3 Cara Instal HP Bila Terjadi Kerusakan

Cara Instal HP Bila Terjadi KerusakanSmartphone memang menjadi salah satu kebutuhan saat ini, karena penggunaan smartphone saat ini sudah lebih banyak fungsinya. Tapi namanya smartphone tetap memiliki kemungkinan terjadi kerusakan pada sistem, dan solusinya adalah instal ulang. Cara instal HP menjadi salah satu informasi yang sangat penting dan dibutuhkan apabila kalian mengalami masalah kerusakan pada sistem.

Kerusakan sistem itu bisa diakibatkan oleh beberapa hal, mulai dari eror aplikasi, virus, dan masih banyak lagi yang lainnya. Solusi yang paling tepat bila ada kerusakan di sistem internal smartphone itu adalah dengan melakukan instal ulang pada HP tersebut.

3 Cara Instal HP Bila Terjadi Kerusakan
3 Cara Instal HP Bila Terjadi Kerusakan

Tips Melakukan Instal HP Ulang

Melakukan install pada HP ketika terjadi kerusakan sistem memang tidak bisa sembarangan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Salah satu risiko kesalahan dalam melakukan install HP itu adalah kemungkinan HP akan mati total. Berikut beberapa tips yang bisa membantu kalian dalam melakukan install ulang pada HP kalian dengan aman.

1.     Pastikan File Penting Sudah Dibackup

Tips yang pertama ketika kalian akan terapkan cara instal hp Vivo atau brand yang lainnya, pastikan kalau file penting sudah dicadangkan. Proses install pada HP atau install ulang itu biasanya akan menghapus semua file yang sudah pernah ada pada smartphone tersebut. Jadi sebaiknya memang kalian cadangkan dulu file penting yang ada di smartphone sebelum melakukan install.

2.     Ikuti Langkah Dengan Benar

Tips yang kedua yakni kalian perlu ikuti langkah cara instal HP dengan benar, karena sekali ada kesalahan mungkin akan membuat sistem rusak. Kesalahan tersebut bisa saja menimbulkan masalah yang lebih besar pada smartphone kalian, jadi harus benar-benar hati-hati.

3.     Cari File Sistem Sesuai Smartphone

Tips yang ketiga yakni kalian perlu cari file sistem yang sesuai dengan smartphone yang kalian gunakan, beda brand biasanya beda file. Meskipun soal cara instal hp Oppo atau hp android yang lainnya itu masih sama saja selama masih sejenis smartphone android. Tapi memiliki file sistem yang berbeda, jadi kalian harus sesuaikan dengan brand smartphone yang kalian miliki.

Pilihan Cara Instal Berbagai HP Android

Bila kalian mempergunakan HP Android, maka kalian memiliki beberapa pilihan cara yang bisa kalian lakukan untuk bisa instal. Tapi memang orang awam pasti tidak akan memahami apa saja sih pilihan cara yang bisa dipakai untuk instal HP pada saat terjadi masalah pada sistem. Berikut ini kami akan jelaskan satu per satu cara instal HP yang bisa kalian pakai.

1.     Menggunakan Fitur Factory Reset

Pilihan cara yang paling pertama untuk bisa melakukan install ulang smartphone itu dengan menggunakan fitur Factory Reset yang ada pada menu pengaturan. Ini akan membuat smartphone akan terinstal ulang dan membuat smartphone seperti smartphone baru. Berikut ini kami akan jelaskan bagaimana langkah untuk melakukan install dengan cara ini.

  1. Langkah yang pertama kalian harus masuk ke menu setting dan kemudian masuk ke menu back up and restore.
  2. Langkah kedua kalian back up dulu data penting kalian ke Micro SD atau melalui Google Drive atau sejenisnya.
  3. Langkah yang ketiga kalian pilih menu Factory Reset yang ada di dalam menu back up and restore.
  4. Berikutnya kalian pilih reset data dan kemudian kalian pilih Delete All dan kemudian smartphone akan memulai instal ulang.

2.     Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga Untuk Reset

Cara yang kedua yakni dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga yang bisa membantu kalian untuk melakukan reset. Tentunya kalian mungkin harus tahu bagaimana caranya supaya kalian bisa menggunakan aplikasi tersebut dengan baik dan benar. Berikut ini kami akan coba jelaskan bagaimana cara instal HP dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga.

  1. Langkah yang pertama sudah pasti kalian harus mencari dulu aplikasi yang terbaik untuk melakukan instal ulang HP. Kalian bisa menjadikan rating dan juga review aplikasi untuk memilih aplikasi terbaik supaya lebih aman dan juga lancar.
  2. Langkah yang kedua kalian download dan juga install aplikasinya itu ke dalam smartphone kalian.
  3. Langkah yang ketiga kalian buka aplikasi yang akan digunakan untuk instal HP .
  4. Langkah yang keempat biasanya kalian perlu memasukkan dulu jenis smartphone atau brand smartphone yang kalian gunakan.
  5. Setelah itu kalian akan diminta untuk melakukan back up data terlebih dahulu
  6. Berikutnya kalian tinggal klik reset untuk memulai instal ulang HP .

3.     Menggunakan Kombinasi Tombol

Cara yang ketiga dengan menggunakan kombinasi tombol untuk bisa melakukan reset pada smartphone supaya bisa memulai instal ulang. Tapi kombinasi tombol untuk setiap smartphone itu berbeda-beda ya, jadi kalian perlu mengetahui brand smartphone kalian itu kombinasinya apa. Berikut ini kami akan berikan penjelasan mengenai bagaimana langkahnya.

  1. Langkah yang pertama kalian perlu mematikan smartphone android kalian terlebih dahulu
  2. Langkah yang kedua kalian tekan tombol Power + Volume Up atau Power + Volume Down untuk masuk ke mode pemulihan android
  3. Setelah itu akan ditampilkan mode pemulihan dan kalian pilih Wipe Data atau Factory Reset. Cara pilihnya biasanya menggunakan tombol Volume Up atau Volume Down, dan untuk memilih menu tersebut kalian tekan tombol Power
  4. Kemudian kalian pilih menu Yes dan kemudian smartphone akan memulai ulang dengan proses instal ulang di smartphone.

Pada cara instal HP ini kalian bisa instal custom ROM juga, tapi kalian harus persiapkan dulu file custom ROM tersebut terlebih dahulu. Kemudian nanti kalian pilih boot option dengan menggunakan SD card di smartphone tersebut dan kemudian pilih restart dan pilih YES. Nanti akan dimulai proses install custom ROM tersebut di smartphone kalian, tapi kalian perlu pastikan Custom ROM sesuai dengan jenis smartphone.

Pilihan Cara Install HP Jenis Iphone

Cara instal HP Iphone itu berbeda dengan android, caranya hanya ada satu yakni dengan terhubung menggunakan komputer atau laptop. Kalian harus terhubung dengan Apple Center terlebih dahulu di komputer barulah kalian bisa melakukan install ulang tersebut. Berikut ini kami akan jelaskan bagaimana langkahnya.

  1. Pertama-tama kalian harus install software Apple terlebih dahulu di komputer atau laptop kalian.
  2. Langkah kedua hubungkan dengan kabel data smartphone Apple kalian ke komputer
  3. Kemudian buka aplikasi Apple Center tersebut dan lihat apakah smartphone Apple kalian sudah terhubung. Bila terhubung akan ada keterangan statusnya dan kalian bisa membuka file yang ada di Iphone
  4. Langkah berikutnya kalian pilih menu Factory Reset, nanti kalian akan diminta back up data terlebih dahulu.
  5. Setelah itu proses instal ulang akan dimulai.

Demikianlah cara instal HP dengan mudah baik android maupun Iphone. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar