6 Cara Membuka Pola HP yang Lupa, Tanpa di Servis

Cara Membuka Pola HP yang Lupa, Tanpa di ServisAnda wajib tahu cara membuka pola HP yang lupa, terutama ketika sering mengganti pola HP. Sebenarnya pola HP sangat bermanfaat untuk melindungi keamanan perangkat.

Anda bisa mencegah orang lain mengakses data pribadi pada perangkat. Akan tetapi, bisa saja lupa dengan pola yang sudah dibuat untuk mengamankan HP. Karena lupa, tentu jadi tidak bisa membuka ponsel sendiri.

Tentu saja jika muncul masalah demikian harus segera diatasi. Jangan sampai komunikasi dengan orang lain terputus karena tidak dapat membuka HP sendiri.

Pilihan Cara Membuka Pola HP yang Lupa Tanpa Pergi ke Tempat Service HP 

Biasanya ketika masyarakat lupa dengan pola, lantas segera pergi ke tempat service HP. Padahal, Anda bisa mengatasi masalah tersebut secara mandiri di rumah. Seperti ini cara untuk mengatasinya.

1. Mengandalkan Forgot Pattern

Salah satu cara membuka pola HP yang lupa ialah dengan mengandalkan fitur forgot pattern. Anda dapat memanfaatkan fiturnya ketika sudah mencoba memasukkan pola beberapa kali lantas gagal.

Mengandalkan fitur forgot pattern ini tergolong cara yang mudah untuk dilakukan. Anda hanya perlu memasukan akun Google yang tersambung dengan smartphone dengan langkah di bawah ini.

  • Pilihan Forgot Pattern

Tatkala Anda salah dalam memasukkan pola sebanyak 5 kali, umumnya akan muncul pilihan “forgot pattern”. Jadi klik saja pilihan tersebut untuk mulai mengatasi masalahnya.

  • Masuk Akun Google 

Anda akan diarahkan ke layar lainnya, apakah hendak mengandalkan pertanyaan keamanan atau akun Google. Silahkan masuk ke akun Google yang telah terpasang pada smartphone.

  • Pilihan Penggantian 

Akan ada pilihan penggantian, berupa penggantian password, PIN atau pola yang sudah Anda punya sebelumnya. Silahkan pilih penggantian pola sesuai keperluan awal.

  • Buat Baru atau Nonaktifkan Fitur

Anda boleh membuat password atau pola baru untuk menggantikan yang lama. Boleh pula menonaktifkan fiturnya melalui menu pengaturan pada smartphone.

2. Mengandalkan Aplikasi Dr.Fone Screen Unlock

Cara membuka pola HP yang lupa selanjutnya ialah dengan mengandalkan aplikasi Dr.Fone. Aplikasi tersebut akan membantu untuk mengakses layar yang sedang terkunci. Seperti tutorial dalam menggunakan aplikasi Dr.Fone Screen Unlock.

  • Mengunduh Dr.Fone

Pertama-tama, unduh aplikasi resmi Dr.Fone melalui website resmi Wondershare. Lantas, buka aplikasinya melalui perangkat berupa PC. Jangan mengunduh aplikasinya menggunakan perangkat smartphone.

  • Klik Menu Screen Unlock dan Hubungkan Ponsel ke PC

Apabila aplikasinya telah terbuka pada layar, silahkan klik menu Screen Unlock. Lantas, segera hubungan ponsel ke PC memakai kabel USB.

  • Menentukan Tipe Smartphone

Lanjutkan cara membuka pola HP yang lupa dengan menentukan tipe ponsel, contohnya jika menggunakan jenis Android, maka pilih Unlock Android Screen. Lantas, tentukan pula tipe ponsel sesuai dalam daftar dari aplikasi Dr.Fone.

  • Mode Download

Ikuti saja instruksi dari aplikasinya sampai smartphone ada di mode download. Matikan smartphone dan tekan volume bawah, home serta power bersama-sama. Lantas, tekan volume atas untuk masuk ke mode download.

  • Pemulihan

Ponsel akan mengalami pemulihan dalam beberapa waktu. Tunggu saja sampai prosesnya berhenti dan tekan Remove Now supaya bisa membuka pola ponselnya.

3. Mengandalkan Find My Device

Cara membuka pola HP yang lupa berikutnya ialah mengandalkan fitur Find My Device. Apabila ingin mengandalkan fitur tersebut, siapkan PC atau laptop dan ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Mengakses Aplikasi Browser 

Setelah menyiapkan PC atau laptop, silahkan akses aplikasi browser di PC atau laptop. Jangan lupa menyambungkan perangkat dengan koneksi atau jaringan internet.

  • Akses Website Find My Device

Langkah berikutnya ialah akses website Find My Device pada PC atau laptop. Lantas lakukan log in memakai akun Google Anda sendiri.

  • Temukan Menu Secure Device

Setelah bisa mengakses fitur Find My Device, temukan dan klik menu Secure Device. Nantinya akan muncul opsi untuk mengganti password.

  • Buka Ponsel

Jika semua langkah di atas sudah selesai dilakukan, silahkan membuka ponselnya menggunakan password baru. Jadi, tidak perlu lagi ke tempat service HP untuk mengatasi masalah lupa pola.

4. Mengandalkan Android Safe Mode

Cara membuka pola HP yang lupa lainnya ialah dengan mengandalkan fitur Android Safe Mode. Fiturnya bisa dimanfaatkan ketika ponsel terkunci akibat aplikasi pihak ketiga.

  • Tekan Tombol Power 

Langkah pertama untuk menggunakan fitur ini ialah dengan menekan tombol power sampai beberapa detik. Jangan hanya menekan tombolnya satu kali namun tidak menahan dan menunggu. 

  • Klik Pilihan Power Off

Langkah selanjutnya ialah mengambil pilihan Power Off hingga muncul pilihan Reboot to Safe Mode. Lantas, klik saja tombol OK untuk mengonfirmasi akses ke Safe Mode.

  • Uninstall Aplikasi Lock Screen yang disediakan Pihak Ketiga

Sekarang, silahkan uninstall aplikasi lock screen dari pihak ketiga. Kemudian, akses mode normal dengan menjalankan restart pada smartphone. Ini adalah langkah paling akhir dalam penggunaan fitur Safe Mode.

5. Mengandalkan Aplikasi Droid Kit

Selain menggunakan aplikasi Dr.Fone Screen Unlock, Anda juga bisa menerapkan cara membuka pola HP yang lupa dengan aplikasi Droid Kit. Seperti ini panduan dalam pengoperasian aplikasinya.

  • Memasang Aplikasi Droid Kit

Langkah pertama, siapkan dahulu PC atau laptop. Lantas, pasang aplikasi pada PC atau laptop. Mirip dengan aplikasi Dr.Fone Screen Unlock yang harus dipasang pada PC atau laptop.

  • Klik Screen Unlocker 

Apabila aplikasinya sudah terpasang pada PC atau laptop, silahkan buka aplikasinya untuk menerapkan cara membuka pola HP yang lupa. Lantas, temukan dan klik Screen Unlocker yang tersedia di dalamnya.

  •  Menghubungkan Ponsel dengan PC atau Laptop

Sekarang hubungkan smartphone menggunakan kabel USB pada PC atau laptop. Jika sudah terhubung, aplikasi Droid Kit akan memproses file konfigurasi. Nantinya Anda harus klik tombol Remove Now.

  • Droid Kit Bekerja Membuka Ponsel

Pada tahap ini, Droid Kit akan memeriksa merek dari smartphone yang terkunci. Lantas, aplikasinya akan bekerja membuka ponsel yang terkunci. 

6. Mengandalkan Aplikasi 4uKey

Cara membuka pola HP yang lupa selanjutnya ialah dengan mengandalkan aplikasi 4uKey. Jadi, selain aplikasi Dr.Fone Screen Unlock dan Droid Kit, Anda bisa menggunakan 4uKey dengan panduan di bawah ini.

  • Unduh Aplikasi 4uKey

Langkah pertama tentu saja mengunduh dan memasang aplikasi Tenorshare 4uKey untuk android menggunakan perangkat PC atau laptop. Mirip dengan langkah pertama pada tutorial penggunaan aplikasi Dr.Fone Screen Unlock dan Droid Kit.

  • Menyambungkan Ponsel dengan PC

Langkah selanjutnya juga masih mirip, yakni dengan menyambungkan ponsel dan PC menggunakan kabel USB. Jadi, apabila ingin menerapkan tutorial ini, siapkan perangkat PC atau laptop dan kabel USB.

  • Pilih Hapus Kunci Layar

Sekarang silahkan pilih Hapus Kunci Layar. Nantinya aplikasi 4uKey akan mengidentifikasi perangkat yang tersambung dan mulai memproses penghapusan polanya. Setelah proses ini, maka masalah teratasi.

Jadi, apabila Anda lupa pola HP yang terkunci, tidak perlu sampai panik dan bergegas pergi ke tempat service. Cukup mencoba beberapa cara membuka pola HP yang lupa dalam artikel ini.

Tinggalkan komentar