Cara Cek Garansi Hp Samsung

Seiring perkembangan teknologi yang semakin pesat. Para produsen hp terutama hp samsung terus meningkatkan kualitas dan juga fitur di dalamnya sehingga akan meningkatkan minat pengguna hp, namun tak jarang pula ada hp yang tiba tiba mengalami error atau mengalami kerusakan. Jika mengalami hal seperti ini kalian harus melakukan cara cek garansi samsung terlebih dahulu.

Jika kalian membeli hp samsung baru atau second dan belum lama membelinya ada baiknya kalian cek garansi hp samsung tersebut. Cara melakukan pengecekan garansi hp terutama hp samsung sangatlah mudah untuk dilakukan.

Ada beberapa hal yang perlu disiapkan dan juga ada syarat serta ketentuan dalam melakukan klaim garansi hp samsung. Untuk lebih lanjut silahkan simak penjelasan berikut ini.

Syarat dan Ketentuan Garansi Samsung

Sebelum membahas bagaimana cara mengecek garansi hp samsung ada baiknya kalian mengetahui terlebih dahulu apa saja syarat dan ketentuan garansi hp samsung. Berikut ini persyaratan dan ketentuan yang harus kalian ketahui.

  1. Jika ingin melakukan klaim garansi hp samsung maka hp samsung kalian harus mempunyai hp samsung yang memang dijual oleh PT. Samsung Electronics Indonesia dan tentunya hanya di pasarkan di indonesia bukan hp Black Market
  2. Waktu garansi hp samsung biasanya hanya 12 bulan jika lebih dari itu maka sudah tidak bergaransi
  3. Tidak akan dipungut biaya hardware jika masih dalam waktu garansi
  4. Dalam melakukan perbaikan hp atau klaim garansi hanya bisa dilakukan di service centre samsung yang ada di seluruh indonesia dan harus membawa kartu garansi
  5. Jika data pada kartu garansi tidak lengkap seperti model, nomor IMEI dan yang lainnya maka garansi tidak berlaku. Jika ingin mengetahui nomor IMEI kalian bisa melihat cara cek IMEI samsung pada artikel sebelumnya.
  6. Jika nomor IMEI, nomor seri atau yang lainnya diubah maka garansi akan tidak berlaku
  7. Jika kalian sengaja melakukan hal hal yang tidak sesuai dengan apa yang sudah diinformasikan pada buku petunjuk maka garansi tidak berlaku. Contohnya memasukkan hp kedalam air dan yang lainnya
  8. Garansi tidak berlaku jika hp mengalami kerusakan karena bencana alam
  9. Garansi tidak akan berlalu jika pengguna hp samsung yang salah, misalnya layar retak akibat tekanan, konslet karena tidak menggunakan charger asli, tergores, berjamur atau berkerak dan bernoda
  10. Segel/hologram yang sudah rusak karena sudah diperbaiki di luar
  11. Garansi tidak berlaku jika pengguna hp samsung melakukan modifikasi software seperti melakukan root atau melakukan flash dan yang lainnya
  12. Garansi tidak akan berlaku jika masa garansi telah habis atau lebih dari satu tahun.

Cara Mengecek Garansi Hp Samsung

Dalam melakukan pengecekan garansi hp samsung kalian bisa menggunakan tiga cara yang akan saya bahas ini. Silahkan disimak baik baik ya.

Cara Cek Garansi Samsung dengan Online

Cara melakukan pengecekan garansi hp samsung yang pertama adalah dengan cara online atau melalui website. Cara ini cukup mudah dilakukan asalkan kalian mengetahui nomor IMEI dari hp samsung kalian. Langsung saja berikut ini caranya.

  • Pastikan kalian mengetahui nomor IMEI hp samsung
  • Atau jika belum mengetahui nomor IMEI kalian bisa masuk ke dial up kemudian ketik kode *#06# lalu klik panggil
  • Setelah itu akan muncul informasi dua nomor IMEI dan Serial Number, silahkan kalian catat kedua nomor IMEI dan serial numbernya
  • Kemudian silahkan masuk ke website https://www.imei.info/
  • Setelah itu silahkan login terlebih dahulu
  • Jika sudah berhasil login masukkan salah satu kode IMEI hp samsung kalian, jangan lupa klik I’M Not Robot kemudian Klik Check
  • Disini kalian akan mengetahui spesifikasi dari hp samsung kalian, silahkan di samakan
  • Silahkan scroll sampai bawah, sampai ketemu tombol WARRANTY via SN
  • Silahkan klik tombol WARRANTY via SN kemudian masukkan nomor Serial Number yang sudah di catat tadi
  • Lalu klik Check Samsung Phone Detail
  • Tunggu beberapa saat sampai muncul beberapa informasi, silahkan lihat pada bagian Factory Warranty Till
  • Nah disinilah kalian bisa melihat akhir dari masa garansi hp samsung yang kalian miliki

Cara Cek Garansi Hp dengan Kode Samsung

Cara melakukan pengecekan garansi hp samsung selanjutnya adalah menggunakan kode. Seperti yang sudah saya katakan pada artikel artikel sebelumnya bahwa ada banyak sekali kode yang bisa digunakan pada hp samsung salah satunya adalah kode untuk melakukan pengecekan garansi hp samsung. Untuk caranya gak rumit kok silahkan ikuti cara berikut ini.

  • Silahkan buka hp samsung kalian
  • Kemudian buka aplikasi telepon kemudian masuk ke dial up
  • Setelah itu ketik kode #12580369# lalu klik panggil
  • Tunggu beberapa saat sampai muncul beberapa informasi
  • Silahkan kalian perhatikan pada bagian RF CAL
  • Pada bagian itu terdapat informasi mengenai tahun buat atau produksi hp samsung
  • Contohnya RF CAL : 20200318. Angka tersebut bisa diartikan tanggal 18 bulan Maret tahun 2020 yang artinya tahun pembuatan atau produksi hp samsung tersebut adalah 18 maret 2020

Cara Cek Garansi Hp dengan Datang ke Service Center Samsung

Cara cek garansi samsung yang selanjutnya adalah dengan datang langsung ke service centre samsung. Service centre samsung ada diseluluh indonesia, silahkan datang ke service centre terdekat. Jika kalian ingin langsung datang ke service centre ada baiknya kalian membawa semua perlengkapan yang dibutuhkan. Misalnya kartu garansi dan yang lainnya.

Setelah datang ke service centre samsung terdekat silahkan kalian tanyakan tentang garansi hp samsung yang kalian punya kepada petugas.

Cara Melakukan Klaim Garansi Hp Samsung

Setelah mengetahui mengenai garansi hp samsung dan ingin melakukan klaim hp samsung silahkan persiapkan beberapa hal berikut ini.

  • Siapkan nota pembelian
  • Jika tidak ada nota pembelian maka akan dihitung dengan bulan pembuatan/produksi
  • Siapkan kartu garansi, dus box dan tentunya hp samsung
  • Silahkan datang langsung ke service centre samsung terdekat
  • Setelah datang ke service centre maka hp akan dilakukan pengecekan apakan akan tercover atau tidak
  • Jika kerusakan dikarenakan pengguna seperti terkena air, hp terjatuh, layar hp pecah dan yang lainnya maka tidak akan tercover.

Nah itulah tadi beberapa cara cek garansi samsung yang bisa kalian lakukan dan juga bagaimana melakukan klaim hp samsung. Semoga saja artikel tentang cara cek garansi hp samsung bisa memberikan informasi yang bermanfaat untuk kalian.

Leave a Comment