5 Cara Cek Kerusakan HP Samsung

Jika kalian memiliki bisnis reparasi handphone atau baru saja membeli hp Samsung, kalian wajib tahu cara cek kerusakan hp Samsung sendiri. Apalagi jika kalian membeli smartphone pre owned, second, atau refurbished.

Untuk mengetahui apa saja kekurangan dan kerusakan hp Samsung, kalian tidak perlu membawanya ke tempat service smartphone. Ada banyak cara cek kerusakan hp Samsung sendiri baik dengan menggunakan software maupun alat khusus. Dan kali ini, kita akan membahas tentang 5 cara mendeteksi kerusakan smartphone Samsung sendiri tanpa membawa ke tukang service.

Cara Cek Kerusakan HP Samsung

cara yang digunakan untuk mengecek kerusakan hp ini hanya bisa digunakan khusus untuk hp Samsung dengan berbagai tipe dan model. Beberapa mungkin bisa digunakan untuk merk smartphone lain, namun tidak kerusakan yang ditampilkan tidak akurat.

Menggunakan Kode Rahasia

Kode Rahasia

Cara pertama untuk cek kerusakan hp Samsung adalah dengan menggunakan kode khusus. Kode ini bisa kalian temukan di buku manual yang ada di dalam box sesuai model smartphone yang dibeli. Jika kalian membeli hp tanpa box, maka kalian bisa menggunakan 3 kode ini untuk mengecek kerusakan smartphone.

  • *#0*# untuk cek kerusakan layar dan speaker
  • *#06# untuk cek tahun dan tempat pembuatan hp
  • *#*#4636#*#* untuk memeriksa lama penggunaan hp sejak diaktifkan pertama kali

Baca Juga : Cara Cek Layar Hp Samsung

Menggunakan Multitester

Multitester

Cara berikutnya adalah dengan menggunakan alat multitester yang bisa dibeli di toko elektronik atau material. Biasanya, multitester digunakan untuk memeriksa aliran listrik, tegangan dan lain – lain. Biasanya multitester bisa digunakan pada hp Samsung yang rusak karena masuk ke air, jatuh, konslet, atau karena terlalu lama di charge. Dengan alat ini, kalian bisa memeriksa komponen mana yang sudah rusak dan harus diganti.

Menggunakan AVOmeter

AVOmeter

Hampir mirip dengan multitester, AVOmeter juga merupakan alat yang bisa digunakan oleh para teknisi mesin, reparasi smartphone, atau pekerjaan lainnya yang berhubungan dengan listrik. Sebab AVOmeter memiliki fungsi untuk arus dan ada atau tidaknya aliran listrik.

AVOmeter alias Amphere, Volt, OHM Meter, digunakan untuk mengecek apakah listrik dari komponen satu dan lainnya masih terhubung. Biasanya komponen yang sudah tidak bisa mengalirkan listrik lagi akan disolder ulang agar kembali berfungsi.

AVOmeter juga bisa digunakan untuk mengecek kerusakan baterai hp Samsung. Caranya adalah dengan menempelkan ujung AVOmeter ke kutub positif dan negative. AVOmeter akan menampilkan ukuran arus yang dialirkan dari baterai. Bila arusnya kurang dari 3,7 volt, artinya kerusakan ada di baterai hp.

Menggunakan Aplikasi Phone Check And Test

Phone Check And Test

Cara untuk melihat kerusakan pada hp Samsung yang berikutnya adalah dengan menggunakan aplikasi Phone Check And Test. Aplikasi ini bisa kalian download melalui Google Play Store atau website download APK yang lain secara gratis.

Dengan aplikasi ini, kalian bisa tahu semua spesifikasi hp Samsung yang kalian gunakan dengan detail serta keterangan masing – masing kondisinya. Aplikasi ini juga sangat berguna untuk cek kerusakan di bagian audio hp.

Menggunakan Phone Doctor Plus

Phone Doctor Plus

Terakhir ada aplikasi Phone Doctor Plus yang bisa melakukan pemeriksaan pada hampir semua perangkat dan komponen yang ada dalam hp Samsung kalian. Dengan aplikasi ini, kalian bisa tahu komponen mana saja yang sudah melemah atau rusak dalam smartphone. Phone Doctor Plus juga bisa memeriksa bagian – bagian penting dalam smartphone seperti audio, layar, CPU, Memory, dan lain – lain.

Jika kalian kebingungan dalam membuka pola hp yang terkunci saya sudah membuatkan cara yang bisa kalian gunakan untuk membuka hanphone kalian.

Jadi seperti itulah cara cek kerusakan hp Samsung sendiri tanpa perlu membawa ke tempat service. Selain lebih hemat, kalian juga bisa belajar memperbaiki hp sendiri di rumah dengan semua cara ini.

Leave a Comment