Cara Membuat Pola Hp di Android

Mengetahui cara membuat pola hp akan sangat membantu kalian dalam meningkatkan keamanan smartphone. Apalagi, saat ini smartphone menjadi benda yang bisa menyimpan hampir semua data – data penting baik yang bersifat personal maupun pekerjaan.

Dengan adanya pengunci layar pola, kita bisa mencegah data – data tersebut bocor atau diketahui oleh orang lain. Selain itu pola dalam hp juga bisa mencegah peretasan smartphone dan mencegah hp kita disalah gunakan ketika hilang atau dicuri. Tetapi, bagaimana membuat pola hp khususnya di hp Samsung? Dan bagaimana jika kita lupa dengan pola yang kita buat sendiri? Kita akan membahas semuanya dalam artikel berikut ini.

Daftar Isi

Manfaat Membuat Pola HP

Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, manfaat utama dari membuat pola di hp adalah untuk mencegah data yang ada dalam smartphone kalian diketahui orang luar tanpa sepengetahuan pemiliknya. Memang saat ini, banyak orang yang usil dan suka membuka hp orang lain dan membuka data – data seperti foto atau video. Padahal, tindakan tersebut sebenarnya melanggar hokum yang berkaitan dengan privasi.

Oleh karena itu untuk mencegahnya, kita perlu membuat kunci layar hp yang ketat dan tidak bisa dibuka oleh orang lain dengan mudah. Salah satunya adalah dengan cara membuat pola hp ini. Jadi, jangan menyepelekan pentingnya keamanan hp lagi bila kalian tidak ingin data dalam smartphone kalian disebarkan, dihapus, atau dibaca oleh orang lain.

Cara Membuat Pola HP Samsung

Untuk membuat pola hp di smartphone Samsung, kalian semua perlu mengikuti langkah – langkah yang ada di bawah ini.

  • Pertama, masuk ke “Pengaturan” atau “Setting”
  • Kemudian cari menu “Keamanan” atau “Security”
  • Lanjutkan ke menu “Kunci Layar”
  • Akan ada beberapa pilihan menu kunci layar yang bisa kalian pilih seperti face unlock, sidik jari, pin, suara dan lain – lain. Tetapi kali ini kita memilih kunci “Pola”
  • Buat pola pertama yang ingin kalian gunakan
  • Usahakan membuat pola yang rumit dan sulit ditiru oleh orang lain namun mudah kalian ingat
  • Akan lebih baik jika pola tidak dibuat berurutan dan semua titik yang ada di layar terlewati alias digunakan
  • Jika sudah, klik “Lanjutkan”
  • Masukan pola yang sama satu kali lagi untuk memverifikasi pola yang kalian buat
  • Kemudian klik “Konfirmasi” untuk mengaktifkan pola

Untuk melihat apakah kunci layar dengan pola sudah aktif atau belum, kalian bisa langsung mengunci layar hp. Kemudian, nyalakan lagi dan lihat apakah kolom pola sudah muncul di layar atau belum. JIka belum, matikan hp dan nyalakan ulang untuk mengaktifkannya.

Bagaimana Jika Lupa Pola HP?

Lupa pola sudah menjadi masalah biasa bagi para pengguna smartphone. Terkadang karena terlalu rumit, kita tidak bisa membuka pola hp atau lupa pola hp kita sendiri dan justru hp jadi tidak bisa digunakan karena terkunci. Tetapi, masalah ini bukanlah masalah yang serius. Sebab ada banyak cara untuk mencegah dan mengatasi masalah lupa pola.

Salah satunya adalah dengan melakukan hard reset. Memang dengan hard reset semua data kalian akan hilang dan smartphone menjadi ke pengaturan pabrik kembali. Tetapi kunci layar akan secara otomatis terbuka. Sedangkan untuk mencegahnya adalah kalian bisa menyimpan contekan atau petunjuk yang tidak bisa dimengerti oleh orang lain. Biasanya contekan dibuat di buku catatan atau tempat – tempat yang sering kita datangi.

Itulah pembahasan mengenai cara membuat pola hp, manfaatnya, serta apa yang harus dilakukan jika lupa pola. Karena hp kini menjadi barang yang menyimpan banyak data penting, jangan pernah ragu untuk memasang pola pada kunci layar hp kalian.

Leave a Comment