9 Pilihan Aplikasi Penghemat Data untuk Pengguna Android

9 Pilihan Aplikasi Penghemat Data untuk Pengguna Android Adanya aplikasi penghemat data ternyata bisa sangat membantu untuk lebih menghemat penggunaan kuota internet. Apalagi harga paket kuota cukup mahal, mulai dari puluhan hingga ratusan ribu setiap bulannya.

Padahal saat ini penggunaan data tidak hanya untuk berselancar dunia maya saja, namun juga sebagai kebutuhan primer. Selain untuk berkomunikasi, kini penggunaannya juga penting untuk bekerja dan menghasilkan pendapatan.

Terkadang kamu tidak sadar menggunakan internet terlalu sering sehingga kuota cepat habis. Oleh sebab itulah, mengunduh aplikasi penghemat data dapat menjadi solusi untuk mendapatkan pengingat jika melebihi batas penggunaan kuota.

Tidak perlu khawatir, sebab ada cukup banyak pilihan aplikasinya terutama bagi pengguna android. Berbagai pilihan ini menyediakan fitur lengkap serta bisa kamu unduh melalui PlayStore baik secara gratis maupun berbayar.

9 Aplikasi Penghemat Data Pengguna Android

Jika penggunaan internet terkontrol, maka kamu bisa lebih menghemat pembelian kuota setiap bulannya. Berikut adalah beberapa aplikasi penghemat data yang bisa kamu gunakan untuk membantu menghemat penggunaan internet.

  1. Bawaan Provider

Pilihan Aplikasi Penghemat Data untuk Pengguna Android Mungkin tidak banyak orang menyadari jika setiap provider memiliki aplikasi bawaan untuk melihat sisa kuota yang dimiliki. Misalnya saja, MyTelkomsel untuk pengguna Telkomsel, MyXL jika menggunakan provider XL, dan lainnya.

Dengan mengetahui sisa paket internet, maka kamu bisa lebih menghemat ketika akan menggunakannya. Sebab, kamu pasti akan lebih mengurangi penggunaan kuota agar tidak cepat habis.

Aplikasi penghemat data ini juga akan membantu kamu mengetahui berapa banyak kuota yang digunakan pada setiap aplikasi. Jadi kamu tidak perlu terlalu sering membeli paket untuk aplikasi tertentu seperti Youtube, Spotify, Netflix, dan sebagainya.

  1. My Data Manager

My Data Manager banyak dijadikan rekomendasi karena menjadi aplikasi penghemat kuota terbaik karena beragam fitur di dalamnya. Fungsi utama dari aplikasinya sendiri adalah untuk melacak seberapa banyak kuota yang kamu gunakan.

Dengan menggunakan aplikasi penghemat data ini, kamu akan mendapat informasi mengenai perangkat lunak apa saja yang paling banyak menggunakan internet. Jika terlalu besar, maka bisa menghentikannya secara otomatis agar lebih hemat.

Informasi mengenai sisa kuota tentu saja akan membuat kamu lebih bijaksana dalam penggunaan internet sehingga tidak kehabisan kuotanya secara tiba-tiba. Selain itu, terdapat juga fitur yang akan memantau pemakaian datanya ketika terkoneksi Wi-Fi.

  1. 3G Watchdog

Pilihan Aplikasi Penghemat Data untuk Pengguna Android , 3G Watchdog mungkin menjadi aplikasi yang cukup asing di telinga, padahal aplikasi penghemat data sangat membantu menghemat kuota. Ada cukup banyak fitur di dalamnya, termasuk penanda jika kamu terlalu banyak menggunakan paket datanya.

Cara kerja 3G Watchdog ini juga sederhana, cukup melihat warna penanda pada layar. Jika aplikasinya masih menunjukkan warna hijau artinya normal, warna kuning penanda terlalu banyak penggunaan datanya, sementara warna merah menunjukkan kuota hampir habis.

Bukan hanya itu saja, 3G Watchdog juga memiliki fitur lain berupa pembatasan internet harian, mingguan, maupun bulanan. Dengan adanya fitur ini, kamu tidak akan punya alasan membeli kuota sebelum waktunya habis.

  1. Internet Speed Meter Lite

Internet Speed Meter Lite menjadi salah satu aplikasi penghemat data berikutnya yang bisa kamu coba. Aplikasinya sangat membantu dalam mengelola kuota serta mengontrol pemakaiannya sehingga tidak berlebihan dan cepat habis.

Para penggunanya juga akan mendapatkan informasi penggunaan kuota harian, mingguan, serta bulanan. Internet Speed Meter Lite juga menyediakan fitur untuk mengetahui peringkat aplikasi paling banyak menghabiskan kuota.

Jika mengetahui aplikasi apa saja yang terlalu banyak memakan data, kamu bisa mengatur aktivasi atau melakukan nonaktif sementara. Kamu bisa mengaktifkannya kembali ketika akan menggunakannya lagi.

Aplikasi penghemat data satu ini juga memiliki kelebihan lainnya, yaitu tidak menghabiskan daya baterai seperti perangkat lainnya. Jadi, kamu bisa menggunakannya kapan saja tanpa perlu khawatir baterai cepat habis.

  1. Data Usage

Data Usage menjadi salah satu layanan yang bisa membantu kamu lebih menghemat penggunaan internet. Dengan begitu, kamu juga tidak perlu lagi khawatir harus menambah pengeluaran untuk membeli kuota.

Aplikasi ini sendiri memiliki banyak sekali fitur menarik dan fungsional, misalnya usage status, set usage alerts, dan masih banyak lagi lainnya. Kamu juga bisa melakukan pelacakan data harian setiap perangkat lunak yang digunakan dengan aplikasi penghemat data ini.

Fitur lain dari aplikasi ini adalah notifikasi yang menunjukkan notifikasi yang menunjukkan data seluler maupun Wi-Fi. Bukan hanya itu saja, perangkat yang dikembangkan oleh oBytes ini juga memiliki tampilan elegan.

Dengan berbagai fitur unggulannya, tidak mengherankan jika aplikasi ini memiliki lebih dari 500 ribu pengguna. Jika kamu menggunakan smartphone android, maka bisa langsung mengunduhnya melalui Google PlayStore.

  1. Opera Mini

Opera Mini mungkin sudah tidak asing lagi bagi sebagian orang, namun tidak banyak yang tahu jika aplikasinya menjadi solusi dari beberapa permasalahan. Salah satunya, jika kamu memiliki permasalahan dengan bandwith terbatas maupun koneksi todak stabil.

Dengan menggunakan Opera Mini, nantinya data dan kecepatan internet dapat dikompresi. Kamu hanya pelu memiliki mode kompresi ‘High’ atau ‘Extreme’ dalam aplikasinya, sehingga aktivitas browsing menjadi lebih terkontrol.

Penggunaan aplikasi penghemat data ini juga bisa lebih menghemat kuota, salah satunya dengan mengurangi kualitas gambar, text wrap, protokol,dan sebagainya. Opera Mini sendiri bisa kamu unduh dengan mudah melalui Google PlayStore.

  1. Samsung Max

Samsung Max merupakan aplikasi yang paling sederhana jika dibandingkan lainnya karena dapat mengompres data dalam perangkat secara langsung. Kamu hanya perlu mengaktifkan jaringan seluler saja, kemudian aplikasinya akan mulai berjalan sesuai fungsinya.

Ketika kamu menginstal Samsung Max, maka aplikasinya akan langsung melakukan routing pada semua perangkat lunak dalam smartphone milikmu.  Hal ini dilakukan agar penggunaan kuota internet menjadi jauh lebih hemat.

Bukan hanya itu saja, aplikasi penghemat data ini juga bisa mengompresi video, foto,  maupun hakaman web. Kamu juga akan mengetahui perangkat lunak apa saja yang paling banyak menggunakan kuota internet sehingga bisa menonaktifkan atau memblokirnya.

  1. Neo Data

Neo Data telah digunakan oleh lebih dari 100 ribu pengguna android karen memiliki fitur yang dibutuhkan. Aplikasinya menjadi solusi paling cepat dalam memeriksa penggunaan internet seluler menurut operator yang digunakan secara real time.

Selain itu, aplikasinya juga akan menetapkan batas penggunaan hotspot seliler dan melacak penggunaannya. Dengan begitu, kamu bisa membagikan internet di rumah secara sadar dan mengetahui seberapa banyak penggunaannya.

Masih ada satu lagi kelebihan dari aplikasinya, yaitu kemampuan mengatur data dua SIM yang digunakan. Jadi tidak perlu lagi khawatir jika kamu menggunakan lebih dari satu SIM card pada smartphone milikmu.

  1. Glaswire Data Usage Monitor

Glaswire Data Usage Monitor menjadi rekomendasi aplikasi penghemat data terakhir yang bisa kamu coba. Sebab aplikasinya bisa membantu agar penggunaan internet tetap pada batas pemakaian normal dan memberi peringatan untuk menghindari kelebihan biaya,

Aplikasinya juga memungkinkan melihat grafik perangkat yang menggunakan data seluler maupun internet Wi-Fi. Selain itu, privasi juga lebih terlindungi karena terdapat fitur mengetahui aktivitas perangkat lunak yang mencurigakan.

Saat ini, internet menjadi salah satu kebutuhan pokok sehingga harus lebih menghemat data agar tidak menambah biaya kuota setiap bulannya. Agar lebih mudah menghemat kuota, ada baiknya mengunduh aplikasi penghemat data untuk pengguna android.

Tinggalkan komentar