12 Cara Mengetahui HP disadap, Kenali Tandanya Sebelum Terlambat

Cara Mengetahui HP disadap, Kenali Tandanya Sebelum TerlambatCara mengetahui HP disadap wajib Anda pahami di masa sekarang. Sebab, HP merupakan perangkat elektronik yang sangat rentan mengalami penyadapan. Mengingat smartphone menjadi alat untuk berbagai keperluan, bukan sekedar komunikasi namun juga transaksi.

Penyadapan HP tidak dapat diprediksi kapan terjadinya. Sementara risikonya begitu besar, mulai dari pencurian data pribadi sampai penyalahgunaannya. Bahkan, bisa pula mengalami kerugian materiil.

Oleh sebab itu, jangan sampai Anda mengabaikan HP ketika terjadi penyadapan. Ada beberapa tanda yang akan muncul jika terjadi hal demikian. Mari menyimak beberapa tandanya dalam artikel ini.

Cara Mengetahui HP disadap, Berikut Tandanya!

Pengguna HP wajib waspada tatkala ponselnya dilacak, disadap maupun dipantau oleh seseorang. Jangan sampai membiarkan penyadapan terjadi hingga muncul risiko penjualan data pribadi hingga pencurian harta melalui transaksi keuangan digital.

Tidak perlu mempelajari buku khusus ketika ingin tahu apakah smartphone sedang disadap orang lain atau tidak. Cukup menyimak cara mengetahui HP disadap di bawah ini.

  • Daya Tahan Baterai Menurun

Tanda pertama yang dapat dikenali ketika smartphone mengalami penyadapan ialah pada kinerja daya tahan baterai. Kinerja baterai akan menurun atau berkurang sebab aktivitas penyadapan akan merekam seluruh aktivitas yang dilakukan pemilik ponselnya.

Ponsel yang disadap akan mengalami perekaman seluruh percapakan dalam ruangan, termasuk ketika pemilik tidak menggunakan ponselnya. Lantas, aktivitas penyadapan akan mengambil lebih banyak daya tahan baterai, sehingga baterainya lebih cepat habis.

Apabila baterai ponsel Anda tiba-tiba berkurang secara drastis, bisa saja ada penyadapan. Jadi, silahkan mengenali kondisi HP ketika baterainya tiba-tiba berkurang dengan cepat padahal Anda tidak melakukan aktivitas yang berbeda dari biasanya. 

  • Adanya Aplikasi yang Tidak dikehendaki

Cara mengetahui HP disadap selanjutnya ialah tampak sebuah aplikasi yang tidak Anda kehendaki. Sebagai pemilik perangkat, tentu wajib tahu aplikasi apa saja yang memang sudah berasal dari pabriknya.

Kemudian juga ingat dengan baik aplikasi apa saja yang Anda unduh secara mandiri. Lantas, ketika tiba-tiba ada aplikasi yang sebelumnya tidak diunduh, segera waspada. 

Bisa saja itu aplikasi yang dipasang oleh penyadap untuk mengakses informasi dari ponsel Anda. Sehingga perlu segera mengenali dan membuang aplikasinya. Jangan sampai membiarkan aplikasinya mengakses lebih banyak informasi.

Apabila Anda hanya menggunakan ponsel untuk keperluan diri sendiri. Lantas tampak ada aplikasi asing yang tidak pernah Anda unduh, segera hapus saja. Sebab, bisa jadi itu penyadapan.

  • Tagihan atau Penggunaan Data Seluler Meningkat 

Cara mengetahui HP disadap selanjutnya ialah meningkatnya penggunaan data seluler. Sebab, aplikasi dari penyadap akan memanfaatkan data seluler pemilik ponsel untuk mengirimkan hasil informasi dari penyadapan.

Jika saja tiba-tiba data seluler Anda meningkat tanpa alasan, segera waspada. Bisa saja seseorang sedang menyadap smartphone. Jadi, pastikan untuk peka terhadap penggunaan data seluler agar sadar ketika terjadi peningkatan secara tiba-tiba tanpa ada sebab. 

  • Tampak Aktivitas Aneh

Ketika Anda mempunyai sebuah smartphone, tentu hanya Anda sendiri yang bisa menjalankan aktivitas di dalamnya. Misalnya saja menulis chat, membuka galeri, mengakses media sosial dan lain sebagainya.

Lantas, jika tiba-tiba ada aktivitas aneh di ponsel, Anda wajib peka. Misalnya aktivitas aneh berupa aplikasi yang tiba-tiba terbuka. Misalnya lagi ada pengiriman uang dari mobile banking ke rekening lain.

Ketika tampak ada aktivitas aneh semacam itu, bisa saja seseorang sedang mengendalikan ponsel Anda. Cara mengetahui HP disadap ini terbilang sederhana. Jadi, pastikan untuk peka ketika ada perubahan yang terjadi pada perangkat Anda.

  • Ada Suara Aneh Ketika Melakukan Panggilan 

Tatkala Anda sedang melakukan panggilan lantas ada suara aneh seperti bunyi klik, maka ada kemungkinan percakapan sedang direkam oleh pihak lain. Kemudian, bisa pula muncul suara terpisah-pisah yang menunjukkan ponselnya sedang disadap.

Jadi, ketika melakukan panggilan, pastikan untuk memperhatikan suara yang muncul. Apakah hanya ada suara dari lawan bicara di telepon atau ada suara aneh lainnya. Jangan menganggap remeh ketika ada suara aneh yang tidak seperti biasanya.

Sebenarnya suara aneh yang menandakan penyadapan tidak selalu terjadi ketika melakukan panggilan. Bisa pula ketika tidak ada apa-apa lantas muncul suara aneh seperti bunyi klik, bip dan lain sebagainya.

  • Terdapat Panggilan dan SMS Asing

Apabila Anda menggunakan sebuah ponsel sendirian, pasti hapal dengan panggilan maupun SMS yang dilakukan. Cara mengetahui HP disadap pada tahap ini ialah mengenali ketika ada panggilan dan SMS asing.

Misalnya saja ada panggilan yang dilakukan dengan orang lain padahal Anda sebenarnya tidak pernah melakukannya. Misalnya lagi ada SMS yang dikirimkan ke orang lain padahal Anda tidak pernah membuat SMS tersebut.

Anda juga perlu berhati-hati ketika menerima panggilan atau SMS dari orang asing. Sebab, bisa saja mereka mencoba melakukan penyadapan melalui SMS atau panggilan.

  • Memeriksa Kode USSD

Cara mengetahui HP disadap lainnya ialah menjalankan pemeriksaan mengandalkan kode USSD *#21# maupun *#06# melalui menu Panggilan. Nantinya pihak provider akan mengirimkan informasi apakah ada pengalihan panggilan, transfer data dan lainnya.

  • Ponsel Menjadi Lemot 

Sebenarnya tidak jarang ponsel menjadi lemot sebab beberapa hal. Misalnya saja penyimpan memori penuh, terlalu banyak mengunduh aplikasi tambahan dan lain sebagainya. 

Lantas, bagaimana jika tiba-tiba ponsel lemot padahal tidak ada penyebabnya? Hal tersebut menunjukkan adanya penyadapan. Sebab, seseorang dari jarak jauh sedang mengendalikan ponsel sehingga sistem bekerja ekstra. Lantas, ponsel menjadi lemot.

  • Memperhatikan Email dan Sosial Media 

Cara mengetahui HP disadap selanjutnya ialah memperhatikan email dan sosial media. Tidak jarang, ada tautan dari email dan sosial media yang ketika dibuka lantas menginstall aplikasi penyadap.

Oleh sebab itu, jangan lupa untuk rajin cek email dan pesan di akun media sosial. Pastikan tidak membuka tautan secara sembarangan meskipun judul tautan tampak menarik. Jangan sampai menjadi korban penyadapan.

  •  Tampil Iklan Pop-Up

Cara mengetahui HP disadap berikutnya ialah mengenali ketika ada iklan pop-up aneh yang tampil di layar perangkat. Biasanya iklan pop-up menunjukkan adanya aplikasi penyadapan pada perangkat.

Jadi, jangan langsung mengabaikan iklan pop-up yang muncul di smartphone. Kenali dahulu iklan tersebut berasal dari aplikasi mana. Jika muncul dari aplikasi asing, maka perlu waspada akan penyadapan.

  •  Muncul Masalah Ketika Mematikan HP

Biasanya jika ponsel dalam keadaan normal, bisa dimatikan dengan mudah. Namun, ketika ponsel mengalami penyadapan, akan muncul error saat Anda mencoba mematikannya. Sebab, ada pihak lain yang sedang mengakses HP Anda. 

Pihak tersebut mengatur supaya ponselnya tetap menyala karena sedang mengakses informasi di dalamnya. Jadi, jangan pernah mengabaikan tanda semacam ini untuk mencegah dampak penyadapan yang lebih besar.

  •  Ikon Bergerak

Apabila ikon maupun bilah bergerak secara tiba-tiba, maka bisa saja terjadi penyadapan. Jadi, pihak lain sedang mencoba mengendalikan ponsel Anda dari jarak jauh.

Ponsel merupakan perangkat elektronik yang sangat akrab dengan kehidupan sehari-hari dan sangat mungkin disadap oleh pihak lain. Sehingga setiap orang perlu mengenali cara mengetahui HP disadap agar perangkat tidak diakses oleh pihak lain.

Tinggalkan komentar