Inilah 5+ Cara Terbaik Lindungi Laptop Dari Ransomeware

Inilah 5+ Cara Terbaik Lindungi Laptop Dari RansomewareDitengah berkembangnya teknologi seperti sekarang ini menimbulkan banyak manfaat bagi setiap orang.

Kini hampir setiap dari kita bisa dengan mudah mendapatkan informasi ataupun kabar dari orang orang yang sedah berada jauh dari kita.

Tak hanya itu,dengan berkembangnya teknologi juga ada hal yang harus diperhatikan mengenai dampak negatifnya.

Ada banyak hal negatif seiring berkembangnya teknologi,mulai dari ancaman cybercrime hingga hacker yang kerap kali mengancam.

Untuk itu kalian harus mengetahui beberapa jenis ancaman yang terdapat pada perkembangan teknologi seperti sekarang.

Berbagai jenis ancaman pada dunia teknologi terutama bagi kalian yang memiliki laptop adalah Ransmomeware.

Ransomeware merupakan sebuah perangkat lunak atau malware yang bisa mengancam dan memblokir akses keamanan pada laptop kalian.

Ancaman ini bisa benar benar serius apabila tidak segera melakukan tindakan pencegahan atau perbaikan secepat mungkin.

Maka dari itu ada hal hal yang harus kalian perhatikan ketika menggunakan teknologi yang bersifat mencurigakan.

Berikut ini akan berikan beberapa tips dan trik Cara Terbaik Lindungi Laptop Dari Ransomeware agar kalian tidak menjadi korban.

Inilah 5+ Cara Terbaik Lindungi Laptop Dari Ransomeware

1. Pasang Antivirus Terupdate

Cara Terbaik Lindungi Laptop Dari Ransomeware yang pertama adalah dengan memasang antivirus terupdate.

Hal ini cukup penting untuk dilakukan sebab dengan aplikasi ini otomatis laptop akan memiliki sistem pertahanan yang akan otomatis menghalangi masuknya virus ke dalam laptop.

Selain itu juga dengan memasang antivirus,kalian juga akan merasa lebih aman. Bahkan ada beberapa aplikasi antivirus yang mampu untuk menghapus otomatis ransomeware yang masuk seperti Malwarebytes.

Setelah kalian memasang aplikasi tersebut jangan lupa untuk memperhatikan setiap gerak gerik yang mencurigakan dari adanya serangan virus.

Hal yang tak kalah penting lainya adalah untuk selalu mengupdate aplikasi antivirus yang sudah terpasang.

2. Hindari Website Yang Mencurigakan

Hal yang tak kalah penting lainya untuk kalian lakukan adalah hindari situs atau website yang dirasa cukup mencurigakan.

Ini bisa menjadi salah satu cara Terbaik Lindungi Laptop Dari Ransomeware lho. Sebab saat ini ada banyak sekali modus dari para pelaku kejahatan cyber yang memasukan scame terhadap sebuah link.

Apabila kalian tidak hati hati dan waspada maka bukan tidak mungkin kalian akan menjadi korban kejahatan cyber.

Selain membuka link link berbahaya kalian juga harus berhati hati jika ingin mengunduh sebuah aplikasi ataupun video yang terdapat di internet.

Dengan memiliki sikap waspada terhadap link yang mencurigakan,kalian bisa mencegah penyebaran dari kejahatan cyber.

3. Rutin Mengupdate Software

Cara Terbaik Lindungi Laptop Dari Ransomeware yang selanjutnya adalah dengan cara rutin mengupdate setiap software.

Meskipun masih banyak dari kita yang belum aware atau peduli terhadap hal tersebut,padahal efeknya cukup baik lho.

Cara ini bisa menjadi solusi dan tepat untuk mencegah terjadinya masalah peretasan dan ransomeware. Dengan mengupdate software yang ada,maka kecil kemungkinan kalian untuk menjadi korban ransomeware.

Sebab dengan mengupdate setiap software maka setiap bug yang ada di dalam nya akan segera menghilang.

Bug yang terdapat pada setiap software merupakan makanan yang empuk untuk dimanfaat oleh para pelaku.

Maka dari itu Kalian harus rajin dan rutin untuk mengecek kembali setiap software yang ada,terutama pada operasi sistemnya.

4. Tampilkan Keterangan File

Cara Terbaik Lindungi Laptop Dari Ransomeware adalah untuk bisa menampilkan keterangan file yang ingin kalian gunakan atau unduh.

Hal ini jelas sangat penting mengingat para pelaku kejahatan cyber biasanya menyembunyikan ransomewarenya didalam file yang berbentuk foto,video ataupun yang lainya.

Maka dari itu kalian harus bisa dan jeli untuk melihat setiap file yang ingin atau akan kalian unduh.

Modus yang sering digunakan oleh para pelaku biasanya memakai trik bagi bagi hadiah dan kalian akan diarahkan untuk mengelkik file yang berisi ransomeware.

Cara agar bisa terhindar dari hal tersebut adalah bisa kalian mengaktifkan fitur ini dengan cara membuka File Explorer Options dan tab View, selanjutnya hapus tanda centang pada kotak “Hide extensions for known file types”.

5. Selalu Backup File Penting Di Laptop

Cara Terbaik Lindungi Laptop Dari Ransomeware yang terakhir adalah dengan selalu backup data atau file penting yang ada di dalam laptop.

Jika laptop kalian sudah diserang oleh virus ransomeware,biasanya kalian tidak bisa mengakes data atau file penting yang ada di dalamnya.

Hal ini akan dimanfaatkan oleh pelaku untuk meminta uang tebusan agar kalian bisa membukanya kembali.

Nah maka dari itu,hal yang harus kalian lakukan sebelum itu terjadi pada kalian adalah dengan cara membackup data penting.

Agar apabila terjadi hal yang tidak diinginkan,kalian bisa tetap membuka file tersebut dengan mudah.

Itulah beberapa cara Terbaik Lindungi Laptop Dari Ransomeware yang bisa kami berikan kepada kalian. Semoga dengan adanya artikel ini bisa menambah wawasan ataupun informasi untuk kalian nantinya.

 

Tinggalkan komentar