Cara Reset Hp Samsung

Cara reset hp samsung tergolong mudah dibandingkan provider hp lainnya. Melakukan reset ulang pada android atau Factory Reset biasanya bertujuan untuk mengembalikan software dan sistem di hp android seperti kondisi awal atau mode pabrik. Hal ini biasanya diperlukan saat hp kalian mengalami kerusakan atau jika kalian ingin menjual hp, tentunya kalian tidak ingin data-data pribadi di hp ikut terjual dan disalahgunakan oleh pembeli hp kalian.

Sebelum melakukan reset ulang hp samsung kalian. Tentunya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, yaitu mengamankan atau back up data-data penting yang ada di hp kalian, karena reset ulang ini akan menghapus seluruh data dan aplikasi tambahan yang ada di hp kalian. Hal ini sangat penting, karena jika terlanjur terhapus tidak dapat dikembalikan atau akan terhapus permanen. Jadi, sebelum menyesal langkah ini sangat penting dilakukan.

Meskipun cara restart hp samsung ini tergolong mudah, ternyata masih banyak yang bertanya dan belum paham bagaimana cara reset ulang hp samsung. Reset ulang hp samsung bisa dilakukan tanpa tambahan alat bantu lain. Kali ini saya akan menjelaskan tahapan-tahapan untuk reset ulang hp samsung kalian dengan mudah dan terperinci.

Tahap Persiapan Reset Hp Samsung

Sebelum melakukan reset hp android terutama hp samsung sebaiknya kalian melakukan beberapa persiapan. Persiapan ini lebih ke keamanan data, karena jika melakukan reset hp android tanpa mengamankan data bisa di pastikan data akan hilang. Berikut ini beberapa hal yang perlu kalian lakukan sebelum melakukan reset hp samsung.

  1. Membackup data, sebelum melakukan melakukan reset atau restart hp sebaiknya kalian membackup data terlebih dahulu, mulai dari data kontak, foto, video dan juga data yang lainnya
  2. Jika kalian menggunakan memori tambahan (Micro SD) sebaiknya dilepas terlebih dahulu
  3. Lakukan pengisian baterai hp sebelum melakukan reset minimal 75 %. Jika hal ini tidak dilakukan dan ketika sedang melakukan reset hp tiba tiba baterai lowbet maka akan gagal dan akan menimbulkan hal yang tidak diinginkan
  4. Pelajari dulu step by step cara reset hp samsung
  5. Ikuti langkah langkah yang sudah dipelajari dengan benar dan teliti
  6. Tetap tenang jika terjadi bootloop

Setelah melakukan beberapa persiapan diatas silahkan ikuti beberapa cara restart hp android terutama hp samsung berikut ini.

Cara Restart Hp Samsung Semua Tipe

Jika kalian ingin melakukan reset hp terutama hp samsung j2 prime, Duos sampai hp samsung terbaru, kalian tak perlu khawatir lagi, berikut ini beberapa cara melakukan reset hp samsung dengan mudah dan benar.

Cara Restart Hp Samsung dengan Menu Pengaturan

Hp samsung merupakan salah satu hp yang sudah terkenal dan juga banyak digunakan oleh banyak orang akan tetapi beberapa orang belum mengetahui bahwa hp sistem operasi samsung ada dua yaitu OneUI dan TouchWiz. OneUI merupakan sistem operasi yang digunakan oleh hp samsung terbaru sedangkan sistem operasi TouchWiz digunakan pada hp samsung tipe lama. Cara meresetnya pun berbeda. Berikut ini caranya.

Sistem Operasi OneUI

  1. Buka hp samsung terbaru kalian
  2. Kemudian buka aplikasi .pengaturan atau setting
  3. Setelah itu silahkan pilih Manajemen Umum atau General Management
  4. Kemudian pilih Reset lalu pilih Reset Data Pabrik atau Factory Data Reset
  5. Setelah itu akan ada interface baru yang isinya beberapa data dan aplikasi akan dihapus
  6. Silahkan klik Reset dan tunggu sampai proses selesai

Sistem Operasi TouchWiz

  1. Buka hp android samsung kalian
  2. Silahkan buka aplikasi Pengaturan atau Setting
  3. Kemudian pilih Backup dan Reset
  4. Setelah itu silahkan pilih Factory Data Reset
  5. Disini akan ada opsi Backup My Data kaian bisa mencentangnya
  6. Kemudian kalian klik Factory Data Reset dan tunggu beberapa saat sampai proses selesai

Cara Reset Hp Samsung dengan Kode Rahasia

Selain menggunakan menu pengaturan kalian juga bisa menggunakan kode untuk melakukan reset hp samsung. Perlu diingat cara ini bisa dilakukan jika hp samsung yang ingin kalian reset masih bisa membuka keyboard. Langsung saja berikut ini cara mereset hp samsung yang bisa kalian lakukan.

  • Buka hp samsung yang ingin di reset
  • Silahkan buka aplikasi telepon atau Dial
  • Untuk reset hp samsung silahkan ketik kode berikut ini *2767*3855#
  • Setelah itu akan tampil menu Factory Reset
  • Kalian bisa langsung mengikuti langkah selanjutnya.

Reset Hp Samsung dengan System Recovery

Cara reset hp android yang terakhir adalah dengan menggunakan system recovery. System recovery bisa dilakukan dengan cara menekan tombol kombinasi. Pada hp samsung ada beberapa cara untuk masuk ke system recovery tergantung dari tipe hpnya. Salah satunya menggunakan tombol kombinasi Volume Up + HOME + Power. Berikut ini cara restart hp android dengan system recovery.

  1. Jika hp samsung dalam keadaan hidup silahkan dimatikan terlebih dahulu
  2. Setelah itu silahkan tekan tombol Volume Up + HOME + Power secara bersamaan selama beberapa saat
  3. Setelah itu kalian akan masuk ke system recovery
  4. Gunakan Volume Up dan Down untuk menjalankan hp
  5. Silahkan cari Factory reset / wipe data
  6. Setelah ketemu silahkan tekan tombol Home
  7. Tombol Home digunakan untuk menjalankan proses reset
  8. Lalu tunggu beberapa saat sampai proses selesai
  9. Kemudian kalian pilih Reboot System Now
  10. Tunggu sampai selesai

Itulah tadi beberapa cara reset hp samsung yang bisa kalian lakukan. Cara ini bisa dilakukan di semua tipe hp samsung baik itu samsung J2 Prime, J5, J7, Duos sampai hp samsung terbaru juga bisa kalian gunakan cara ini.

Categories Android

Leave a Comment