke smartphone maka bisa menyebabkan smartphone kalian cepat panas. Tak hanya panas sinar matahari saja yang harus dihindari, panas dari hal lain pun harus dihindari seperti panas dari kompor, microwave dll. 

3. Melihat Vidio Streaming Terlalu Lama

Penyebab selanjutnya sering melihat vidio Streaming. Apakah kalian sering melihat vidio youtube, bola dan yang lain secara Streaming? Jika begitu maka kalian mulai sekarang harus menguranginya karena melakukan hal itu akan menyebabkan smartphone kalian cepat panas, tidak hanya panas saja kalian juga akan boros kuota lho.

4. Bermain game yang Terlalu Lama

Bagi kalian pecinta atau penggemar game perlu hati hati karena jika kalian terlalu lama bermain game dan terlalu sering bermain game maka akan membuat ponsel pintar kalian cepat panas. Jika kalian ingin bermain game maka kalian harus mengontrol waktu bermain game, misalnya jika kalian bermain game sudah satu jam maka setelah itu diistirahatkan sehingga smartphone kalian tidak cepat panas. 

5. Baterai Handphone yang Bermasalah

penyebab hp cepat panas selanjutnya adalah baterai yang bermasalah. Jika kalian merasa smartphone kalian panas maka cepatlah pegang smartphone kalian, jika panas ada di bagian belakang maka bisa dipastikan itu adalah panas dari beterai. Baterai yang tidak bagus dan sudah menurun peformanya akan menyebabkan smartphone cepat panas.

6. Menggunakan Hp Saat Sedang di-Charge

Menggunakan smartphone yang sedang di charge akan menyebabkan hp kalian cepat panas, kenapa begitu? Karena menggunakan smartphone yang sedang di charge akan membuat kerja baterai menjadi berat, nah ini lah yang menyebabkan hp cepat panas jika di charge. Jika hal ini terus saja dilakukan maka akan menyebabkan baterai menjadi kembung.

7. Aplikasi yang Bermasalah

Penyebab selanjutnya adalah aplikasi yang bermasalah maksud dari aplikasi yang bermasalah adalah aplikasi yang terlalu banyak memakan beterai sehingga membuat smartphone kalian cepat panas. Untuk bisa melihat aplikasi mana yang terlalu banyak memakan baterai kalian bisa mengeceknya melalui menu setting >> baterai setelah itu matikan aplikasi itu dan lakukan restart smartphone. 

8. Kesulitan Sinyal atau Susah Sinyal

Susah sinyal juga bisa menyebabkan smartphone kalian cepat panas, kenapa seperti itu? Karena jika susah sinyal atau jaringan internet sedang jelek maka smartphone akan di paksa terus menerus untuk mencari sinyal. Itulah mengapa susah sinyal bisa menyebabkan hp cepat panas.

9. Kualitas Baterai Handphone yang Buruk

Apakah smartphone yang kalian gunakan sudah lama? jika iya maka baterainya pun sudah cukup lama  juga. Hal ini membuat peforma baterai menjadi menurun dan bisa menyebabkan smartphone cepat panas. Tak hanya itu saja jika kalian menggunakan baterai yang bukan ori/asli itu juga bisa membuat smartphone cepat panas. 

10. Aplikasi Yang Berjalan Terlalu Banyak

Aplikasi yang berjalan cukup banyak juga bisa menjadi penyebab hp cepat panas. Bagi kalian yang sering menggunakan aplikasi untuk mengedit foto, berjualan di facebook, instagram, whatapps  dll secara bersamaan maka akan mengakibatkan smartphone cepat panas.

Maka dari itu jika sudah menggunakan aplikasi disarankan untuk menutupnya supaya smartphone kalian tidak cepat panas.

Cara Mengatasi Hp Cepat Panas

Diatas sudah saya tuliskan apa saja penyebab smartphone kalian cepat panas, nah berikut ini cara mengatasi smartphone yang cepat panas.

1. Mengurangi Melihat Vidio Streaming atau Bermain Game

Melihat vidio streaming merupakan salah satu yang bisa meyebabkan smartphone kita cepat panas sama seperti bermain game online atau offline itu juga bisa menyebabkan handphone kalian cepat panas. Seperti yang saya tulis kan diatas, caranya agar kalian tetap bisa bermain game dan melihat vidio streaming adalah memberikan jeda pada smartphone kalian. Maksudnya adalah jika kalian bermain game atau melihat vidio streaming sudah cukup lama maka berhentilah sejenak kemudian restart smartphone dan diam kan smartphone beberapa saat.

2. Cek Kondisi Baterai

Cara mengatasi smartphone yang cepat panas adalah kalian harus cek terlebih dahulu baterainya. Biasanya, jika smartphone sudah cukup lama maka baterainya pun sudah mulai menurun peformanya atau bisa juga baterainya sudah mulai menggembung sehingga membuat smartphone cepat panas.

3. Gunakan Aplikasi Pendingin Hp Otomatis

Seperti yang sudah saya tulis kan pada artikel sebelumnya, jika hp kalian sering cepat panas maka salah satu cara untuk mengontrol suhu panas pada hp adalah dengan menggunakan aplikasi pendingin hp  otomatis. Kalian bisa memilih aplikasinya di artikel yang sudah saya buat. 

4. Menggunakan Charger yang Asli atau Original

Menggunakan Charger hp yang tidak asli  itu juga bisa menyebabkan hp kalian cepat panas bahkan bisa juga membuat baterai smartphone kalian kembung. itu lah mengapa kalian harus menggunakan charger handphone yang asli.

5. Matikan Bluetooth dan GPS

Menghidupkan Bluetooth dan GPS itu juga salah satu penyebab smartphone panas maka kalian bisa menghidupkan Bluetooth atau GPS pada waktu dibutuhkan saja. Jika tidak kalian bisa mematikannya, supaya smartphone kalian tidak cepat panas.

Itulah tadi beberapa penyebab hp cepat panas dan cara mengatasi hp cepat panas yang kalian harus ketahui. Semoga artikel ini bermanfaat bagi yang membutuhkan. terimakasih.

Leave a Comment