4 Cara Melihat Password WiFi Di HP

Cara Melihat Password WiFi Di HP. Internet jadi kebutuhan sehari-hari bagi banyak orang. Bisa dari jaringan seluler ataupun WiFi yang dipasang di rumah dan tempat publik.

Namun kita mungkin pernah lupa dengan password WiFi sendiri atau tidak mengetahui kata sandi untuk tempat publik. Ternyata ada cara mudah untuk mengetahuinya khusus untuk pengguna Android. Ingin menyambungkan WiFi ke perangkat baru, tapi lupa kata sandinya? Ini dia cara melihat password wifi yang sudah terhubung di Android dan iPhone dengan mudah!

Selama memiliki HP Android, pasti kamu sudah terhubung dengan banyak jaringan WiFi. Mulai dari kantor, kafe, restoran, sekolah, gym, ketika sudah terhubung dengan koneksi WiFi, perangkat Android-mu akan terhubung secara otomatis dan tak akan meminta password lagi. Tapi permasalahan muncul jika kamu mau menghubungkan perangkat lain dengan WiFi yang sudah disimpan di perangkat satunya, atau ketika teman mau masuk ke jaringan WiFi yang sama, namun kamu tidak tahu password-nya.

Sebenarnya, ada trik gampang untuk mengetahui cara melihat kata sandi wifi yang sudah terhubung di Android.

Apa saja caranya?

 

1. Cara Melihat Kata Sandi WiFi di HP Android

Android menawarkan cara tersembunyi untuk Cara Melihat Password WiFi yang tersimpan dengan mudah. Jika menjalankan Android 10 atau lebih baru, kamu mungkin dapat melihat kata sandi WiFi dari jaringan yang disimpan di HP. Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka aplikasi Pengaturan dan buka WiFi & Jaringan.
  • Klik ikon roda gigi atau kunci di sebelah jaringan Anda yang terhubung atau tersimpan yang perlukan kata sandinya.
  • Klik Bagikan Kata Sandi. kamu mungkin perlu menggunakan sidik jari atau pin untuk membuka kunci layar ini.
  • Kamu sekarang akan melihat kode QR di layar, dengan kata sandi tertulis di bawahnya.
  • Kamu dapat memilih untuk membagikan kata sandi secara langsung, atau jika rumit, minta orang yang inginkamu bagikan sandi untuk memindai kode QR menggunakan ponsel mereka.

 

2. Cara Mengetahui Password Wifi yang Sudah Terhubung di HP Android 9 atau Sistem Operasi Lebih Rendah

 

Berikut Cara Melihat Password WiFi yang sudah terhubung:

  1. Download dan install aplikasi WiFi Password Viewer oleh SimoneDev di Play Store
  2. Klik “Berikan” ketika pop-up permintaan akses muncul
  3. Kamu akan dibawa ke daftar jaringan WiFi yang pernah terhubung pada HP
  4. Di setiap nama WiFi, terdapat kata sandi atau password di bawahnya
  5. Gunakan tombol pencarian di pojok kanan atas untuk mencari nama jaringan WiFi secara spesifik
  6. Klik nama WiFi, lalu muncul password
  7. Klik “Salin Kata Sandi” untuk menyalin password ke papan klip
  8. Tempel kata sandi tersebut ke perangkat lain
  9. Atau, langsung klik “Bagikan”, lalu pilih aplikasi yang hendak dibagikan.

3. Cara Melihat Password WiFi di iPhone

  • Di iPhone, buka Pengaturan dan lalu tekan profil bagian atas
  • Tekan iCloud, di sana kamu akan menemukan opsi Passwords and Keychain. Aktifkan dengan mengeser tombol ke kanan
  • Selanjutnya, kembali ke Pengaturan dan nyalakan Personal Hotspot.
  • Sekarang, di Mac, sambungkan ke hotspot pribadi iPhone. Setelah hotspot terhubung ke Mac, kamu dapat membuka pencarian Spotlight (CMD+Space) dan mengetik Keychain Access.
  • Tekan enter dan kamu dapat mencari jaringan WiFi yang ingin kamu ketahui kata sandinya.
  • Akan ada jendela pop-up yang akan menunjukkan rincian jaringan. Klik Show Password. Sistem akan meminta kredensial administrator.
  • Setelah selesai, kamu akan dapat Cara Melihat Password WiFi.

4.Menggunakan Aplikasi WiFi WPS WPA Tester

Cara pertama untuk Cara Melihat Password WiFi adalah dengan menggunakan aplikasi Android bernama WiFi WPS WPA Tester. Anda dapat mendownload dan menginstal aplikasi ini langsung di smartphone Android, yang Anda gunakan untuk menjelajahi dunia maya.

Untuk Cara Melihat Password WiFi di aplikasi ini, beberapa langkah harus diikuti.

  1. Buka aplikasi Play Store di perangkat Android Anda, lalu ketik WiFi WPS WPA Tester. Setelah aplikasi yang dimaksud muncul, ketuk tombol Instal agar aplikasi dapat langsung terpasang di smartphone Android dan digunakan sebagaimana mestinya.
  2. Jalankan aplikasi WiFi WPS WPA Tester yang berhasil diinstal di perangkat Android Anda. Ketuk tombol Pindai untuk menemukan daftar jaringan Wi-Fi yang ada di lokasi Anda. Agar aplikasi bekerja lebih baik, Anda dapat mengaktifkan fungsi GPS.
  3. Setelah semua jaringan yang ada di level smartphone Android Anda ditampilkan, pilih jaringan dengan koneksi kuning atau hijau. Kemudian ketuk tombol Ya agar aplikasi ini mencari PIN WPS untuk Anda gunakan.
  4. Setelah semua popup jaringan yang ada di level Android smartphone.
  5. WiFi WPS WPA tester membutuhkan waktu lama, hingga 15 menit, untuk mendapatkan semua PIN untuk diuji. Setelah Anda memiliki semua opsi PIN, Anda dapat mencoba PIN yang ada untuk terhubung ke jaringan WiFi terdekat.
  6. Jika salah satu PIN gagal membuka jaringan Wi-Fi yang diinginkan, coba PIN lain yang tersedia. Coba terus dan tunggu notifikasi bahwa Anda telah berhasil terhubung ke jaringan WiFi tersebut.
  7. Pastikan untuk mengunduh WiFi WPS WPA Tester versi terbaru, Versi 4.1 adalah versi terbaru dari aplikasi ini dan dapat diinstal pada perangkat Android yang menjalankan versi 4.1 atau lebih tinggi. Ukuran aplikasi ini sangat kecil, hanya 14 MB.

Itu dia sejumlah Cara Melihat Password WiFi yang sudah terhubung di Android dan iPhone, mudah kan?

Jangan sampai ketinggalan untuk mendapatkan berita dan tips terbaru mengenai dunia Tekno dalam negeri serta mancanegara di artikel yang lainnya.

Tinggalkan komentar