Cara Perbaikin Error di WhatsApp Dengan Mudah!

  • ID Pintar
  • Feb 22, 2023
Cara perbaikin error di WhatsApp

Cara Perbaikin Error di WhatsApp Dengan Mudah! Cara perbaikin error di WhatsApp bisa dilakukan dengan mengetahui terlebih dahulu penyebab dari error tersebut. Aplikasi WhatsApp merupakan salah satu aplikasi chat yang banyak digunakan di dunia terutama di Indonesia.

WhatsApp ini menjadi salah satu aplikasi yang biasa digunakan untuk berkirim pesan, gambar, video, ataupun dokumen. WhatsApp tidak lepas dari eror yang membuat penggunanya jengkel. Mulai dari WhatsApp yang tiba-tiba keluar sendiri, tidak bisa mengunduh gambar dan lain sebagainya.

Lalu bagaimanakah cara perbaikin error di WhatsApp tersebut? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Jenis Eror Pada WhatsApp

Sebagai aplikasi chatting yang populer WhatsApp ini sering kali mengalami eror. Bisa terjadi karena kesalahan pengguna ataupun karena aplikasi tersebut.

Berikut ini merupakan beberapa jenis eror yang biasa terjadi pada aplikasi WhatsApp.

·       Tidak dapat menerima kode verifikasi

Apabila Anda tidak dapat menerima kode verifikasi pada aplikasi WhatsApp bisa jadi aplikasi yang Anda miliki error. Pastikan untuk dapat memasukkan nomor telepon yang tepat. Nomor telepon hanya dapat digunakan untuk satu perangkat saja.

Selain itu ada perlu memastikan bahwa sinyal dan jaringan internet pada saat mengirimkan kode verifikasi dalam kondisi stabil.

·       Tidak dapat menjawab ataupun menerima panggilan

Masalah yang selanjutnya terjadi yaitu tidak dapat menerima dan menjawab panggilan. Apabila Anda mengalami masalah panggilan untuk kualitas suara panggilan hal ini biasanya terkait dengan koneksi internet yang buruk. Jadi Anda perlu mematikan bahwa pada saat berkomunikasi keduanya memiliki jaringan yang sama-sama kuat.

·       Video WhatsApp yang tidak bisa diputar

Salah satu masalah error pada aplikasi WhatsApp yaitu video yang tidak dapat diputar. Bisa jadi video tidak bisa diputar karena kondisi jaringan Anda tidak stabil. Selain itu bisa juga Anda hanya mengaktifkan unduhan jika tersambung pada WiFi. Sehingga saat tidak tersambung pada WiFi tidak bisa mengunduh video.

Cara perbaikin error di WhatsApp pada video yang tidak bisa diputar ini yaitu perlu memastikan bahwa Anda memiliki jaringan stabil dan melihat pada pengaturan penggunaan data. Lihat pada pengaturan tersebut apakah Anda mengaktifkan unduhan otomatis saat tersambung WiFi saja.

·       Terdapat kontak ganda

WhatsApp error dapat terjadi karena ada kontak ganda pada smartphone. Agar bisa kembali seperti semula Anda dapat meng-update versi terbaru serta dapat juga menghapus kontak ganda tersebut.

·       Audio yang tidak bisa diputar

Apabila pesan audio tidak dapat diputar pada aplikasi WhatsApp maka permasalahan bisa berhubungan dengan yang namanya fitur proximity sensor yang merupakan fitur andalan WhatsApp. Apabila sensor diaktifkan maka audio diputar lewat speaker telinga dengan kondisi yang sangat lirih.

Pastikan bahwa fitur tersebut tidak rusak dan jangan mendekatkan ke telinga pada saat adanya memutar audio.

Cara Mengatasi WhatsApp Error

Pada kebanyakan kasus cara perbaikin error di WhatsApp ini bisa diatasi dengan mudah. Tidak perlu membawanya ke tempat servis karena bisa dilakukan di rumah saja.

·       Restart

Cara perbaikin WhatsApp selalu keluar bisa dilakukan dengan cara merestart handphone. Salah satu penyebab WhatsApp eror yaitu karena bug pada aplikasi. Sehingga aplikasi WhatsApp tersebut tidak bisa dibuka atau bahkan keluar sendiri.

Cara yang bisa dilakukan yaitu dengan mematikan handphone dan mengaktifkannya kembali. Cara ini biasanya banyak dilakukan dan terbukti bisa mengatasi masalah.

·       Cek Apakah WhatsApp Down

Salah satu penyebab aplikasi WhatsApp ini eror yaitu karena aplikasinya sedang down. Cara perbaikin error di WhatsApp dan mengetahui apakah server down yaitu dengan cara menggunakan aplikasi lain dan menggunakan browser.

Apabila semuanya berfungsi dengan baik maka hal ini menandakan bahwa WhatsApp sedang down atau sedang dalam masalah. Dalam hal ini WhatsApp error karena layanannya sedang down. Pengguna tidak perlu khawatir karena WhatsApp akan pulih dalam beberapa saat.

·       Periksa jaringan internet

Cara perbaikin error di WhatsApp tidak bisa dibuka yaitu dengan memeriksa jaringan internetnya. Seperti penjelasan sebelumnya Anda bisa melakukan pengujian terlebih dahulu pada aplikasi lainnya dan apakah masih berfungsi dengan baik.

Apabila aplikasi lain juga tidak berfungsi dengan baik maka kemungkinan permasalahan ada pada jaringan internet yang Anda gunakan.

Jika Anda menggunakan WiFi pastikan bahwa router terhubung dengan baik. Tetapi jika Anda menggunakan paket data pastikan bahwa paket Anda mencukupi dan tersambung internet.

·       Update aplikasi WhatsApp

Cara perbaikin error di WhatsApp yaitu bisa dengan mengupdate aplikasi. Hal yang dapat menyebabkan aplikasi WhatsApp menjadi eror yaitu pada saat Anda menjalankan versi yang sudah kadaluwarsa. Versi kadaluwarsa WhatsApp ini bahkan biasanya membuat aplikasi tersebut tidak dapat dibuka sebelum Anda mengupdate aplikasi.

Tidak perlu khawatir apabila hal ini terjadi karena yang perlu dilakukan hanyalah mengupdate aplikasi WhatsApp tersebut ke versi yang paling terbaru. Hal ini akan membantu kembali aplikasi bisa digunakan.

·       Membersihkan cache aplikasi

Cara perbaikin chat WhatsApp masuk bertubi-tubi yaitu bisa mencoba dengan cara membersihkan cache pada aplikasi WhatsApp. Chace ini merupakan data yang tersimpan pada aplikasi. Aplikasi yang dibersihkan secara teratur bisa mengurangi beban dan hal ini bisa mengurangi risiko penyebab terjadinya error pada aplikasi WhatsApp.

Untuk dapat menghapus cache pada aplikasi WhatsApp ini bisa dilakukan dengan pergi ke pengaturan, lalu cari aplikasi, dan pilih aplikasi WhatsApp, lalu ketuk tombol hapus cache.

·       Tutup aplikasi lain dan restart WhatsApp

Cara perbaikin error di WhatsApp yaitu bisa dengan cara menutup aplikasi lain dan melakukan restart pada aplikasi WhatsApp. Error pada aplikasi WhatsApp ini bisa saja terjadi karena kinerja handphone Anda yang cukup berat dan RAM yang dimiliki tidak cukup untuk menopang kinerja tersebut.

Sehingga hal tersebut membuat beberapa fungsi dari aplikasi tidak dapat berjalan dengan baik. Sebagai contoh tidak bisa membuka dan mengunduh gambar, tidak dapat menerima pesan suara, atau fungsi lain pada aplikasi WhatsApp. Agar bisa mengatasi hal tersebut Anda dapat menutup seluruh aplikasi yang digunakan dan membuka kembali aplikasi WhatsApp.

·       Hapus aplikasi yang tidak penting

Salah satu penyebab WhatsApp error yaitu bisa terjadi apabila handphone yang Anda gunakan kelebihan beban. Seperti contohnya handphone tersebut muat terlalu banyak aplikasi sehingga memori penyimpanan tidak bisa mendukung dari kapasitas aplikasi yang ada.

Jika sudah seperti ini cara perbaikin error di WhatsApp yaitu dengan menghapus aplikasi yang tidak pernah digunakan atau tidak penting. Tetapi apabila anda tidak ingin menghapusnya maka Anda dapat melakukan instalisasi aplikasi tertentu ke dalam memori eksternal.

·       Jangan mengaktifkan mode hemat data

Cara perbaikin error di WhatsApp yaitu dengan mematikan mode penghemat data. Fitur hemat data ini akan memaksa handphone untuk tidak menjalankan fungsi sebagaimana mestinya pada saat aplikasi berjalan di latar belakang.

Bahkan fitur ini bisa membuat aplikasi WhatsApp tidak dapat menerima panggilan ataupun melihat adanya pesan masuk jika tidak membuka aplikasi.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *