5 Cara Melacak Lokasi No HP, Gunakan Aplikasi Berikut Ini!

Cara Melacak Lokasi No HP, Gunakan Aplikasi Berikut Ini!Sudahkah Anda tahu bahwa cara melacak lokasi no HP sangat mudah? Cukup dengan mengandalkan perangkat seperti smartphone dan jaringan internet, Anda bisa mengetahui posisi orang lain.

Karena perkembangan teknologi yang semakin pesat, smartphone tidak hanya berguna sebagai alat komunikasi. Namun juga menyediakan beragam kemampuan lainnya seperti melacak lokasi berbekal nomor HP.

Cara melacak lokasi ini bisa Anda terapkan untuk orang-orang terdekat maupun orang asing. Silahkan sesuaikan saja pilihan caranya dengan kebutuhan. Jadi, mari mempelajari beberapa caranya dalam artikel ini. 

Beberapa Cara Melacak Lokasi No HP 

Anda tidak harus menjadi pihak berwenang seperti polisi untuk melacak lokasi menggunakan nomor ponsel. Terutama jika hanya ingin mengetahui posisi orang-orang terdekat. Mari menyimak beberapa caranya dalam penjelasan di bawah ini. 

1. Minspy 

Salah satu rekomendasi aplikasi untuk membantu melacak posisi seseorang ialah Minspy. Anda bisa mengunduh dan menginstallnya pada perangkat Android maupun iOS. Jadi, mari menyimak tutorial penggunaan Minspy di bawah ini.

  • Mengunduh Minspy

Langkah pertama dalam cara melacak lokasi no HP ini tentu saja mengunduh aplikasinya melalui Google Play Store atau App Store. Cukup menyesuaikan apakah Anda menggunakan smartphone Android atau iOS. Lantas, daftarkan akun pada Minspy.

Selain mengunduh Minspy pada smartphone sendiri, Anda juga perlu mengunduhnya pada perangkat target. Silahkan mempertimbangkan sendiri apakah ingin memasangnya diam-diam atau berdiskusi dahulu dengan target.

  • Klik “Mulai”

Lanjutkan cara melacak lokasi no HP menggunakan Minspy dengan klik “Mulai”. Lantas, silahkan mulai memantau lokasi perangkat target secara mudah tanpa ketahuan.

Lantas, di mana bisa melihat lokasinya? Temukan lokasinya melalui menu dashboard dengan klik tab Lokasi atau Geofance. Jadi, bukankah sangat mudah untuk menggunakan Minspy?

Biasanya, ketika membahas cara melacak lokasi melalui nomor HP, orang-orang langsung menganggapnya sebagai tindakan yang melanggar privasi. Padahal, memantau HP secara real-time bisa bermanfaat, terutama bagi orang tua yang ingin memonitor aktivitas anak-anak.

2. Spyera

Spyera ialah aplikasi yang juga mendukung cara melacak lokasi no HP. Namun, aplikasi Spyera ini menetapkan biaya atau ada pembelian lisensi resmi. Jadi, tidak bisa menggunakannya secara gratis.   

Anda bisa menggunakan Spyera menggunakan beragam perangkat mulai dari Android, iOS, Windows PC sampai Mac OS. Fiturnya juga lengkap mulai dari pemantauan panggilan telepon, SMS sampai melacak lokasi.

  • Pembelian Lisensi 

Langkah pertama penggunaan Spyera dimulai dengan membeli lisensi melalui situs resmi. Pastikan untuk mempertimbangkan penggunaannya sebab perlu mengeluarkan uang. Berbeda dengan aplikasi lain yang gratis.

  • Menginstall Spyera

Cara melacak lokasi no HP melalui Spyera dilanjutkan dengan menginstall aplikasinya pada perangkat. Install pula aplikasinya pada perangkat target, misalnya di smartphone pasangan. Jangan lupa diskusikan dengan pasangan untuk memasang Spyera pada perangkat miliknya.

  • Melacak Nomor

Sekarang Anda dapat memantau posisi perangkat target melalui perangkat milik sendiri. Jadi, tidak perlu meminta bantuan pihak lain ketika ingin tahu posisi seseorang.

3. Life360

Masih ada lagi aplikasi yang bisa membantu cara melacak lokasi no HP, yakni Life360. Akan tetapi, apabila ingin menggunakannya, perlu memasukkan nomor telepon target dalam Circle Life360. 

Anda tidak bisa langsung melacak posisi orang lain hanya dengan menginstall Life360. Supaya bisa memahami cara kerjanya lebih detail, mari menyimak penjelasan di bawah ini.

  • Mengunduh Life360

Pertama-tama, mari menerapkan cara melacak lokasi no HP dengan mengunduh dan menginstall aplikasi Life360 pada perangkat Anda sendiri. Pastikan jaringan internet lancar supaya prosesnya berjalan cepat tanpa ada hambatan. 

  • Log In

Langkah berikutnya, silahkan log in atau membuat akun baru. Sebenarnya hampir setiap aplikasi akan meminta penggunanya untuk log in atau membuat akun baru, jadi tidak perlu heran dengan proses ini.

  • Membuat Circle

Sekarang mari membuat Circle di dalam Life360. Caranya ialah dengan klik kolom Circle pada bagian atas halaman utama Life360. Lantas, klik Create a Circle dan masukkan nama Circle yang dikehendaki.

  • Menambah Anggota Circle 

Langkah berikutnya ialah menambahkan anggota Circle. Caranya ialah klik kolom Circle lantas pilih nama Circle yang sudah dibuat tadi. Lantas, klik ikon tambah anggota. Lantas, kirimkan kode Circle ke target yang ingin dilacak nomor ponselnya.

  • Mengakses Aplikasi Life360 di HP Target 

Langkah selanjutnya ialah mengakses aplikasi Life360 di HP target yang hendak dilacak. Lantas, masukkan kode Circle pada kolom yang disediakan. Kemudian, klik Submit dan klik Join.

Sebenarnya aplikasi Life360 ditujukan untuk melacak lokasi orang-orang terdekat misalnya anggota keluarga, teman, sahabat atau pasangan. Jadi, tidak bisa digunakan untuk melacak posisi orang lain secara diam-diam.

4. Phone Tracker by Number 

Cara melacak lokasi no HP berikutnya ialah menggunakan aplikasi bernama Phone Tracker by Number. Phone Tracker by Number dapat dimanfaatkan untuk mengetahui posisi orang yang memperoleh undangan dari Anda.

  • Unduh Aplikasi Phone Tracker by Number

Apabila ingin menggunakan aplikasi ini, tentu langkah pertamanya ialah mengunduh Phone Tracker by Number ke dalam perangkat. Jika sudah, silahkan membuka aplikasinya.

  • Log In

Seperti aplikasi pada umumnya, setelah mengunduh dan menginstall pada perangkat, lanjutkan dengan log in memakai nomor telepon. Biasanya aplikasi hanya bisa digunakan jika melakukan log in.

  • Mengirim Invitation

Langkah berikutnya ialah klik tombol Send Invitation. Lantas, kirimkan invitation ke nomor target yang hendak dilacak posisinya. Jadi, Anda membutuhkan izin untuk mengakses lokasi target. 

  • Menerima Invitation

Lantas, klik tombol Allow pada aplikasi Tracker by Number di smartphone target. Tujuannya ialah untuk menerima izin pelacakan. Apabila tidak klik Allow pada tahap ini, maka pelacakan tidak bisa dilakukan.

  • Klik Tombol Locate a Phone

Mari kembali ke smartphone Anda, lantas klik tombol Locate a Phone pada aplikasi Tracker by Number. Fitur ini akan membantu memantau lokasi target.

  • Lakukan Pelacakan

Sekarang Anda bisa melakukan pelacakan dengan klik nomor kontak HP target lantas klik ikon panah. Silahkan memantau posisi target melalui perangkat Anda secara mudah.

5. Google Maps

Cara melacak lokasi no HP juga bisa mengandalkan Google Maps. Jadi, apabila Anda menggunakan ponsel Android, coba saja memanfaatkan aplikasi ini. Silahkan menyimak panduan penggunaannya di bawah ini.

  • Akses Google Maps

Langkah paling awal ialah mengakses aplikasi Google Maps pada ponsel Android. Pastikan ada koneksi internet karena Google Maps tidak bisa digunakan tanpa ada jaringan internet.

  • Klik Menu Option dan Klik Share your Real-time Location

Selanjutnya klik menu Option melalui foto profil akun pada bagian pojok kanan atas. Lantas, klik Share your real-time location dan klik “Bagikan yang baru” atau tambah teman.

  • Invite

Silahkan invite orang yang Anda ingin lacak posisinya. Pastikan nomor HP target bisa menerima invite atau undangan dari Anda. Silahkan melakukannya secara diam-diam atau berdiskusi secara terbuka dengan target.

  • Lacak

Setelah target menerima invite atau undangan dari Anda, silahkan klik target pada Google Maps. Nantinya Google Maps akan bekerja melacak posisi target dan memberikan informasinya pada Anda.

Apabila sudah memasang aplikasi khusus pada perangkat, Anda bisa melacak posisi orang lain cukup mengandalkan smartphone. Sementara target tidak akan tahu ketika Anda mulai mengawasi lokasinya. Jadi coba saja salah satu cara melacak lokasi no HP di atas.

Tinggalkan komentar