Tutorial Mengamankan WhatsApp Agar Tidak Disadap

Tutorial Mengamankan WhatsApp Agar Tidak Disadap Tutorial mengamankan WhatsApp agar tidak disadap menjadi salah untuk langkah awal yang sangat penting untuk mengamankan aplikasi WhatsApp. Tentu saja hal ini bisa sangat berguna untuk menjaga keamanan WhatsApp yang Anda miliki dan terutama file-file yang penting.

Dalam mengamankan WhatsApp Anda bisa melakukannya dengan sangat mudah tanpa perlu menggunakan aplikasi lainnya.

Mungkin cara tersebut memang sedikit sulit jika untuk orang yang masih belum paham tentang WhatsApp. Tetapi Anda tidak perlu khawatir jika masih belum paham bagaimana cara untuk mengamankan akun. Berikut ini akan diulas berbagai cara yang bisa dilakukan untuk membantu dalam mengamankan Whatsapp.

Tutorial Mengamankan WhatsApp Agar Tidak Disadap

Ada 3 cara yang bisa dilakukan untuk mengamankan akun WhatsApp dari masalah penyadapan. Simak penjelasan berikut terkait dengan langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk mengamankan WhatsApp.

1. Aktifkan Verifikasi Dua Faktor

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk mengamankan akun WhatsApp agar tidak disadap yaitu dengan cara melakukan verifikasi dua faktor. Cara ini cukup mudah untuk dilakukan yaitu sebagai berikut.

  • Buka aplikasi WhatsApp terlebih dahulu melalui smartphone atau iPhone yang digunakan
  • Pilih setting dan account
  • Lalu pilih menu two step verification
  • Setelah itu Anda bisa klik enable
  • Masukkan kode sebanyak 6 digit yang diinginkan
  • Masukkan email untuk dapat memulihkan kode apabila Anda lupa
  • Verifikasi selesai dilakukan

Cara untuk mengamankan akun melalui verifikasi dua faktor ini merupakan fitur tambahan yang ada pada aplikasi WhatsApp sehingga memberikan keamanan tambahan atau keamanan lebih pada akun Whatsapp Anda.

Pada saat mengaktifkan verifikasi ini Anda bisa memasukkan opsi alamat email. Agar membantu Anda untuk mengingat PIN Whatsapp juga akan meminta Anda memasukkan PIN secara berkala. PIN untuk verifikasi dua langkah ini berbeda dengan kode pendaftaran 6 digit yang diterima melalui panggilan telepon ataupun SMS.

2. Aktifkan Pemindai Sidik Jari

Cara mengamankan akun Whatsapp agar tidak disadap yaitu dengan mengaktifkan pemindai sidik jari. Sebagai salah satu langkah untuk menambah privasi maka Anda bisa mengaktifkan kunci pada aplikasi WhatsApp.

Saat fitur kunci ini diaktifkan maka Anda perlu menggunakan sidik jari pada saat ingin membuka akses WhatsApp. Meskipun aplikasi WhatsApp dalam kondisi terkunci Anda tetap bisa menjawab panggilan.

Agar bisa menggunakan tutorial mengamankan WhatsApp agar tidak disadap dengan fitur ini Anda harus melakukan penyetelan geometrik seperti contohnya sidik jari ataupun pemindaian wajah pada setelan telepon Anda.

Berikut ini merupakan langkah yang harus dilakukan untuk mengaktifkan kunci pada aplikasi WhatsApp.

  • Buka aplikasi Whatsapp lalu ketuk opsi lainnya. Pilih setelan dan privasi
  • Gulir ke bagian bawah lalu Anda bisa memilih kunci aplikasi
  • Nyalakan buka kunci menggunakan geometrik
  • Setelah itu sentuh sensor sidik jarinya ataupun pindai wajah untuk dapat mengkonfirmasi
  • Anda bisa mengetuk untuk jangka waktu sebelum diminta autentikasi sidik jari.
  • Nyalakan tampilan konten di notifikasi agar dapat melihat pratinjau pesan dalam notifikasi pesan yang baru masuk

Kunci sidik jari ini hanya tersedia untuk perangkat Android yang bisa menjalankan sensor sidik jari Android 6.0+ yang didukung dengan API sidik jari dari Google. Biasanya fitur ini tidak bisa digunakan pada perangkat Samsung Galaxy Note 4, Samsung Galaxy S5, dan Samsung Galaxy Note 8.

3. Logout WhatsApp Web

Cara selanjutnya untuk dapat mengamankan aplikasi WhatsApp agar tidak disadap yaitu dengan logout dari WhatsApp web. Jika Anda pernah menggunakan laptop di warnet ataupun menggunakan laptopnya milik teman dan pernah login pada WhatsApp web maka akun Anda akan tersimpan pada laptop tersebut.

Logout merupakan salah satu cara untuk bisa mengamalkan akun WhatsApp Apabila ada perangkat selain smartphone yang menggunakan WhatsApp Anda terutama pada perangkat asing.

  • Cara untuk keluar dari WhatsApp web yaitu sebagai berikut.
  • Buka aplikasi Whatsapp pada ponsel Anda
  • Pada Android ketuk opsi lainnya lalu pilih perangkat terpaut
  • Pilih salah satu perangkat dan ketuk keluar
  • Maka akun Anda akan secara otomatis keluar dari WhatsApp web tersebut meskipun tidak sedang membuka WhatsApp web melalui perangkat yang tertaut.

Setelah mengetahui tutorial mengamankan WhatsApp agar tidak disadap Anda juga perlu tahu ciri-ciri WhatsApp yang disadap oleh oknum yang ingin mengambil data. Ada banyak kasus orang tidak menyadari bahwa akun WhatsApp -nya sedang dibajak.

Tentu saja hal ini sangat merugikan pemilik karena pelaku bisa memantau aktivitas pada aplikasi WhatsApp pemilik seperti daftar kontak, isi pesan, dan lain sebagainya.

Bahkan pelaku juga dapat melihat percakapan dan melakukan percakapan seolah-olah sedang mengirimkan pesan.

Pelaku juga bisa menyimpan data sensitif dan data penting yang dapat dibocorkan ke publik. Selain memahami tutorial untuk mengamankan WhatsApp akun seperti di atas Anda juga harus paham Bagaimana ciri-ciri WhatsApp saat sedang disadap agar bisa mengantisipasinya.

Ciri-ciri WhatsApp Disadap

4. Status WhatsApp selalu online

Ciri pertama WhatsApp Anda disadap yaitu status online pada WhatsApp meskipun Anda tidak sedang menggunakan aplikasi WhatsApp. Ini menunjukkan bahwa ada pengguna lain yang membuka aplikasi WhatsApp anda.

Apabila Anda ingin mengetahuinya maka bisa meminta akun lain untuk mengecek status online pada akun Anda.

5. Pesan Whatsapp yang terkirim sendiri

Ciri selanjutnya dari WhatsApp yang disadap yaitu pesan yang terkirim sendiri. Apabila Anda merasa tidak mengirimkan pesan tetapi terdapat pesan di kolom chat maka bisa jadi akun Anda di retas oleh pihak lain.

Tutorial mengamankan WhatsApp agar tidak disadap ini sangat penting sehingga tidak akan terjadi pesan yang terkirim sendiri karena penyadapan.

6. Akun Whatsapp yang keluar sendiri

Ciri lain bahwa akun Anda sedang disadap yaitu akun WhatsApp yang tiba-tiba keluar sendiri. Hal ini menandakan ada yang mencoba masuk pada akun WhatsApp Anda dengan menggunakan nomor telepon.

Apabila nomor telepon yang Anda gunakan pada aplikasi WhatsApp sudah tidak terdaftar maka pelaku bisa menggunakan nomor telepon tersebut untuk mendaftarkan akun WhatsApp .

Pada kasus ini bisa jadi itu merupakan pengguna baru dari nomor telepon yang sudah tidak aktif yang Anda miliki atau jika Anda kehilangan nomor maka orang tersebutlah yang menemukan kartu Anda dan mencoba Masuk WhatsApp dengan menggunakan kartu tersebut.

7. Terdapat kiriman kode OTP

Ciri dari WhatsApp yang disadap yaitu terdapat kode OTP yang tiba-tiba masuk pada pesan Anda. Kode OTP ini biasanya digunakan untuk mengakses akun WhatsApp apabila Anda mendapatkan kode tersebut maka jangan berikan pada orang lain terutama yang tidak dikenal.

Tutorial mengamankan WhatsApp agar tidak disadap ini sangat penting sehingga Anda tidak akan mendapatkan kiriman kode OTP secara tiba-tiba jika sudah mengamankan akun WhatsApp .

8. Pesan yang telah dibaca

Tanda pesan yang sudah dibaca atau centang biru pada kolom chat juga menjadi salah satu ciri bahwa WhatsApp Anda sedang dibajak. Cara mengetahuinya yaitu dengan menggunakan akun lain.

Apabila Anda merasa belum membuka dan membaca pesan dari pengguna lain tetapi sudah centang biru maka itu menjadi salah satu ciri akun WhatsApp Anda dibajak.

 

Tinggalkan komentar