7 Cara Mengatasi HP Ngeblank, Ampuh dan Mudah Dilakukan

Cara Mengatasi HP Ngeblank, Ampuh dan Mudah Dilakukan Pemakaian smartphone sudah merupakan hal biasa karena sangat banyak orang memiliki perangkat yang satu ini, dengan smartphone maka kita bisa mengakses hal-hal yang bermanfaat dengan mudah dan cepat. Tapi bisa saja terdapat masalah yang sering datang pada perangkat HP Android tersebut.

Cara mengatasi HP ngeblank sering dicari tahu orang-orang karena salah satu gangguan umum pada smartphone yaitu blank itu sendiri. Tandanya seperti memunculkan warna putih atau hitam pada layar.

Penyebab Smartphone Android Mengalami Blank

Lebih baik Anda tahu terlebih dahulu apa faktor penyebab kenapa tampilan layar HP jadi hitam putih? sebelum tahu bagaimana cara mengatasi masalah tersebut. Berikut beberapa penyebab umum smartphone bisa ngeblank:

1. Sistem smartphone yang tidak stabil

Salah satu sebab HP ngeblank yaitu bisa dikarenakan sistem smartphone tersebut tidak stabil. Penyebab blank putih/ hitam di layar sudah dapat dipahami para penggunanya jika memang sering terjadi. HP Android tersebut mungkin saja terlalu lelah menjalani sistem seiring dengan penggunaan yang berlebihan dari pengguna..

2. Smartphone mengalami Bootloop

Mengatasi HP Ngeblank,Bootloop merupakan kondisi smartphone yang tiba-tiba mati atau hidup sendiri, ada banyak orang menyebut hal ini dengan blank itu sendiri. Bootloop nantinya menampilkan layar berwarna hitam saja. Jika sudah seperti ini, maka smartphone melakukan proses perbaikan dengan sendiri saat sistem sudah tidak lagi dirasa sehat.

3. Sistem smartphone tidak bisa melakukan load

Saat HP baru saja dinyalakan, maka secara umum sistem seharusnya memuat otomatis, saat HP ngeblank maka bisa terjadi saat pemuatan yang terjadi kegagalan. Maka dari itu, smartphone Android bisa menampilkan layar satu warna baik itu putih atau pun hitam.

4. Ada komponen pada baterai yang rusak

Faktor lain HP ngeblank bisa juga terjadi ketika komponen baterai mempunyai tegangan yang kurang kuat. Jika sudah seperti itu, maka dapat mengakibatkan layar smartphone tidak lagi bisa menampilkan gambar secara sempurna.

5. Error atau kerusakan pada layar smartphone

Kondisi smartphone ngeblank bisa dikarenakan juga karena kondisi layar LCD atau komponen fleksibel layar terjadi kerusakan. Akan lebih baik Anda tahu apa penyebab jelas dari blank pada smartphone Anda sendiri untuk mempermudah solusi yang nanti akan diterapkan.

Cara Mengatasi Masalah HP Ngeblank

Kalau sudah tahu faktor-faktor penyebab kenapa LCD bisa hitam? atau ngeblank, selanjutnya tinggal cari tahu bagaimana solusi atau cara mengatasinya. Berikut beberapa solusi yang bisa Anda lakukan jika smartphone mengalami blank:

1. Lepas semua baterai dan kartu memori

Mengatasi HP Ngeblank ,Salah satu solusi mengatasi blank pada smartphone yaitu bisa dengan melepas baterai dan lepas juga kartu SIM atau kartu memori. Kalau sudah, silakan pasang kembali lalu kembali coba nyalakan HP tersebut. Pastikan Anda mematikan HP terlebih dahulu baru bisa melepas komponen-komponen tersebut. Coba tunggu beberapa saat, lalu coba HP dinyalakan kembali.

2. Menghapus Cache

Solusi atau cara mengatasi HP ngeblank lain yang bisa Anda coba yaitu dengan hapus cache pada smartphone Android Anda yang sedang digunakan. Pada umumnya, blank sangat sering terjadi karena jumlah sampah pada perangkat terlalu banyak, dalam hal ini cache juga bisa menjadi penyebabnya. Kalau sudah menumpuk, cache bisa mengganggu performa perangkat smartphone.

Maka dari itu, silakan Anda bisa hapus cache apa lagi kalau sudah sangat lama tidak dihapus. Berikut salah satu metode penghapusan cache pada smartphone:

  • Silakan terlebih dahulu Anda bisa matikan smartphone.
  • Lalu kemudian Anda bisa tekan lalu tahan “Power dan Volume Up atau Down” dengan bersamaan.
  • Kalau sudah, maka tunggu saja sesaat sampai nantinya HP Anda masuk ke dalam mode “Recovery”.
  • Setelah masuk, maka silakan Anda cari opsi “Wipe”, pilihlah bagian “Wipe Cache”.

3. Ganti baterai smartphone baru

Ada lagi cara mengatasi HP ngeblank lain yaitu dengan pergantian baterai. Umumnya cara satu ini dilakukan pada saat baterai mengalami kerusakan atau permasalahan tertentu. Lebih baik pastikan sebelum Anda melakukan pergantian baterai sesuaikan terlebih dahulu tipe baterai tersebut yang akan digunakan untuk smartphone Anda.

Pastikan pengganti sama mirip dengan yang baterai asli, agar bisa bertahan lebih lama, harus diganti dengan memakai baterai yang original.

4. Reset HP

Selanjutnya adalah reset HP sebagai cara mengatasi masalah ngeblank lainnya, hapus cache bisa saja terkadang tak selalu dapat mengatasi sistem smartphone yang tak dapat melakukan boot. Melakukan reset pabrik HP memang hampir umum untuk dilakukan, efeknya juga cukup membantu.

Untuk pengguna smartphone Android, sebenarnya cara melakukan reset untuk berbagai tipe Android tidak berbeda jauh. Coba ikuti saja langkah-langkah berikut ini untuk melakukan reset HP:

  • Anda bisa silakan matikan smartphone Anda terlebih dahulu lalu biarkan sebentar.
  • Tekan lalu tahan tombol “Power dan Volume Bawah atau Atas” dengan bersamaan.
  • Tunggu hingga nantinya HP Anda masuk ke dalam sistem “Recovery”.
  • Lanjutkan dengan mencari bagian “Factory Reset”, klik bagian tersebut agar bisa memulai reset HP Anda.

5. Re-Flash

Umumnya cara mengatasi HP ngeblank satu ini dilakukan ketika sistem HP Anda sudah benar-benar dalam keadaan rusak dan meski menggunakan metode sebelumnya di atas masih tetap masih ngeblank. Re-flash itu sendiri nantinya disesuaikan dengan jenis HP Android yang digunakan. Bisa saja antara HP Oppo, Xiaomi, dan Vivo memiliki cara berbeda untuk solusi satu ini, Anda dapat coba ikuti langkah di tutorial YouTube.

6. Mengeringkan HP

Kalau HP Anda terkena air, maka nantinya bisa menjadi penyebab blank juga. Sebagai langkah solusi yang tepat kalau HP terkena air, silakan Anda bisa bongkar HP lalu selanjutnya, rendam HP Anda dalam beras, kurang lebih rendam 2 sampai 3 hari. Kalau sudah, maka kemudian rakit lagi dan dinyalakan.

7. Memastikan socket layar bersih

Selanjutnya anda bisa coba juga cara mengatasi HP ngeblank lainnya yaitu memastikan socket layar perangkat Android Anda bersih. Mungkin hal ini bisa anda lakukan sebelum smartphone dibawa ke jasa service HP, cara membersihkannya itu sendiri adalah seperti berikut:

  • Langkah pertama yaitu melepas casing smartphone bagian belakang.
  • Lihat pada bagian samping, di situ biasanya socket layar.
  • Coba perlahan lepas kabel lalu cek pada ujung konektor.
  • Kalau memang terdapat kotoran, maka silakan bersihkan.
  • Kalau sudah dibersihkan, bisa silakan pasang lagi sesuai pelepasan tadi.

Jika beberapa cara di atas masih belum membuahkan hasil, bisa datangi jasa service terpercaya, Jangan lupa menyiapkan ongkos untuk melakukan service ini, besaran biaya servicenya bisa cukup besar kalau semisal harus ganti LCD, lalu spare partsnya sendiri cukup beragam.

Lalu apakah data hilang jika LCD rusak? Jawabannya adalah tidak hilang, LCD tidak langsung terhubung ke data penyimpanan, sehingga tidak akan hilang data, kecuali saat melakukan reset maka bisa hilang.

Tapi selama tidak melakukan reset atau hanya sekadar mengganti LCD, maka aman-aman saja. Itu saja ulasan kali ini seputar cara mengatasi HP ngeblank, semoga dapat bermanfaat.

 

Tinggalkan komentar