12 Cara Mengatasi HP Kemasukan Air

12 Cara Mengatasi HP Kemasukan Air – Nggak perlu buru-buru bawa ke tukang reparasi. Kalau handphone kamu kehujanan atau kecebur air, langkah pertama yang biasanya orang lakukan itu cari cara biar hp-nya nggak rusak.

Ada beberapa hp yang kuat tahan air, tapi masih banyak juga yang nggak bisa. Kalau tiba-tiba hp kamu kebasahan atau keendam air, pasti langsung panik kan?

Tapi sebenarnya nggak perlu panik dan nggak harus langsung ke tukang reparasi. Kamu bisa coba dulu beberapa cara simpel yang bisa kamu lakukan sendiri biar hp kamu kembali normal. Nah, yuk, kita lihat caranya di bawah ini!

12 Cara Mengatasi HP Kemasukan Air
12 Cara Mengatasi HP Kemasukan Air

Cara Mengatasi HP Kemasukan Air

  1. Langsung Aksi, Selamatkan Handphone

Kamu bisa banget mengatasi hp yang kemasukan air dengan langkah simpel ini: segera ambil dan selamatkan handphone kamu.

Ingat, semakin cepat kamu mengeluarkannya dari air, semakin kecil peluang air masuk dan bikin rusak. Jadi, langsung deh keluarkan ponsel kamu dari air. Dengan begitu, besar kemungkinan hp-nya masih baik-baik aja atau malah bisa diselamatkan.

  1. Matikan dan Lepas Bagian Handphone

Kamu bisa banget mengatasi hp yang kebasahan dengan langkah berikut: segera matikan dan lepas bagian-bagiannya.

Ketika hp kamu kena air, yang pertama harus kamu lakukan adalah matikan hp-nya. Jangan langsung nyala-in lagi.

Kalau hp masih hidup, matikan aja dulu. Setelah itu, lepas baterai dari hp-nya.

Nah, tujuannya biar bagian-bagian di dalam hp nggak ada yang korslet. Kalau korslet, bisa-bisa hp-nya nggak bakal bisa hidup lagi deh. Selain baterai, kamu juga harus lepas kartu memori, SIM Card, dan casing hp.

Ini penting supaya proses pengeringan lebih cepat dan sisa air yang masih nempel di hp bisa keluar dengan baik.

  1. Hindari Nekat Tekan Tombol

Ketika hp kamu kena air, ada satu hal yang harus kamu hindari: jangan nekat pencet tombol apa pun. Kok gitu? Karena kalau kamu pencet-pencet tombol, bisa-bisa air malah masuk lebih dalam ke dalam hp.

Jadi, yang perlu kamu lakukan, matikan aja hp-nya secepatnya dan jangan main pencet tombol-tombolnya ya.

  1. Goyang-Goyangkan Aja

Ada cara simpel buat mengatasi hp yang kebasahan, yaitu dengan cara goyang-goyangkan hp dengan lembut.

Begini, kamu bisa goyang-goyangkan hp kamu. Ini bisa membantu ngeluarin air yang nyangkut di lubang jack, port pengisian, dan tempat lainnya.

Kalau kamu punya alat penyedot debu, bisa juga dipakai. Tapi pastikan kamu pakai dari jarak yang aman atau pakai peniup udara aja.

  1. Nggak Usah Pakai Pengering Rambut

Seringkali orang berpikir pakai pengering rambut buat ngeringin hp yang basah.

Tapi sebenarnya, jangan deh coba-coba ngeringin ponsel pakai pengering rambut.

Soalnya, panas dari pengering rambut bisa bikin rusak komponen penting di dalam hp dan bahkan bisa melelehkan beberapa bagian hp. Lebih baik hindari ya.

  1. Nggak Usah Dimasukin ke Freezer

Salah satu cara yang sering salah kaprah buat ngeremehin air di hp adalah masukin hp ke dalam freezer.

Tapi, percayalah, cara ini malah bisa bikin air di dalam hp nggak bisa keluar dan malah jadi beku. Risikonya, hp-nya bisa mati total. Lebih baik jangan dicoba ya.

  1. Bantu Pengeringan Sendiri, Nggak Perlu Buru-Buru ke Reparasi

Kamu gak perlu panik dan langsung bawa hp ke tukang reparasi.

Setelah kamu matiin hp dan keluarin semua bagian, langkah selanjutnya yang bisa kamu coba adalah mengeringkannya sendiri. Caranya, bisa pakai kipas angin, tisu, atau kain kering dan bersih.

Dengan begini, nggak cuma bantu pengeringan air di hp, tapi juga bisa membersihkan noda-noda yang ada di hp kamu. Jadi, nggak perlu terburu-buru langsung ke tukang reparasi.

  1. Pakai Silica Gel

Ada cara lain juga nih buat ngatasi hp yang kehujanan, yaitu pakai silica gel. Kamu bisa lakukan langkah ini dengan cara mengisi kantong plastik dengan paket silica gel yang biasanya ada di kotak sepatu, lalu masukin hp kamu ke dalamnya.

Silica gel ini tuh kayak pengering aja, yang bisa ngebuat lembap di hp menguap. Jadi, cocok banget buat ngeringin hp yang basah.

Caranya gampang, tinggal kamu biarin aja hp di dalam wadah yang isinya silica gel, bisa mangkuk atau tas, selama sekitar 3 hari. Dijamin, nanti hp kamu bakal kering dan nggak lembap lagi.

  1. Coba ‘Redam’ di Beras

Biar hp kamu beneran kering, kamu bisa coba trik merendamnya di dalam beras.

Ini kok bisa? Nah, beras punya sifat yang bisa bikin hangat atau agak panas kalau kamu pegang lama-lama.

Efek panas ini ternyata bagus buat ngebuang cairan di dalam hp yang kebasahan. Jadi, kamu bisa pake baskom, kotak makan, atau wadah lain buat taruh hp kamu di dalam beras.

Pastiin hp-nya tenggelam di antara butiran beras dan biarin selama 24-48 jam.

Tapi, inget ya, jangan nyoba-nyoba nyalain hp-nya selama ini. Setelah beberapa hari, baru deh keluarin hp-nya dari beras. Mungkin aja bisa nyala lagi.

  1. Coba Cairan Isopropil Alkohol

Kalau hp-nya kena air yang nggak murni atau ada zat-zat lainnya, kamu bisa pake cairan isopropil alkohol buat bersihinnya. Caranya gampang banget. Celupin cotton swab ke alkohol, terus pelan-pelan bersihin bagian hp yang kena air.

Pastinya, hp kamu harus dimatiin dulu dan baterainya dilepas ya sebelum mulai ini. Terus, biarin hp-nya kering total sebelum nyala-in lagi.

  1. Jangan Keringin HP di Bawah Sinar Matahari Langsung

Meskipun matahari bisa ngebantu ngeringin hp yang basah, tapi kena sinar matahari langsung yang terlalu panas, bisa bikin rusak komponen di dalam hp.

Sinar matahari panas ini bisa naikin suhu di dalam hp, dan bisa bikin baterai, layar, dan bagian lainnya jadi rusak.

Akibatnya, hp kamu bisa rusak parah dan nggak bisa diperbaiki lagi.

Nah, biar nggak risiko rusak kayak gitu, penting banget buat nggak biarin hp kena sinar matahari langsung. Cari tempat yang teduh, misalnya di dalam tas atau laci, biar terlindung dari sinar matahari langsung.

  1. Pasang Balik Bagian HP

Setelah kamu angkat hp dari beras, pasang lagi semua bagian yang tadi kamu lepas. Terus, sebelum kamu nyalain hp-nya, isi baterai dengan charger.

Kalau lampu indikator pengisian baterai nyala, berarti hp kamu udah balik normal dan siap dipake lagi. Tapi, tetep hati-hati ya dan perhatiin perilaku hp selama beberapa hari. Pastiin juga semua komponennya masih berfungsi.

Hal yang Harus Diingat

  1. Nyalain hp-nya nggak boleh, soalnya bagian listrik dan air nggak cocok kalo hp-nya hidup.
  2. Jangan pasang-pasang komponen hp, biar nggak ada konsleting.
  3. Hindari pencet tombol di hp. Ini malah bisa dorong air masuk lebih dalam.

Tinggalkan komentar