5+ Cara Mengatasi Tidak Bisa Cek Pulsa Nomor XL

idpintar.com – Pernah nggak sih kamu lagi mau cek pulsa, terus tiba-tiba kode USSD-nya nggak jalan? Atau mungkin lagi di tempat yang sinyalnya payah, tapi kamu butuh banget tau sisa pulsa? Santai aja, kamu nggak sendirian, kok.

Di zaman sekarang, kita butuh banget kemudahan buat akses informasi, termasuk urusan cek pulsa dan kuota. XL Axiata paham banget soal ini, dan mereka udah siapin solusi praktis lewat aplikasi myXL. Aplikasi ini dibuat supaya kamu bisa atur akun XL-mu dengan mudah, cuma dengan beberapa tap di layar ponsel.

Yuk langsung aja kita simak!

5+ Cara Mengatasi Tidak Bisa Cek Pulsa Nomor XL
5+ Cara Mengatasi Tidak Bisa Cek Pulsa Nomor XL

Penyebab Umum Kenapa Tidak Bisa Cek Pulsa di Nomor XL

Kamu baru aja nyoba cek pulsa di nomor XL tapi nggak bisa? Bisa jadi ada beberapa alasan di balik itu, dan kenalan sama satu per satu bisa bantu kamu atasin masalahnya.

  1. Kartu Belum Teregistrasi: Pastiin dulu kartu XL-mu udah bener-bener terdaftar dengan baik. Kadang-kadang, walau udah registrasi, bisa aja ada langkah yang terlewat.
  2. Kode Dial Salah: Cek lagi, udah bener belom kode dial-nya? Buat XL, kode yang bener itu *123# atau *808#. Kesalahan simpel ini sering banget terjadi dan gampang diatasi.
  3. Sedang Ada Gangguan: Gangguan dari operator bisa muncul kapan aja. Kalo ini masalahnya, sabar aja dan coba lagi nanti.
  4. Jaringan 4G Dikunci: Kalo lagi di tempat yang cuma support 4G dan jaringannya dikunci, bisa jadi susah buat cek pulsa atau bahkan nelpon.
  5. Nomor XL Belum Sepenuhnya Aktif: Meski udah terdaftar, nomor XL butuh aktivasi atau ‘first event’ buat nyalain semua layanannya.
  6. Kartu SIM Diblokir: Kartu SIM yang diblokir nggak bakal bisa dipake buat cek pulsa atau bahkan nelpon. Cek sinyal dan notif di hape kamu buat tau apakah ini masalahnya.
  7. Masa Tenggang Kartu Habis: Kartu SIM yang udah lewat masa tenggang perlu diaktivasi lagi. Cek tanggal berlaku kartu SIM kamu buat pastiin ini bukan penyebabnya.
  8. Masalah Jaringan: Terakhir, masalah jaringan bisa jadi penyebab utama. Pastiin kamu di lokasi yang punya cakupan jaringan XL yang bagus.

Cara Mengatasi Tidak Bisa Cek Pulsa Nomor XL

1. Aktivasi Nomor XL

Jadi, nomor XL kamu udah terdaftar tapi belum bisa dipakai buat cek pulsa? Nah, aktivasi nomor XL ini langkah yang penting banget, lho.

Tanpa aktivasi, layanan kayak cek pulsa nggak bakal bisa kamu nikmatin. Nah, berikut cara-cara buat mengaktifkan kartu XL yang bisa kamu pilih:

  1. Mengaktifkan Kartu XL di Gerai XL Center (Offline): Cara pertama, dateng aja ke gerai XL Center terdekat. Bawa kartu SIM yang masih aktif, maksimal 60 hari setelah habis masa aktif, dan jangan lupa bawa dokumen identitas yang terdaftar. Proses ini juga bisa diwakilkan, asal kamu siapin surat kuasa yang udah di-materai dan identitas asli, baik dari pemilik kartu atau wakilnya.
  2. Mengaktifkan Kartu XL via XL Center Online: Kalau kamu suka yang praktis, aktivasi secara online juga bisa. Caranya, buka website XL Center. Pilih opsi reaktivasi kartu, terus ikuti langkah-langkahnya dengan isi e-form dan lakuin video call sesuai instruksi.

2. Perubahan Kode Dial

Hei, buat pengguna XL! Ada info penting nih buat kamu yang biasa cek pulsa. Mulai tanggal 1 Februari 2023, kode dial buat ngecek pulsa di nomor XL udah berubah, lho. Kode yang dulu, *123#, sekarang diganti jadi *808#.

Ini sesuai aturan baru dari Kementerian Komunikasi dan Informatika yang mewajibkan pake kode *8XY# buat akses layanan USSD. Jangan sampai salah kode ya! Kalo kamu masih pake yang lama, nggak akan dapet info sisa pulsa kamu.

Tapi tenang, perubahan kode dial ini nggak ubah menu yang ada di dalamnya, jadi kamu nggak perlu khawatir harus belajar dari awal lagi.

Nah, buat cek pulsa, ikutin aja langkah-langkah simpel ini:

  1. Buka menu telepon di HP kamu.
  2. Ketik *808# dengan benar, trus tekan tombol panggil atau call.
  3. Dalam sekejap, info sisa pulsa dan masa aktif kartu XL kamu bakal muncul di layar.

3. Pengaturan Jaringan

Mau internetan lancar tanpa gangguan? Ayo, perhatiin pengaturan jaringan di smartphone kamu. Pastiin Access Point Names (APN) kamu udah di-set dengan bener.

APN ini penting banget, karena dia jadi penghubung antara smartphone kamu sama Internet umum.

Ngatur APN nggak cuma buat konek ke internet, tapi juga buat pastiin kamu dapet alamat IP yang bener, nentuin kebutuhan jaringan pribadi, dan set pengaturan keamanan yang sesuai. Jadi, kalo kamu pengen browsing tanpa masalah, cek dulu APN kamu ya.

Nah, kalo ngomongin jaringan 4G, ada sedikit trik nih. Jaringan ini emang cepet buat internet, tapi kalo kamu mau telepon atau SMS, dia harus ‘turun’ ke 2G.

Kenapa? Soalnya 4G di sini belum dukung telepon dan SMS langsung. Jadi, kalo kamu kunci jaringan 4G dan mau cek pulsa atau nelpon, bisa aja kamu gak bisa.

4. Gangguan Operator

Kalo kamu ngerasa ada yang nggak bener, perhatiin ciri-cirinya. Misalnya, internet yang tadinya cepet, tiba-tiba lelet banget, atau malah nggak bisa konek internet padahal kuotanya masih banyak, itu tanda ada gangguan di jaringan.

Tapi tenang, gangguan kayak gini biasanya nggak lama dan provider biasanya cepet nanggepin. Kalo kamu kena dampaknya, ini beberapa tips yang bisa kamu coba:

  1. Restart Ponsel: Langkah paling mudah adalah restart ponsel kamu. Kadang ini bisa bantu.
  2. Gunakan Mode Pesawat: Aktifin mode pesawat, nunggu sebentar, terus matiin lagi. Ini bisa segar in koneksi jaringanmu.
  3. Pindah Lokasi: Coba cek sinyal di tempat lain. Bisa jadi cuma tempat kamu yang lagi ada masalah sinyal.

5. Cek Pulsa Melalui Aplikasi

Pernah gak, kamu lagi butuh cek pulsa tapi *123# gak mau jalan? Santai aja, aplikasi myXL bisa jadi solusi buat kamu. Yuk, ikutin langkah-langkah simpel ini:

  1. Download Aplikasi: Pertama, pastiin kamu udah punya aplikasi myXL di smartphone kamu. Kalo belum, langsung aja download dari Google Play Store atau App Store.
  2. Buka Aplikasi dan Ikuti Proses: Setelah itu, buka aplikasinya dan ikutin langkah-langkah berikut:
    1. Setujui Syarat dan Ketentuan: Jangan sampe dilewatin, ya.
    2. Konfirmasi Identitas: Pilih opsi yang bilang kamu pengguna XL.
    3. Pilih Jenis Layanan: Ada pilihan “XL Prabayar” atau “XL Pra Bayar”, pilih sesuai kartu yang kamu pake.
    4. Input Nomor XL: Masukin nomor XL-mu di kolom yang disediain.
    5. Verifikasi OTP: Kamu bakal dapetin kode OTP via SMS, masukin kodenya buat lanjutin.
  3. Cek Saldo Pulsa dan Masa Aktif: Setelah login, info saldo pulsa dan masa aktif kartu langsung muncul di halaman utama. Gampang kan? Plus, aplikasi myXL juga bantu kamu cek kuota internet.

Semoga bermanfaat!

Tinggalkan komentar